Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Hujroh  The Ghurfah 
STUDI TIPE MORFOLOGI KULIT POHON INANG DAN JENIS PAKU EPIFIT DALAM UPAYA MENUNJA
Pages: [1]

(Read 40 times)   

liaapri

  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • liaapri No Reputation.
  • Join: 2020
  • Posts: 579
  • Logged

PENUTUP

   Kesimpulan

1.   Paku epifit yang ditemukan di Taman Hutan Raya Ronggo Soeryo Cangar berdasarkan transek yang sudah ditentukan dalam penelitian ini berjumlah 12 jenis paku epifit yang terbagi menjadi 5 suku, yaitu: Aspleniaceae, Davalliaceae, Polypodiaceae, Dryopteridaceae dan Thelipteridaceae.
2.   Hasil identifikasi pohon inang paku epifit 19 jenis pohon yang terbagi menjadi 12 suku dan 2 Divisi, yaitu Spermatophyta diperoleh dan Pteridophyta.
3.   Karakteristik kulit pohon inang yang banyak ditumbuhi oleh paku epifit yaitu pada pohon inang yang memiliki stabilitas kulit yang stabil (79%), kulit halus (52%), dan kulit keras (68%).

5.2 Saran

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, penulis menyarankan dalam menunjang konservasi paku epifit di Taman Hutan Raya Ronggo Soeryo Cangar, hendaknya dalam menempatkan paku epifit di pohon lebih baik dengan memilih tipe morfologi kulit pohon yang sesuai bagi kehidupan paku epifit, yaitu yang kulitnya stabil, kasar, dan keras. Sehubungan pada penelitian ini baru didata mengenai tipe morfologi kulit pohon inang yang terbatas pada sifat stabilitas, kekasaran, dan kekerasan kulit, maka diperlukan juga penelitian tentang sifat dari kemampuan menangkap air, keasaman, kimia, dan nutrien kulit pohon inang paku epifit.