Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Profil Alumni 
KH. Anang Rikza Masyhadi M.A, Melalui Gerakan Wakaf Kembangkan PM Tazakka
Pages: [1]

(Read 5465 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2594
  • Logged


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

“Pondok pesantren ini awalnya dibangun dengan modal nol rupiah dan nol meter” Ujar KH. Anang Rikza Masyahadi M.A. kepada rombongan dragoners yang berkunjung ke Pondok Modern Tazakka, Batang
:takjub: :takjub:

Salamualaikum sul, di thread profil kali ini yang merupakan thread perdana di subforum profil alumni, ini artikel ane kutip dari website marhalah Dragoner, marhalah 94-95, tapi sekarang webnya malah eror.  :capedeh:


Nah alhamdulillah dulu ane pernah ngabdi di Pondok Modern Tazakka bersama teman teman angkatan di ISID Siman yang lulus tahun 2012, sebut aja Henry Ungaran, Boges Riau, Alm. Alfan Saifudin (Kendari), Innanru Muhsinin Padang, Ali Ramdhani Ciamis, Wahyu Nugroho Pontianak juga Subhi Mahmassani Jampang Parung Bogor yang ternyata ade nya ustad Anang.

Banyak banget pelajaran dan kesan yang didapat gimana KH Anang bisa menyatukan warga Bandar bahkan sampai Kota Batang dan Pekalongan menjadi Anshor Tazakka dengan sangat baik. Berkali kali juga bertemu orang besar. Tapi yang ajib adalah di Tazakka ane dapaet ilmu laduni hehe. ya bisa bikin website buat pertama kalinya.


aduh sori sul kembali ke laptop, ini adalah profil KH Anang Rikza Masyhadi yang kelahiran 18 Oktober 1976 dan beristrikan Hajjah Eva Maria Ulfa dengan foto foto indahnya PM Tazakka yang emang arsitekturnya fungky jiddan iza kana qola insan mahad.

:cium: :cium:

PM. Tazakka yang beralamat di desa Sidayu kecamatan Bandar, Batang-Jawa Tengah ini berdiri di lahan cukup tinggi dan berbukit sehingga suasana alami, udara yang masih segar dan pancaran sinar mentari yang menyegarkan di pagi hari masih bisa dinikmati.

Dalam banyak kesempatan, Anang selalu mengingatkan kepada para staf, para guru (ustadz) dan santri-santrinya bahwa pondok ini adalah pondok wakaf, dibangun atas dana wakaf. Untuk itu, ia telah membangun tim fundrisingyang khusus mengembangkan dan membangun jaringan pengumpulan dana wakaf dari masyarakat. Dalam pengertian ini, KH Anang Masyhadi M.A. yang menamatkan kuliah pascasarjana di Al Azhar-Kairo-Mesir selepas dari Gontor ini menjelaskan aneka potensi wakaf yang bisa dimaksimalkan dari ummat muslim. Selain wakaf berupa aset (tanah, bangunan), ada wakaf lain semacam wakaf profesi, dan wakaf pemanfaatan jasa/usaha yang bisa digunakan.


Banyak potensi dana ummat yang bisa kita kategorikan sebagai wakaf, sayangnya potensi itu belum mampu dimaksimalkan karena kurangnya pengembangan dan pengetahuan ummat tentang wakaf itu sendiri. Banyak orang kaya muslim yang kebingungan agar sebagian kekayaan mereka bisa tersalurkan dengan mudah. Kita ingin mengupayakan itu dengan fundraising melalui jalur wakafKH Anang Rikza

Kyai Anang yang senantiasa tampil semangat dan enerjik ini mampu melakukan terobosan-terobosan dan pendekatan kepada berbagai lapisan masyarakat terkait pengembangan wakaf untuk pengembangan pesantrennya. Ia bisa dekat dengan kalangan santri, bisa bergaul dan diterima oleh masyarakat sekitar serta mudah bergaul dengan kalangan birokrasi, bukan hanya di tingkat lokal, namun juga tingkat nasional. Beberapa agenda pondok seringkali dihadiri dan dilakukan oleh tokoh masyarakat, pejabat lokal dan nasional. Hasilnya, selama empat tahun membangun pondok ini dari nol, kini P.M. Tazakka telah memiliki fasilitas cukup memadai berupa masjid sebagai pusat spiritual pondok, asrama santri, ruang kelas, asrama guru, ruang pertemuan dan fasilitas MCK. Derap pembangunan fisik masih terus berlangsung untuk memenuhi kebutuhan sarana pendidikan dan sarana penunjang lainnya.


Selain mengandalkan dana wakaf, P.M. Tazakka juga sudah memiliki lini usaha yang nantinya diharapkan bisa mendukung kelangsungan(sustainability) kehidupan pondok, antara lain klinik kesehatan dan usaha pabrik roti (food industry). Ia juga mendorong tim fundraisinguntuk bekerja lebih keras lagi mengingat seiring dengan pertambahan santri maka kebutuhan akan fasilitas santri, guru dan tenaga lainnya juga makin bertambah. Pada tahun 2016-2017 P.M. Tazakka setidaknya membutuhkan dana Rp. 13.5 miliar guna pembangunan berbagai fasilitas seperti ruang kelas, asrama, bangunan MCK, fasilitas olahraga dan lain-lain.

Anang Rikza yang juga dragoner ini (594) menjelaskan, sejak awal dibangun empat tahun lalu, Pondok Modern Tazakka mengadopsi sistem pengajaran dan kurikulum penuh Kulliyatul Mu’allimin al Islamiyah (KMI) Pondok Modern Gontor (PMG). Anang mengisahkan, saat dirinya dan beberapa teman meneguhkan niat untuk membangun pondok pesantren, tak ada pikiran lain selain model Pondok Modern Gontor-Ponorogo. Maka, berangkatlah ia dan timnya menemui pimpinan Pondok Modern Gontor Ponorogo untuk menyampaikan niat itu, mendirikan pondok alumni (Gontor).




Setelah diterima oleh pimpinan PMG, niatnya tidak langsung begitu saja disetujui oleh para pimpinan. Oleh para Kiyai, Anang dan timnya justru malah dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan mendasar mengenai alasan mendirikan pondok. Pertanyaan-pertanyaan itu yang kemudian selalu menjadi pegangan bagi dirinya dan seluruh staff pendidik di P.M. Tazakka. KH. Anang berupaya terus membangun kedekatan dengan para pimpinan PMG, menyerap semangat dan ruh kepemimpinan, dakwah dan spiritualitas mereka dalam mengembangkan pendidikan Islam (pesantren).
Kaderisasi

ini adalah para pengajar pertama di Tazakka yang sempat foto.

:kerennyengir: :kerennyengir:

Dalam acara sharing dan diskusi pada gelaran reuni 20 tahun dragon (695) di PMG (14-17 Mei 2015) lalu, KH. Anang menjelaskan selain sebagai pondok wakaf, PM Tazakka juga ia sebut sebagai pondok pesantren yang mencetak kader pemimpin ummat masa depan. Anang bercita-cita alumnus PM Tazakka kelak tidak hanya menguasai materi keislaman, namun juga keilmuan dan sains. Untuk itu, sejak awal ia telah menyiapkan kader-kader penerus PM Tazakka yang ditugaskan belajar di Pondok Modern Gontor Ponorogo dan juga kader-kader yang ditugaskan belajar ilmu umum di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Semua kader itu diberikan beasiswa hingga mereka menuntaskan studi mereka, beberapa diantaranya adalah kader dari masyarakat sekitar pondok.




[/img]

KH Anang menambahkan, rata-rata guru-guru di PM Tazakka adalah tamatan sarjana (S1), bahkan beberapa diantaranya adalah pascasarjana (S2). Beberapa pengajar pelajaran umum adalah alumni perguruan tinggi ternama semisal UGM dan IPB, dan beberapa alumni dari Timur Tengah.

KH Anang Rikza merupakan sosok kyai muda yang selalu ingin menginspirasi, bukan hanya bagi para santri, staff pondok, namun juga masyarakat sekitar. Ia mengisahkan, saat pembebasan lahan untuk perluasan area pondok, ada warga yang tidak ingin menjual lahannya kepada pondok. Namun berkat upaya persuasi Kyai Anang, warga tersebut dengan sukarela menjual lahannya guna kepentingan pondok dengan harga yang wajar.


Awal berdirinya PM Tazakka tidak lepas dari peran Yayasan Tazakka yang pendiriannya diawali oleh kegiatan majlis taklim dari rumah ke rumah dan dirintis oleh tiga bersaudara putra pasangan H. Anta Masyhadi dan Hj. Susmiyati. Ketiga bersaudara tersebut adalah Anang RIkza Masyhadi, Anizar Masyhadi, dan Anisa Kumala Masyhadi yang menyelesaikan studi di Universitas Alazhar-Kairo, Mesir. Ketiganya memantapkan diri berkhidmah dalam bidang dakwah, sosial, dan pendidikan.

alhamdulillah itulah sekelumit profil alumni kita KH Anang Rikza Masyhadi dari Batang Jawa Tengah.
di sub forum profil alumni antum juga bisa tulis profil alumni PM Gontor dan Pondok Pesantren lainnya buat nambah pengetahuan dan juga motivasi buat kita semua
cek aja Sub Forum Profil Alumni
di Sini Sul

oya sul jangan kabur begitu aja, hargai jerih payah TM (thread maker), minimal rate atau komenk di bawah.

:grogi: :grogi: :cium: :cium:

Sumber dari http://www.dragon95.com/berita/item/920-kh-anang-rikza-masyhadi-m-a,-melalui-gerakan-wakaf-kembangkan-pm-tazakka.html

credit foto dari instagram @henrynurr, @achyat_pro, @subhi_mahmassani
« Last Edit: 25 Aug, 2018, 08:29:04 by Admin »

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2594
  • Logged
afwan sul, tidak ada awaludin di antara kita
 :ngakak-abis: :ngakak-abis: :ngakak-abis:

zannoism

  • Capel
  • *
  • zannoism No Reputation.
  • Join: 2016
  • Posts: 31
  • Logged
subhanallah keren sul, santri nya bener bener mirip sama santri gontor,  :kaget: moga berkah dan berkembang amiin

zannoism

  • Capel
  • *
  • zannoism No Reputation.
  • Join: 2016
  • Posts: 31
  • Logged
afwan sul, tidak ada awaludin di antara kita
 :ngakak-abis: :ngakak-abis: :ngakak-abis:

emang awaludin sapa sul? :ngakak-abis: jalik ismu rois maza nam jamanan

zannoism

  • Capel
  • *
  • zannoism No Reputation.
  • Join: 2016
  • Posts: 31
  • Logged
mafi domir pek sepi bingits nih  :asem:

ust Anang mantap sekali beliau, luar biasa masih muda dan bisa mewujudkan mimpinya mewujudkan pondok pesantren besar seperti tazakka, kalo dulu udah ada mungkin ane di tazakka aja

 :pengen:

mungkin anak ane nanti

arifluqman682

  • Qudama
  • *
  • arifluqman682 No Reputation.
  • Join: 2016
  • Posts: 125
  • Logged
afwan sul, tidak ada awaludin di antara kita
 :ngakak-abis: :ngakak-abis: :ngakak-abis:

yaaah awaludin kholas musib. kholas lah. ana albaqi faqot sul  :mewekbanjir: