Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Sulawesi Tengah 
Pondok Pesantren Al-Istiqamah di Donggala Sulawesi Tengah
Pages: [1]

(Read 233 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2544
  • Logged


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...
Bismillahirohmanirohim...
Hai para alumnus Pondok pesantren..
Apa kabar soel? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa diberikan rahmat dan keistiqomahan dalam beribadah. Indahnya mengenyam pendidikan di pondok pesantren karena ane gak ngedapetin apa yang ane   rasakan selama ane belajar di pondok pesantren dan ane kangen masa – masa itu dimana mengantri adalah hal yang biasa ane temukan dalam semua kegiatan yang ada di pondok. Mau makan, mau mandi, mau cuci baju semua dilalui dengan antrian dan ane menikmati hal tersebut. Disini ane mau bahas salah satu pondok pesantren alumni  Gontor – Jawa timur. Pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup, tumbuhnya anak-anak yang mempunyai tujuan menuntut segala kekuatan  baik keinginan dan kebutuhan  ada pada masing – masng individual dan tak aneh jika saat ini banyak orang berbondong  bondong untuk melanjutkan pendidikan karena pendidikan adalah tuntutan, kebutuhan dan pendidikan itu penting. Pendidikan tidak hanya menjadi hak kalangan orang tertentu saja namun pendidikan menjadi hak seluruh kalangan, seluruh umat dan seluruh usia. Pendidikan terbagi menjadi berbagai tipe diantaranya pendidikan umum dan pendidikan keagamaan. Pondok Pesantren adalah salah satu lembaga yang memberikan pendidikan paket lengkap dimana tidak hanya memberikan pendidikan secara intelektual, namun juga memberikan pendidikan secara spiritual (agama). Pesantren yang telah hidup berabad-abad lamanya di Persada Ibu Pertiwi mempunyai tradisinya sendiri. Pendidikan dan Pengajaran tidak mempunyai batas waktu. Kyai sebagai gurunya senantiasa berada ditengah-tengah santrinya. Hubungan kyai dengan santrinya sangat erat sekali, bagaikan keluarganya sendiri. Para santri bukan saja menerima pelajaran-pelajaran dari kyainya, tapi juga mengikuti segala jejak langkahnya, dan disinlah terletak ruh pesantren. Santri-santri yang telah berpindah tempat, atau telah kembali ke kampungya atau menjadi orang yang lebih alim atau menjadi pembesar, tidaklah putus hubungan dengan kyainya itu. Tradisi diatas menimbulkan hal-hal yang baik, tapi juga menimbulkan hal-hal yang buruk, seperti timbulnya guruisme dan disebut  juga menurut istilah di Jawa Timur “guru kulo”, sehingga si santri tidak dapat menerima pendapat orang lain, jika pendapat itu bertentangan dengan gurunya.
Ane mau ngejelasin salah satu pondok alumni Gontor yang berlokasi di Sulawesi tepatnya di Ngata baru Biromaru Donggala Sulawesi Tengah 94364 dan di kota tersebut terdapat pondok pesantren alumni Gontor dan nama pondok pesantren tersebut adalah pondok pesantren Al-Istiqamah. Ngata Baru adalah salah satu desa yang terletak ± 14 Km ke aras Selatan Kota Palu dengan radius 4 Km dari perumahan penduduk Kelurahan Petobo. Tepatnya desa tersebut berada pedataran tinggi pegunungan Bulili. Namun ditempat inilah tepatnya pada tanggal 2 Mei 1993 KH. Muhammad Arif Siraj, Lc mulai "Babat Alas" mendirikan Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah di atas tanah pribadi seluas ± 3 ha. Sebenarnya rencana pendiriannya sudah dirintis sejak Maret 1993, sebagai niat yang kuat untuk mewujudkan cita-cita "Seribu Gontor" di indonesia, sebagai wadah yang mampu mebina dan mendidik generasi muda Islam dengan dasar Iman dan Taqwa agar mereka memiliki pengetahuan luas dan keterampilan hidup dan berdaya guna, sehingga dapat tampil sebagai muslim yang mampu menegakkan kalimat Allah SWT, dimanapun mereka berada.
Pada tanggal 11 Juli 1993, pondok ini memulakan program Pendidikan dan Pengajarannya. Murid baru pada tahun itu berjumlah 17 orang, sementara tingkat pendidikannya adalah Tarbiyatu-l-Muallimin Al-Islamiyyah (TMI) dengan lama belajar enam tahun bagi yang berijazah SD/MI dan empat tahun bagi yang berijazah SLTP/SMU/MA. Sedangkan sarana yang mendukung proses pendidikan pada waktu itu terdiri atas : 1 unit (2 lokal) asrama putera sekaligus Mushalla, 1 unit (2 lokal) asrama puteri sekaligus ruang kelas, 1 unit (3 lokal) ruang belajar, 1 unit rumah Kyai sekaligus asrama dewan guru, 1 buah bak air, dan 1 buah givak (tempat tinggal sementara tukang bangunan dan buruhnya) yang berfungsi sebagai dapur umum. Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah tidak mengakui adanya garis dikotomi antara ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum, akan tetapi keduanya dipadukan dan diajarkan secara penuh dengan perbandingan 100% ilmu pengetahuan agama dan 100% ilmu pengetahuan umum. Swdangkan metode pengajarannya dibidang ilmu agama dan bahasa asing (Arab dan Inggris) menggunanakan metode langsung (direct methode) tanpa terjemahan kedalam bahasa Indonesia atau yang lainnya. Adapun Tarbiyatul Muallimin Al-Islamiyyah adalah sekolah pendidikan guru Islam yang hampir sama dengan sekolah normal Islam di padang Panjang Sumatera Barat. Model ini kemudian dipadukan kedalam sistem Pendidikan Pondok Pesantren. Palajaran agama yang banyak diajarkan di beberapa Pesantren pada umumnya diberikan di kelas-kelas. Sementara pada saat yang sama para santri diharuskan tinggal di asrama dengan mempertahankan suasana dan jiwa kehidupan Pondok Pesantren. Proses pendidikan berlangsung 24 jam, sehingga segala yang dilihat, didengar, dan diperhatikan oleh santri di Pondok ini adalah untuk Pendidikan. Pendidikan keterampilan, latihan pidato, kepramukaan/kepanduan, olah raga, organisasi dan lain-lain merupakan bagian yang tak bisa terpisahkan dari kegiatan santri di Pondok.

Kehadiran pondok pesantren ini memberikan pengaruh besar di lingkungan ini. Dengan adanya pondok pesantren ini memunculkan minat dari masyarakat untuk berbondong – bondong mendaftarkan sanak saudaranya untuk masuk dan belajar di lembaga pendidikan ini dan hal ini terbukti dengan adanya peningkatan jumlah santri – santrinya dari tahun ke tahun dan perkembangan ini sangat mengembirakan dan benar – benar disyukuri oleh pendiri dan pengasuh lembaga pendidikan ini dan harapan dari Pondok ini kedepan adalah peran serta elemen masyarakat dan instansi-instansi terkait untuk ikut terlibat langsung dan secara nyata memperhatikan dan membantu pengembangan, perkembangan dan kemajuan Pondok ini dimasa yang akan datang. Karena pada hakekatnya Pondok ini adalah wakaf dan milik umat yang tentunya menjadi tanggungjawab seluruh Umat Islam demi tercapainya tujuan proses Pendidikan Islam sebagaimana yang telah dicanangkan.

Informasi itu saja yang bisa ane bagikan dan semoga bermanfaat buat teman – teman yang berdomisili di kota tersebut dan bisa dijadikan referensi buat mengeyam pendidikan ke lembaga pendidikan pondok pesantren.

Salam Sejahtera
Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...
« Last Edit: 25 Aug, 2018, 08:12:57 by Admin »