Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Hujroh  The Ghurfah 
STUDI TIPE MORFOLOGI KULIT POHON INANG DAN JENIS PAKU EPIFIT DALAM UPAYA MENUNJA
Pages: [1]

(Read 36 times)   

liaapri

  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • liaapri No Reputation.
  • Join: 2020
  • Posts: 579
  • Logged

Jenis-Jenis Pohon Inang Paku Epifit yang ditemukan di Taman Hutan Raya Ronggo Soeryo Cangar

Berdasarkan hasil identifikasi pohon inang paku epifit diperoleh ada 19 jenis pohon. Pohon tersebut terbagi dalam dua divisi, yaitu Spermatophyta (18) dan Pteridophyta (1), dan terbagi menjadi 12 suku. Jenis-jenis pohon inang tersebut disajikan dalam tabel 4.2 berikut ini:
   Tabel Jenis Pohon Inang Paku Epifit yang ditemukan di Taman Hutan Raya Ronggo Soeryo Cangar
No   Nama lokal   Nama Ilmiah   Suku
1   Pule   Alstonia Scholaris (L.) R. Br   Apocynaceae
2   Berangan   Castanopsis argentea (Blume) A.D C   Apocynaceae
3   Spatudea   Spathodea campanulata Beauv.   Bignoniaceae
4   Paku tiang   Cyathea latebrosa Copet.   Cyatheaceae
5   Lamer   Glochidion sp. J.R.Forst & G. Forst   Euphorbiaceae
6   Tutup lancur   Mallotus sp. (Wall.) Muell.   Euphorbiaceae
7   Berasan   Psychotria extensa Mig.   Euphorbiaceae
8   Flamboyan   Delonix regia (Bojer. ex Hook.) Raf   Fabaceae
9   Mangir   Erioglossum rubiginosum (Roxb.) Bl.   Fabaceae
10   Dadap   Eritrhina subumbrans (Hassk.) Merr.   Fabaceae
11   Krukup   Engelhardia spicata Lech   Juglandaceae
12   Karet   Ficus elastic Nois   Moraceae
13   Pinus   Pinus merkusii Junghun & de Vriese.   Pinaceae
14   Kina bulu   Cinchona pubescens Vahl.   Rubiaceae
15   Kupu ketek   Nauclea officionalis   Rubiaceae
16   Puspa   Schima wallichii (D.C.) Korth.   Theaceae
17   Anggerung   Trema orientalis (L.) Blume   Ulmaceae
18   Jambon   Vitex glabrata R. Br.   Verbenaceae
19   Bawangan   Vitex vestita Wall. ex Schan   Verbenaceae

Adapun deskripsi dari jenis-jenis tanaman inang paku epifit yang ditemukan di Taman Hutan Raya Ronggo Soeryo Cangar adalah sebagai berikut:
1.   Alstonia scholaris (L.) R. Br (Pule)

Tumbuhan Pule dapat mencapai ketinggian lebih dari 40 m. Batang utama lurus, bagian pangkal berlekuk, dan diameternya dapat mencapai 125 cm. Daunnya tersusun melingkar berbentuk lonjong atau elips. Bunga aktinomorf, berkelamin 2, protandri, kelopak bercuping 5, dan mahkota berwarna putih. Panjang buahnya berukuran 15-32 cm (Suryo dkk., 1968). Pada pohon ini, kulit batangnya bersifat stabil atau tidak mengelupas, permukaan retak-retak dangkal, dan keras.

Gambar 4.12 Kulit batang pohon Alstonia Scholaris (L.) R. Br (Pule)

2.   Castanopsis argentea (Blume) A.D C (Sarangan)

Pohon besar dan batang lurus. Tegakan tua mencapai tinggi 40 m dan diameter 140 cm. Daun tunggal, bertangkai, duduk daunnya berseling, dan memiliki daun penumpu yang menyelubungi kuncup daun. Bunga berkelamin ganda dan perhiasan bunga tersusun spiral (Suryo dkk., 1968). Pada pohon ini, kulit batangnya bersifat labil dan mudah mengelupas ke segala arah, tetapi teksturnya terlihat rata dengan tidak adanya celah. Kulit luar memiliki tingkat kekerasan yang lunak.

Gambar 4.13 Kulit batang pohon Castanopsis argentea (Blume) A.D C (Sarangan)
3.   Spathodea campanulata Beauv. (Spatudea)

Pohon besar dan tinggiannya mencapai 25 m. Sebelum bunga mekar, kelopaknya tertutup. Daun menyirip tunggal berhadapan. Tangkai daun bersayap. Mahkota besar berbentuk lonceng (Suryo dkk., 1968). Spatudea termasuk tumbuhan invasif spesies yang mudah tumbuh di daerah pertanian dan daerah hutan. Penyerbukan bunga pada tumbuhan ini dibantu oleh burung dan kelelawar, sedangkan penyebaran bijinya dibantu oleh angin. Pada pohon ini, kulit batangnya bersifat stabil, tidak mengelupas, permukaan retak-retak bercelah dangkal dan keras.

Gambar 4.14 Kulit batang pohon Spathodea campanulata Beauv. (Spatudea)

4.   Cyathea latebrosa Copet. (Paku Tiang)

Paku tiang merupakan tumbuhan yang secara evolusi paling berbeda dengan tumbuhan lain yang ditemukan karena termasuk Pteridophyta dan merupakan tumbuhan asli indocina. Batang pohon ini biasanya berukuran panjang 3-7 m. Daunnya majemuk dan membentuk roset. Sorus agak jauh dari tepi daun, yang muda diliputi indusium berbentuk bola, indusium akhirnya robek, hingga bentuknya menjadi seperti piala atau cawan. Daun menyirip ganda dua atau tiga (Suryo dkk., 1968). Pada pohon ini, kulit batangnya bersifat stabil atau tidakmengelupas, tekstur permukaannya fibrous, dan keras.

Gambar 4.15 Kulit batang pohon Cyathea latebrosa Copet (Paku tiang)

5.   Glochidion sp. (Lamer)

Lamer memiliki habitus pohon, perdu. Batang kadang-kadang berair dan kerapkali mengandung getah. Daun tersebar, kadang-kadang berhadapan, tunggal atau majemuk menjari, kerapkali dengan daun penumpu. Ujung tangkai daun atau pangkal daun berkelenjar. Bunga berkelamin 1, berumah 1 atau 2. Bakal buah menumpang, beruang 2-4. Bakal biji beruang 1-2 (Suryo dkk., 1968). Pada pohon ini, kulit batangnya bersifat stabil dan tidak mengelupas dengan permukaan rata dan lunak.
 
Gambar 4.16 Kulit batang pohon Glochidion sp. (Lamer)

6.   Mallotus sp. (Tutup lancur)
Tutup lancur memiliki habitus berupa pohon, mengandung getah. Daun tersebar, kadang-kadang berhadapan. Daun tunggal atau majemuk menjari, kerapkali dengan daun penumpu. Ujung tangkai daun atau pangkal helaian daun mengandung kelenjar. Bunga berkelamin 1, berumah 1 atau 2 (Suryo dkk., 1968). Pada pohon ini, kulit batangnya bersifat stabil dan tidak mengelupas dengan permukaan rata, dan lunak.
 
Gambar 4.17 Kulit batang pohon mallotus sp. (Tutup Lancur)


7.   Psychotria extensa Mig. (Berasan)

Habitusnya berupa pohon besar, tinggi lurus. Tinggi pohon bisa mencapai 20 m. Akar tunggang, batang berwarna coklat tua berbentuk silindris. Daun-daunnya tunggal dan terletak berhadapan, mahkota berlekatan. Benang sari sama dengan mahkota (Suryo dkk., 1968). Pada pohon ini, kulit  batangnya bersifat stabil atau tidak mengelupas, tekstur rata dan tidak memiliki alur, dan keras.