Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Jawa Tengah 
PROFIL PONDOK PESANTREN TUNAS ILMU KEDUNGWULUH PURBALINGGA JAWA TENGAH
Pages: [1]

(Read 304 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2544
  • Logged


PROFIL PONDOK PESANTREN TUNAS ILMU KEDUNGWULUH PURBALINGGA JAWA TENGAH & USTADZ ABDULLAH ZAEN LC MA



Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Ini adalah profil dari pondok pesantren tunas ilmu Jadi kami mencoba untuk mencari tahu lebih dalam mengenai pondok pesantren ini karena pondok pesantren ini tidak terdaftar di pangkalan data kementerian agama republik Indonesia pondok pesantren ini dipimpin oleh salah satu DAI yang sangat terkenal di Purbalingga dan bagi kalangan salafy tentu saja sangat mengenal ustadz ini yaitu ustadz Abdullah zaen LC ma bin Zaini MUHAJJAT,B.A. saat ini adalah pengasuh pondok pesantren tunas ilmu yang letaknya ada di kedungwuluh Purbalingga dan beliau juga menjadi dosen sekolah tinggi dirasat islamiyah imam Syafi'i Jember ustadz Abdullah zaen ini adalah ustad yang tawadhu jadi penyampaiannya cukup enak dan bisa dibilang adalah ustad senior ya di kalangan para Ikhwan salafi dan yang saya suka adalah penyampaian yang mudah dicerna pernah satu kali saya bertemu dengan ustadz Abdullah Zein di salah satu rumah makan di daerah Purbalingga kota yaitu di restoran bebek bumbu Ireng yang ada di samping bebek goreng haji Slamet yang juga ada di samping sambel layah Purbalingga beberapa kali saya bertemu dengan beliau walaupun saya hanya melihat dari jauh karena merasa tidak enak saja bila bertemu dengan beliau dengan pakaian yang kurang sopan bagi jamaah yang sering melihat beliau tentunya identik dengan peci jadi ustadz AbdulLAH ZAEN ini dimana-mana terutama kalau kita melihat DI broadcast nya medianya adalah yufid TV dan juga salah satunya lokal adalah Utsman TV yang dibuat channelnya oleh Ikhwan Edi Saya kurang tahu nama lengkapnya Ikhwan Edi itu siapa tapi Edi ini sangat jago sekali dalam desain dan juga motion grafik dan sekarang dia adalah yang memegang dibalik layar dari channel YouTube Utsman tv Jadi kalau anda tahu USTADZ ABDULLAH ZAEN InI pasti ketika Anda lihat di yufid atau di YouTube beliau selalu menggunakan peci nah dalam kesehariannya tentu saja tidak mungkin ya namanya orang setiap hari pakai peci dalam kesehariannya beliau Mungkin beberapa kali yang saya ketemu di nggak pakai peci udah pasti Ya nggak mungkin dong tiap hari pakai peci, ya itu sama sekali kita nggak bisa menduga gitu bahkan kadang sulit dikenali kalau beliau itu ustadz Abdullah ZAEN atau bahkan seorang ustad jadi kelihatannya biasa saja seperti bapak-bapak pada umumnya

jadi pondok pesantren ini terbilang pondok pesantren baru namun tidak seperti pondok pesantren pada umumnya ya yang kita tahu kalau pondok pesantren pada umumnya itu ada yang jenjang SD SMP dan juga SMA dan yang saya tahu pondok pesantren Gontor di mana beliau adalah salah satu alumni pondok pesantren Gontor kurikulumnya adalah KMI atau kuliah TUL mu'allimin al-islamiyyah Nah untuk pondok pesantren tunas ilmu ini cukup unik karena pondok pesantren ini tidak menerima jenjang SD SMP atau SMA namun di sini sistemnya adalah sebagai pesantren untuk para dai yang disiapkan sebagai para pewaris nabi jadi yang diterima adalah orang yang sudah lulus SMA bahkan yang sudah berkeluarga pun bisa masuk ke pesantren ini dan pondok pesantren tunas ilmu ini setelah saya lihat di websitenya langsung biaya pendidikannya amat sangat murah sekali bagi saya ya Tapi menurut saya mungkin bagi kebanyakan orang bisa dibilang sangat murah sekali jadi biayanya seolah-olah seperti hanya sekedar formalitas belaka pernah saya lihat di salah satu restoran di Purbalingga yaitu restoran bumbu Ireng sedang makan bersama keluarganya ya saya lihat anak anaknya anaknya kebanyakan laki-laki dan akhirnya beliau pulang dengan menggunakan mobil Daihatsu Luxio yang berwarna abu-abu yang terlihat masih sangat mulus jadinya selera beliau mungkin sekelas MPV yang mirip seperti Alphard banyakan orang menyebutnya dengan Alphard Jawa yaitu Daihatsu Luxio dan selain menjadi pengasuh pondok pesantren tunas ilmu beliau juga adalah seorang dosen dari sekolah tinggi dirasat islamiyah imam Syafi'i Jember jadi mengenai pondok pesantren tunas ilmu sendiri agar cukup unik ya jadi pondok pesantren ini tidak menggunakan bahasa Arab karena memang nama pesantren ini adalah pesantren tunas ilmu atau dalam bahasa arabnya adalah syajarotul Ilmi dan pondok pesantren ini memiliki masjid yang cukup megah dan secara arsitektur sangat bagus sekali bentuknya seperti segi delapan segi delapan atau kita melihatnya Seperti bintang dengan 8 sisi yang berbeda dengan bintang Yahudi atau bintang David yang ada enam sisi yang kerap kali kita temui di mana-mana dengan menjadi regu yang tersembunyi ya kadang-kadang logo yang tersembunyi bintang Yahudi tersebut jadi pondok pesantren ini ini memiliki masjid yang cukup unik bentuknya unik ya mengingatkan saya kepada salah seorang arsitek dari Surabaya yaitu arsitek Andy Rahman karena masjid Manarul Ilmi ini memiliki fasad yang dipenuhi dengan ROSTER DAN LUBANG ANGIN, MENURUT AKHI EDI ARSITEKNYA ADALAH SAUDARA USTADZ ABDULLAH ZAEN DARI SEMARANG dan Ustadz abdullah zaen sendiri ikut dalam merancang fasadnya, hmm selera beliau mantap juga.

Jadi FASAD  dari masjid Manarul Ilmi ini banyak sekali roster atau lubang udaranya ya jadi memang ustadz Abdullah zaen ini menurut pengakuan beliau sendiri di salah satu pengajiannya beliau adalah seorang desainer ya dulu waktu di pondok beli oleh desainer ini memang di Gontor itu ada banyak sekali ekstrakurikuler jadi siapapun santri bisa memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan keinginannya dan dari cerita beliau beliau adalah seorang yang suka dengan menggambar dan juga desain bahkan beliau mengaku bahwa dulu sempat ingin keluar ketika kelas 4 namun tidak diizinkan oleh ayah beliau yaitu kyai ZAENI MUHAJJAT yang mana ternyata ayah beliau itu yaitu kyai ZAENI MUHAJJAT itu adalah orang asli Purbalingga yang mana kampungnya adalah di desa kedungwuluh itu jadi desa kedungwuluh itu memang adalah tempat asli dari ayah beliau dan ustadz AbdulLAH ZAEN sendiri asli di situ sementara ibunya Saya kurang tahu nama ibunya siapa tapi ibunya masih hidup Alhamdulillah sementara ayahnya sudah lama meninggal ketika beliau masih belajar di Madinah dan menurut informasi yang saya dengar ibu beliau sendiri adalah orang Ponorogo Jadi mungkin ibu beliau adalah warga desa Gontor mlarak Ponorogo Saya kurang tahu ya apakah desa GONTOR itu termasuk dalam kecamatan mlarak sepertinya iya jadi ibu dari ustadz Abdullah ZAEN adalah warga dari desa Gontor kemungkinan besar namun kemudian menikah dengan ayah beliau ustad ZAENI MUHAJJAT dan yang saya baca lebih dalam lagi adalah usaha ZAENI MUHAJJAT ini adalah pimpinan pondok pesantren miftahussalam yang mana pondok pesantren tersebut sudah pernah kami bahas di forum website ini silakan anda cari dan lumayan juga yang membaca tentang pondok pesantren miftahussalam ini namun beliau sepertinya menjadi pimpinan pondok namun bukan sebagai pemiliknya ya karena pondok pesantren miftahussalam ini diprakarsai oleh pemerintah daerah sepertinya yang sudah saya baca

kemudian mengenai pondok pesantren ini untuk pendaftarannya bisa ada lihat sendiri sih di websitenya jadi websitenya adalah tunasilmu.com di sana juga ada banner penerimaan santri baru setiap tahunnya di batasi jumlahnya tidak terlalu banyak dan ini sangat bagus sekali ya karena salah satu tetangga saya sendiri yang juga masih saudara lulusan dari pesantren tunas ilmu kedungwuluh Purbalingga dan sudah bisa mulai berdakwah padahal basicnya adalah lulusan SMA biasa jadi memberikan efek yang sangat positif ini kompetensi lulusan yang diberikan dari pondok pesantren tunas ilmu Purbalingga ini adalah yang pertama lancar berbahasa Arab aktif dan pasif namun sepertinya Saya melihat kurang ya karena saya lihat saudara saya sendiri juga bisa dibilang kurang bisa menggunakan bahasa Arab tapi mungkin mengenal istilah-istilah tertentu kemudian yang kedua menguasai berbagai disiplin ilmu agama dan yang ketiga adalah mahir berceramah dalam bahasa Arab dan juga bahasa Indonesia kemudian yang keempat terampil menulis artikel ilmiah dan yang kelima mampu mendakwahkan islam dengan hikmah dan kemudian yang keenam memiliki keterampilan berwirausaha dan yang menarik adalah di pesantren ini pengajarnya lulusan dari alumni universitas Islam Madinah Yaman Saudi dan Libya Jakarta yang jelas di sini manhajnya dalam manhaj salaf yang memang sangat menjauhi yang namanya bidah bila anda bid'ah maksud saya jadi kalau misalnya anda merupakan orang dari kalangan Nahdlatul ulama mungkin perlu sedikit penyesuaian di sini namun semakin ke sini memang kita melihat bahwa ilmu semakin luasnya kita bisa membandingkan sebagai orang awam dan pendaftarannya juga cukup umum ya ijazah SMA kemudian akta kelahiran dan juga SKCK dari kepolisian dan yang lain-lain seperti pas foto KTP hal-hal semacam itulah bisa anda lihat di websitenya sendiri sementara di sini Saya ingin berbicara mengenai pondok pesantren nya sendiri jadi pondok pesantren tunas ilmu ini adalah pondok pesantren yang masih baru ya tapi cukup berkembang dan bisa dibilang sangat berkembang sudah memiliki masjid yang sangat bagus sekali secara desain dan arsitektur sangat keren dan juga mewah di desain dengan sangat baik dan sudah memiliki banyak sekali bangunan gedung atau lokal ya dengan tingkat 3 dan juga memiliki radio yaitu radio insani salah satu saudara saya bekerja di radio tersebut yang katanya kerjanya convert file MP3 kemudian coba lagi ya Sebenarnya masih banyak sekali yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini yang menarik adalah dari websitenya tunas ilmu itu adalah websitenya sangat update sekali ya jadi selalu ditulis dengan artikel-artikel yang cukup flash jadi secara tidak langsung Google mudah menemukannya maksud saya diisi dengan artikel-artikel yang segar atau bahasa Inggrisnya artikel yang masih fresh Jadi cukup mudah ditemukan di Google dan menggunakan WordPress sepertinya dan ustadz Abdullah Zaen sendiri beliau bisa dibilang adalah ustad umat ya Jadi tidak khusus ustad pesantren saja jadi beliau mengisi pengajian di mana-mana ya seperti di masjid agung Purbalingga kemudian juga di masjid agung Baitussalam Purwokerto dan juga di masjid agung jendral Sudirman Purwokertobeliau sangat banyak sekali jadi tidak heran bila pembangunan dari pesantren ini cukup megah ya karena donasi dari jamaah dan jamaknya tidak hanya dari daerah Banyumas Purbalingga saja tapi sampai seluruh Indonesia karena ceramah beliau disiarkan secara online di YouTube dan bisa dengan mudah kita akses yang saya sampaikan mengenai pondok pesantren tunas ilmu ini yang dipimpin oleh ustadz Abdullah zaen mungkin nanti akan kita update lagi oh ya mengenai pendidikannya beliau ini adalah alumni dari TK Pertiwi Banyumas TK Pertiwi ini adalah TK yang cukup banyak ya di daerah Banyumas Purbalingga saya sendiri belum melakukan penelitian siapa pemilik TK Pertiwi ini karena jumlahnya cukup banyak di wilayah Banyumas Purbalingga.

kemudian SD beliau ada di SD kejawar 1 Banyumas Jawa tengah yang mana setelah saya lacak ternyata SD tersebut adalah SD kecil yang dekat dengan pondok pesantren miftahussalam Banyumas jadi bisa dibilang pondok pesantren ini adalah pondok pesantren yang ditinggali oleh ustadz Abdullah zaen ketika beliau masih kecil karena SD kejawar 1 Banyumas ini dekat dengan pondok pesantren miftahussalam Dan yang saya agak aneh adalah beliau setelah itu melanjutkan di pondok modern ar-risalah slahung Ponorogo Jawa timur saya nggak tahu Apakah beliau tidak lulus masuk Gontor pada awalnya karena kalau memang mau masuk Gontor maka akan langsung ke Gontor tapi ini ke pondok modern ar-risalah slahung Ponorogo dulu saya sendiri pernah menawarkan minyak tanah ke ustad firman yang ada di risalah ini tapi belum berhasil waktu itu itu nah ini harus kita lihat lebih jauh lagi atau mungkin tanyakan kepada beliau bagaimana beliau bisa ke pondok ar-risalah baru kemudian beliau masuk Gontor dan yang aneh adalah beliau di Guntur hanya 4 tahun jadi harusnya mah di Gontor itu ada dua di pesantren Gontor ada yang 4 tahun dan ada juga yang 6 tahun dan kalau yang nggak naik kelas bisa 8 tahun sampai 10 tahun kalau tidak naik kelas as atau disebut dengan BM atau benih mujidin yaitu orang-orang yang gigih berjuang karena tidak naik kelas banyak saya teman saya yang tidak naik kelas kemudian beliau ini melanjutkan studinya di isid Gontor ya tapi cuma satu tahun aja karena setelah itu beliau sangat pintar ya langsung menuju Madinah luar biasa ini hanya orang-orang yang cerdas yang bisa lulus di universitas Madinah dan di sana beliau belajar fakultas hadits dan dirosat islamiyah kemudian juga S2 jurusan aqidah Tapi waktu itu beliau cerita katanya mau S3 tapi kemudian ayahnya meninggal dan ibunya nyuruh pulang dan dengan hikmah tersebut beliau mendirikan pesantren tunas ilmu ini ini jadi beliau pulang waktu mau melanjutkan S3 karena ayah beliau kyai Zaeni Muhajjat itu meninggal dunia

ustadz Abdullah Zaen beliau memiliki kajian yang cukup banyak ya Jadi kalau di Purbalingga ada di masjid agung dan juga di masjid Manarul Ilmi karena bisa dibilang masjid pondok pesantren tunas ilmu yang sekarang sangat representative ya untuk diadakan pengajian kemudian dia juga ada di kajian bulanan kajian Jumat pagi yang ada di masjid agung Darussalam Purbalingga dan juga ada di masjid agung Baitussalam Purwokerto dan juga masjid 17 Agustus Purwokerto dan masjid jendral Sudirman di area komplek tentara di Purwokerto ya Jadi begitu sejarahnya tentang pondok pesantren tunas ilmu dan pondok pesantren pimpinannya yaitu ustadz Abdullah zaen dan lokasi dari pondok pesantren tunas ilmu ini cukup dekat ya dari Purbalingga karena bisa dibilang Purbalingga ini kotanya tuh enak sih kalau menurut saya hampir seperti Purwokerto dan kalau menurut saya kalau seandainya nanti Purwokerto itu dijadikan ibu kota itu akan kesulitan yang menurut saya Karena kuotanya pusat kotanya itu cukup kecil ya dan Purbalingga lebih kecil daripada Purwokerto oleh karena itu walaupun pondok pesantren tunas ilmu Purbalingga ini ada di kecamatan Kalimanah desanya kedungwuluh walaupun kalau di peta kita lihat di pinggiran tapi sebenarnya itu sangat dekat dengan pusat kota Purbalingga jadi kalau mau ke pondok pesantren tunas ilmu ini banyak sekali caranya bisa lewat taman makam pahlawan melewati jalan raya kraton ya daerah Babakan tinggal lurus terus ke desa klapasawit maka akan ketemu pondok pesantren tunas ilmu posisinya setelah perempatan desa kedungwuluh ya jadi di situ ada turunan jembatan kemudian kuburan itu bisa dilihat pondok pesantren ini karena bangunan tinggi ya 3 lantai atau 4 lantai Saya kurang tahu dan ada pemancar menara tower radio di sana Jadi itu adalah bahwa radio dari radio insani dan viewnya memang bagus terutama masjidnya ya Jadi anda harus mencoba untuk masuk ke masjidnya dan saya sangat suka dengan masjidnya karena benar-benar desain dengan sangat baik dan bukan hanya di desain dengan sangat baik tapi juga di desain dengan sangat detail yang saya sukai adalah ketika saya ke kamar mandinya benar-benar seperti keinginan saya selama ini salah satunya adalah kamar mandinya yang ada toilet buang air besar di sana ada ember ya tapi seperti yang kita lihat kalau di pom bensin atau tempat lain yang tidak memiliki bak untuk air ya kebanyakan kalau pakai ember di tempat lain tempat umum ember-ember ditaruh atau diletakkan di lantai yang cukup rendah Jadi kemungkinan kalau ada yang buang air besar atau buang air kecil cipratan najis nya bisa masuk ke ember tersebut jadi sangat kurang bagus sih Kalau menurut saya terjadinya percuma karena ember diisi najis semua tapi di masjid tunas ilmu kedungwuluh Purbalingga ini embernya itu ukuran sedang cenderung kecil tapi cukup dan ember ini disokong dengan las-lasan dari besi isi atau dari besi yang ditinggikan ya jadi cas macam pot bunga embernya itu jadinya dan ini bagus sekali jadi apa namanya najis itu kemungkinan kecil bisa masuk ke ember itu ini sangat bagus sekali untuk dipikirkan dan masjidnya itu segala halnya detailnya sangat dipikirkan bahkan jenis keramiknya dan juga taman di depan sepertinya ustadz Abdullah zaen sebagai pemikir dari masjid ini bisanya beliau sering browsing-browsing juga kayaknya bisa jadi beliau juga merupakan penikmat arsitektur ya jadi penikmat arsitektur yang minimalis Karena sekarang kita bisa menemukan banyak sekali gambar desain yang sangat inspiratif di internet ya Dan ini dia masjidnya benar dari desain sangat baik jadi gimana ya sangat bagus tapi kalau menurut saya mesjidnya kurang besar ya nanti kalau seandainya santrinya semakin banyak mungkin kurang cukup jadi masjid Manarul Ilmi ini ada 3 lantai lantai 1 untuk toilet dan juga tempat wudhu dan juga ada tempat salat untuk orang tua sangat bagus sekali sih ID orang tua nggak perlu naik ke atas dan lantai 2 untuk jamaah laki-laki sementara untuk lantai 3 adalah jamaah perempuan yang menarik adalah fase linknya adalah roster atau lubang angin sangat bagus sekali jadi itu saja yang ingin saya sampaikan Kalau anda memiliki pertanyaan silakan daftar di forum hujroh.com dan ajukan pertanyaannya karena saya cukup dekat ya dari pesantren ini jadi kalau ada yang bisa anda tanyakan silakan saja tapi untuk masalah pendaftaran menjadi santri itu silakan tanya sendiri ke pesantren ya ada nomor teleponnya di websitenya tunasilmu.com Jadi kalau masalah itu Saya kurang tahu silakan tanya ke sana tapi mungkin hal-hal lain mengenai pesantren ini bisa anda tanyakan karena saya tinggal dekat tempat ini oke silakan dishare Kalau anda suka dan kalau Anda punya informasi tambahan boleh dikasih komentar di bawah sehingga banyak orang yang tahu tentang pesantren ini assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

=========================
Baca Juga Daftar Pondok Pesantren di Jawa Tengah yang bisa bikin kamu tambah cerdas dan soleh!
=========================

FORUM PESANTREN SANTRI SE INDONESIA
PLEASE KOMENTAR DAN SHARE


PUNYA INFORMASI YANG LEBIH BAIK TENTANG PESANTREN INI? SILAHKAN KOMENTAR DI BAWAH YAH

« Last Edit: 07 Feb, 2019, 09:02:59 by Admin »