Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Bisnis & Kerja  Bisnis Online 
MEMBANGUN PERSONAL BRANDING ALA EMAK- EMAK FACEBOOK ADS
Pages: [1]

(Read 960 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2594
  • Logged

Sebelum bahas tentang Facebook Ads, Saya kan bahas tentang Cara promosi dengan Facebook Gratisan. Caranya dengan membangun personal branding.
Selain menggunakan Facebook Ads, Saya juga banyak mendapat mitra, agen dan reseller, dari update status di akun facebook Saya. Pelatihan offline dan Online Saya seringkah penuh hanya mengandalkan promosi lewat facebook personal. Artinya, facebook personal masih sangat potensial untuk berjualan. Namun, berjualan dengan cara yang elegan, yaitu dengan membangun personal branding.
Ternyata, tidak semua orang bisa berhasil berjualan menggunakan facebook personal. Banyak pertanyaan yang masuk ke lnbox FB, WA atau BBM Saya seperti ini:
E' Bagaimana caranya sukses berjualan di facebook personal?
B' Saya sudah promosi banyak kok sedikit yah yang closing?
B' Temen Saya sudah 3.000-an lebih di Facebook tapi kok interaksinya sedikit?
S' Saya sudah gunakan teknik-teknik jualan seperti Covert Selling, Copywriting, Soft Selling, bahkan Hard Selling tapi penjualan tidak juga memenuhi target?
B' Apa yang harus Saya lakukan untuk menggenjot penjualan Saya?
Jawabannya adalah Anda harus mulai membangun PERSONAL BRANDING!

Yup, apa pun teknik jualan yang Anda lakukan kalau orang tidak kenal dengan yang menjual, maka tingkat kepercayaannya akan berkurang.
Bagaimana cara membangun Personal Branding di Facebook? Yuk, Kita bahas.
Sejak Agustus 2016, Saya kembali aktif di facebook. Tepatnya setelah bisnis Saya bangkrut dan bingung mau gimana memulainya. Saya putuskan untuk sharing bisnis dan membangun personal branding melalui facebook.
Sebelumnya, Saya sudah memiliki akun facebook, cuma karena nggak aktif jadi Saya buat baru. Kali ini akunnya bukan melulu soal jualan tapi fokusnya adalah sharing bisnis berbagi ilmu. Saya yakin, semakin kita sering membagikan ilmu maka semakin mahir menguasai ilmu tersebut.
Sampai kami menulis buku ini jumlah teman yang ada di akun Ayu Chocohut ini sudah full 5.000 teman dengan hampir 2.000 lebih follower. Jauh lebih cepat dari target kami 3 bulan. Luar biasanya, untuk bikin pertemanannya full friend hanya butuh waktu 50 hari. Edaan!
Selain itu, Saya dan tim juga mengelola 200-an Fanspage yang berisi
berbagai macam niche ada kesehatan, traveling, bisnis, humor, fashion, dan kuliner. Kami juga membuka jasa konsultasi facebook marketing bernama Marketing Zombie sejak 2014.
Di bab selanjutnya akan Saya berikan bagaimana trik mengelola ratusan Fanspage dengan mudah. Asyik, kan? A_A
Ada 4 point yang harus Anda pahami untuk membangun Personal Branding di Facebook, yaitu :
1.   Promosikan Diri Anda
2.   Maksimalkan Kekuatan Anda
3.   Sharing Dulu Baru Selling
4.   Membangun Tribes
Yuuuk kita bedah Satu-satu. Siyap?
.m ...   . ni[1   . uji, n^r»».«y
1.   PROMOSIKAN DIRI ANDA.
Ada pepatah bilang, "Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta". Jangan baper yaa ini bukan ngebahas soal asmara ... Xixixi....
Nah, gimana mau laku jualannya, gimana mau kenal konsumen kalau Anda belum kenalan, kalau Anda belum membangun interaksinya.
Ingat, hukum interaksi di facebook itu akan terjadi kalo ada LIKE, KOMENTdanSHARE.
Semakin banyak interaksi maka Anda akan semakin dikenal orang, Otomatis kalo Anda sudah dikenal banyak orang, maka apa pun produk atau jasa yang Anda jual InsyaAllah akan selalu dibeli ... Percaya deh ... A_A
Oke Saya akan membahas kenapa akun Saya yang baru berumur 50 hari bisa full friend. Bukan cuma itu, jumlah interaksinya ruame
bangetttt. Sering di-like ratusan orang dan hampir di setiap status yang kami tulis selalu menjadi viral. Dibagikan puluhan hingga ratusan orang.
Di akun AYU CHOCOHUT, kami aktif sekali. Selalu posting minimal 3 postingan dalam sehari. Postingan apa saja? Ini dia detailnya :
^?)PAGI.
Biasanya dimulai di waktu prime time jam 7-8 pagi sebelum orang beraktifitas tulis status motivasi bisnis atau inspirasi. Tulisannya gak perlu panjang lebar yang penting ngena di hati audiens.
Contoh Status:
• ■ Ayu Chocohut   ^
■fi
“Mba ajarin sy bisnis donk tp sy ga punya modal??”
Saran sy stop jgn lanjutin anda ga cocok jd pengusaha, alasan klasik ga punya modal akan membuatmu ga pernah kemana-mana. Karena saat ketemu masalah “modal” pasti akan mundur atau bubar jalan.
10 tahun yg lalu saat byk temen2 yg punya semangat 45 yg katanya pengen bisnis namun selalu ngeluh soal “modal” sampai hari ini pun mrk ga pernah kemana-mana ya hanya muter2 dimasalah itu dan saat ditanya kenapa bisnisnya ga jalan2?? dia jawab “modal gue ga ada bro” nah looh 10 taun kemane ajah :v Sy masih inget di th 2010 akhir mulai bisnis #chocohut (dulu namanya #chocorich) sy dorong2 grobak dr gang keluar gang, 1hari sering gak laku kalopun laku cm beberapa cup saja itupun yg beli temen sendiri mungkin km kasian :v Kalo liat foto ini jd inget jaman dulu ngrintis bisnis cokelat ini jualan depan bengkel motor py temen 3bulan tutup krn gak laku tp tetep sy jalani sampai bisa py pabrik kecil yg bisa produksi ribuan sachet cokelat dlm sehari, krn sy tau bisnis adalah perjalanan, perjalanan mengalahkan rasa takut mengalahkan alasan dan diri sendiri. Cobalah berbisnis mulai dr jual apapun yg bisa dijual apapun yang bisa ditawarkan .belajar mengelola duit receh biar kelak udh terpiasa pegang duit besar.
Suatu saat pasti akan ketemu “nah ini nih bisnis yg gue banget”. Just do it   lakukan
saja...
#truestory #semangaadpagi #chocohut
y __
J*   M   /-N

if«f Ayu Chocohut
I S t ' d
Spesial untuk #DURIANHOLIC....
Buat yang demen banget sama durian kami hadirkan varian olahan baru buah durian yang dijamin nyeesss banget deh :D
Bisa dibilang ini produk yang pertama dan satu2nya didunia n diakherat variant olahan baru dr buah terlezaaat didunia, siapa lagi kalo bukan Durian Produk lezaaat ini kami namakan DUGAL - Cake durian kukus...
DUGAL - singkatan dari Durian kllkus teGAL,karena produknya dibuat dikota Tegal. 100% durian asli tanpa essence tanpa pengawet!
Dibuat oleh ahlinya yg sdh berpengalaman Ibh dr 10tahun didunia cake n bakery Nah kabar baiknya kami sudah membuka PreOrder untuk teman2 yg penasaran dengan rasanya, dapatkan harga lebih hemat dengan mengikuti PO ini ,oia pengiriman serentak tanggal 3 April 2017.
Karena hanya tahan 7hari maka kami hanya menerima kiriman kilat (OneDayService TIKI)

Tonjolkan bahwa Anda ini penjual "bisnis A". Bangun ciri khas Anda sendiri dan jangan lupa di setiap komentar yang ada usahakan untuk membalasnya. Bisa sekedar kasih emoticon jempol atau senyum.
Hargailah audiens Anda. Akun AYU CHOCOHUT selalu menonjolkan bahwa kami adalah penjual minuman cokelat CHOCOHUT. Buat foto profil Anda lebih menarik dengan cover yang menjelaskan bahwa Anda ini "brand ambasadoor" bisnis A.
Sekarang, silakan isi kolom di bawah ini dengan jenis status yang akan Anda posting di pagi, siang, dan malam. Kolom ini bisa Anda buat di excel lalu Anda print sebagai jadwal mingguan postingan Anda.
Jika Anda sudah terbiasa, maka secara berangsur-angsur Anda tidak perlu lagi menggunakan jadwal dan bisa posting secara alamiah.
 
Lanjut...
Sedikit Saya jelaskan tentang BRAND, karena kita sedang bicara tentang branding di sosial media. Saya coba jelaskan menurut yang Saya pahami hasil belajar dari para guru, mentor dan juga buku serta yang sudah Saya praktekkan. Semoga teorinya cocok juga untuk Anda. Aamiin ....
BRAND bukanlah Logo atau Nama. Brand juga bukan tagline atau produk.
Brand adalah sesuatu yang diingat...
Brand adalah gengsi...
Brand adalah emosi...
Brand adalah image...
Brand adalah persepsi yang menancap di benak customer...
Brand adalah brain ...
Brand itu nganu ...


Brand adalah identitas ...
Saya mencoba merangkum dan melihatnya dari persepsi PENGUSAHA dan bagaimana proses terbentuknya sebuah BRAND.
BRAND adalah ...
IMAGE yang menancap di benak customer. Apa aja yang menancap di benak customer tersebut?
1.   VALUE
Nilai-nilai yang menempel pada sebuah produk atau layanan dari sebuah NAMA.
2.   TRUST
Seberapa percaya orang terhadap produk atau layanan dari sebuah NAMA.
3.   QUALITY
Di level berapa suatu produk atau layanan di mata konsumen.
4.   SEGMEN
5.   CIRI KHAS
Apa ciri khas yang selalu menonjol dalam produk-produk atau layanan sebuah Brand.
6.   ORISINALITAS
Pertanyaan mendasarnya adalah Anda termasuk Leader atau Follower? Pencipta trend setter atau sebaliknya hanya tukang contek.
JIL* -
 
7.   JAMINAN (Guarantee)
"Semua hal" yang dijamin oleh si Pemilik Brand. Bisa jadi secara Trend, jaminan kualitas, eksklusivitas, harga, ketersediaan, pembelian balik (buy back), atau after sales Service.
Pertanyaan mendasar dalam membentuk sebuah BRAND ada 2, yaitu:
1.   Who You Are?
2.   Leading In What?
Simpelnya begini ketika Anda kenal dengan Saya "AYU CHOCOHUT" di benak Anda adalah ...
Oooh ... yang punya CHOCOHUT ...
Oooh ... pengusaha cokelat...
Hmmm ... Apa sih CHOCOHUT?
Mulailah Anda tanya kanan-kiri, ketik CHOCOHUT di google atau pencarian facebook...
Akhirnya tahu, Oooh minuman cokelat yah ...
Awalnya penasaran akhirnya coba beli, dari beli karena cocok rasa dan harganya akhirnya repeat order, dari repeat order akhirnya merekomendasikan teman-temannya untuk beli.
Inilah yang namanya proses BRANDING yang bisa berujung SELLING. Asyik? A_A

Apakah hanya produknya? Tidak!
Termasuk di dalamnya, yaitu layanan, kemudahan, kebersihan, kerapihan, harga, promo, dan berbagai macam value lain dalam bisnis Anda.
2. Endorsement.
Testimoni yang berasal dari orang yang sudah terkenal atau memiliki massa di sosmed (follower). Mereka dibayar untuk mempromosikan produk kita dalam bentuk foto dan testimoni di sosial medianya. Saya pernah melakukannya untuk promosi produk @brownka_ brownies melalui akun @riaricis!795 yang punya 6,1 Juta follower.

3. Persepsi Tanpa Pengalaman dan Cerita.
Hal ini bisa kita bangun demgan logo, warna, dan lain sebagainya\saya melakukannya

Selanjutnya, Personal Branding seperti Apa yang ingin Anda bangun di Facebook?
Orang akan mengenal Anda sebagai "anu", orang akan lebih percaya dengan Anda, Anda adalah spesialis "anu" ... dan anu-anu yang lain. Silakan isi kolom di bawah ini agar Anda tahu personal branding seperti apa yang ingin Anda buat.
Who You Are?
 
2. MAKSIMALKAN KEKUATAN ANDA
Saya mengenal facebook marketing dari 2008 dan mulai menjual melalui media sosial ini. Sudah terbiasa belasan jam sehari di depan laptop untuk mempelajari alur algoritma facebook. Sempat beberapa kali pindah ke media lain namun hasilnya tidak sebaik saat s promosi di Facebook. Saran Saya pilih salah satu media untuk promosi lalu genjot habis-habisan di sana pelajari sampai tahu alur dan polanya.
Banyak para mastah atau pun suhu •.ukses dengan \bisnisnya karena mereka fokus dengan kelebihan yang
mereka kuasai, ada affiliate yang sukses medapatkan sales ribuan $, ada yang sukses di adsense hingga earningnya ribuan $ dan ada juga yang sukses di Online shop.
Saya yakin mereka ahli dalam bidangnya masing-masing karena mereka benar-benar mengasah kemampuan mereka dan jam

terbangnya bisa lebih dari 10.000 jam. Mereka sukses dengan caranya masing-masing.
Saran Saya jangan tergiur dengan mastah yang sudah sukses lalu Anda ikut-ikutan dan akhirnya hanya "buang waktu".
Segera temukan kelebihan Anda lalu fokuskan di sana sampai benar- benar berhasil A_A
3.   SHARING DULU BARU SELLING
Inilah yang salah kaprah saat Anda membangun massa di sosial media terutama di facebook. Baru konfirmasi pertemanan langsung nyepam jualan di inbox, komen jualan di lapak orang atau ngetag brutal untuk promosi jualan Anda.
 
Saya membuat grup sharing bisnis di facebook dengan nama "Marketing Zombie" yang rutin kami update setiap jam 8 malem, jam saat kebanyakan orang sudah ada di rumah dan mulai santai bersosmed.
Minggu pertama launching member kami ada sekitar 1.000-an orang dan bertambah puluhan orang setiap harinya.
Niatkan sharing bisnis untuk memperluas jangkauan silaturahmimu. Semakin banyak Anda bagikan postingan yang bermanfaat, maka akan semakin banyak pula member yang dengan suka rela ikut menshare postingan Anda. Artinya, semakin banyak orang yang akan mengenali Anda sehingga semakin mudah mempromosikan bisnis Anda.
4.   MEMBANGUN TRIBES
Seth Godin (guru marketing dunia) pencetus konsep Tribes menjelaskan:
Tribes adalah sekumpulan orang yang memiliki minat yang sama bisa berupa hobi, wawasan, pengetahuan yang dipimpin oleh satu orang Leader untuk berkomunikasi satu sama lainnya sesuai dengan kesamaannya.
Inilah ide awal dari konsep marketing Facebook yang Saya jalankan. Saya juga terinspirasi dari Kang Dewa Eka Prayoga, Founder Billionaire Store, yang berhasil membangun Tribes melalui Facebook.
Bagaimana membangun Tribes di Facebook?
Saya menggunakan 2 fasilitas di Facebook

yaitu melalui Group dan Fanspage.
Sama-sama punya fungsi tersendiri dengan kelebihannya masing-masing. Keduanya akan maksimal kalau Anda tahu cara menggunakannya dengan baik.
Kita bahas satu-satu ya ....
1.   GROUP
Anda bisa gunakan untuk membangun kesamaan sebuah minat. Misalkan Anda sedang jualan hijab, maka kami sarankan membuat grup dengan minat hijab.
Buatlah postingan-postingan yang membahas tentang dunia hijab, wanita dan islam. Ini sedikit cerita bagaimana Grup Marketing Zombie yang baru kami bangun memiliki 1.000 member pada minggu pertama.
dengan dunia marketing, brand atau apa pun yang berkaitan dengan bisnis.
2.   Kami membuat setinggannya menjadi publik. Oh ya, di sebuah Grup Anda bisa menggunakan 3 fasilitas untuk mengatur privacynya berdasarkan tujuan Grup itu dibuat.
1. Grup Publik/ Umum.
Tujuan menggunakan tipe ini agar bisa sebanyak-banyaknya orang tahu dan bergabung. Di sini Anda bisa sekaligus mengenalkan produk yang Anda jual. Undang teman-teman Anda di akun personal untuk masuk ke dalam grup.
 
2.   Grup Closed/ Tertutup.
Bisa digunakan untuk menampung konsumen yang sudah membeli produk Anda atau yang sudah menjadi team penjualan. Di sini Anda bisa membina, mensupport mereka lebih banyak lagi. Tentu saja tujuannya adalah agar penjualan mereka lebih maksimal. Grup tertutup bisa juga Anda buat untuk mereka yang sudah membeli sebagai pemicu repeat order.
3.   Grup Secret/ Rahasia.
Hampir mirip dengan grup tertutup. Bedanya adalah ketika Anda mengetikdi pencarian Facebooktidakakan bisa menemukannya, kecuali Anda sudah tergabung di dalamnya.
Lagi-lagi settingan grup disesuaikan dengan tujuan Anda saat membuatnya.
1 Untuk menambah jumlah member grup sering-seringlah buat kuis yang berhadiah. Bisa berupa produk Anda atau apa pun. Berikan syarat, misalnya seperti ini:
’ w Ayu Chocohut
l il /
Mau dapetin hijab Gratis?
Sllahkan tag 5 orangteman kamu lalu LIKE postingan ini. Ketik KOMEN “Mau DONK IIIJABNYA” dan SHARE postingan ini yaaa...
Kami akan memilih secara acak pemenangnya.
M Suka p Komentari A Bagikan
009
Ini Contoh yang kami lakukan dengan teknik bagi-bagi hadiah gratis. Teknik ini Saya terapkan di Fanspage, namun bisa Anda

gunakan cara yang sama untuk grup facebook.
Selain untuk mendapatkan tambahan jumlah member grup atau like fanspage, Saya juga selipkan kalimat promosi di akhir status. Sekali posting, banyak keutungan didapat. Branding meningkat, Selling melesat. Hehe ....
’ m Ayu Chocohut   v
i a
Halooo chocoholic...
Mau dapetin bingkisan GERATISSSS dari #kamarcokelat?
Yuuuk ikuti quistnya...
Caranya mudah koq kamu cukup ikuti Rules sbb:
1.   WAJIB LIKE FP Kamar Cokelat
2.   SHARE Postingan ini lalu Tag sebanyak mungkin teman2mu yg suka banget sm cokelat
3.   Jangan lupa menurut kamu mana produk favorit dari #kamarcokelat?? lalu berikan alasannya yaaa:D
Buat teman2 yg mengikuti Rules tadi akan kami undi dan pemenang yg beruntung dg koment terbaiknya akan mendapatkan bingkisan spesial dari kami.
Gak usah khawatir hadiah sudah termasuk ongkir koq, asyiiik kan?
Info dropshipper #kamarcokelat Chat admin --> WA 0823 2500 2900
ii> Suka P Komentari /«► Bagikan
©O'*5 Achmad Fikri. Dwi Desy Arisandy and 1.4K others   Chronologicai ”
70 shares   


Menurut pengalaman kami, dengan 3 jurus ini sudah cukup ampuh untuk menambah jumlah member. Mulai dari ratusan sampai ribuan member baru tertarget.
Oh ya, sebaiknya jadikan lebih dari 3 orang sebagai admin grup. Menjadikan admin lebih dari 1 orang juga bertujuan sebagai keamanan kalau-kalau akun Anda dibanned oleh Facebook. Nggak lucu kan ketika grup Anda sudah tembus puluhan ribu member tiba- tiba akun Anda dibanned. Bisa nangis darah! A_A
Silakan isi kolom di bawah ini agar Anda tahu group apa yang akan Anda buat dan akan diisi oleh apa.
Apa nama group Anda dan Materi Apa yang akan Anda bahas?
2. FANSPAGE
Fanspage juga bisa Anda gunakan untuk membangun Tribes.
Fanspage lebih maksimal untuk Anda gunakan dalam mempromosikan sebuah produk. Hal ini dikarenakan Anda bisa mengatur target Anda dengan jauh lebih spesifik dengan Facebook Ads. Misalnya jenis kelamin, usia, ketertarikan, kota/negara atau parameter lainnya.
Biaya beriklan dengan Facebook Ads bisa dimulai dengan Rp 10.000. Dengan budget segini sudah bisa menjangkau sekitar 1.000-2.000-


an audiens tertarget. Jangkauannya sangat-sangat luas tergantung budget promosi Anda. Namun sayangnya fitur fanspage ini sedikit pelit ketika Anda membangun secara organik tanpa iklan.
Jumlah reach jangkauannya hanya 1-3% dari jumlah LIKE. Jadi misalkan Anda punya fanspage tertarget dengan jumlah LIKE 100.000, maka hanya akan menjangkau sekitar 1.000 - 3.000-an orang saja untuk setiap postingan iklan.
Ada trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan reach postingan fanspage Anda yakni dengan cara membuat konten viral. Ada 2 komponen utama untuk membuat konten Anda viral, yaitu Postingannya menarik dan Menyentuh sisi emosional audiens.
Salah satu contohnya adalah postingan di bawah ini.
S
Marketing Zombie
6 Marsl piAui *0,44 ^
NASIHAT UNTUK PARA ISTRI
Saat kau sudah menjadi istri, sesekali pandanglah wajah suamimu ketika ia tertetap...
Itulah orang yang tiada hubungan darah dengan mu namun tetap terus berusaha mencintaimu   Lihat Selengkapnya



40.472 ^ang dijangkau   . „   Lihat Hasil
■ -
Ketika sebuah postingatijiiampu menarik hati atau emosi aundiens maka mereka tidak akan sungkaiT menekan tombol LIKE, KOMENT

 
dan SHARE. Postingan seperti inilah yang kemudian kami iklankan. Jadinya reach postingan tersebut lebih maksimal lagi. Biasanya reach/jangkauannya akan meningkat di kisaran 10-30% tergantung dari kohten postingannya.


Selain itu, agar banyak orang yang mau Like, Komen atau Share, jangan lupa tambahkan CTA (Call to Action) yang tepat di akhir artikel. Beberapa kalimat yang sering digunakan sehingga iklan Saya viral, seperti:
Like, Komen, dan Share dan jika bermanfaat klik SHARE jika mengisnpirasi Silakan SHARE Semoga mencerahkan Silahkan SHARE atau BAGIKAN
■ Jl
Wajib Share! Berikan Informasi Penting Ini Ke Teman-Teman Lainnya!
Jangan lupa ketika membuat postingan viral selalu tambahkan link/ alamat untuk bisa masuk list database Anda atau ke website jualan Anda. Misal link list building email, link join grup facebook atau link join channel telegram atau link webiste jualan Anda.
Jangan Anda hanya iklan agar Artikel viral. Jika Anda tidak langsung jualan, maka pastikan Anda dapat databasenya. Saat ini eranya UUD, yaitu selain Ujung-Ujungnya Duit (alias jualan) atau Ujung- Ujungnya Database. PahamT-'L
*ersonal Branding yang Kuat Tidak Bisa "Dibangun Dalam Waktu Semalam. Perlu Proses, Konsisten dan Komitmen untuk Mencapainya. Kalau Anda Bisa Melaluinya, maka Penjualj Akan Mudah Didapat.

arifluqman682

  • Qudama
  • *
  • arifluqman682 No Reputation.
  • Join: 2016
  • Posts: 123
  • Logged
Re: MEMBANGUN PERSONAL BRANDING ALA EMAK- EMAK FACEBOOK ADS
« Reply #1 on: 09 Feb, 2019, 06:08:46 »
emak-emak militan = emak-emak garis keras
 :keren: