Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Bengkulu 
Pondok Pesantren Al-Hasanah di Bengkulu
Pages: [1]

(Read 699 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2592
  • Logged
Pondok Pesantren Al-Hasanah di Bengkulu
« on: 08 Mar, 2018, 14:43:05 »


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...
Bismillahirohmanirohim...
Hai para alumnus Pondok pesantren..
Apa kabar soel? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa diberikan rahmat dan keistiqomahan dalam beribadah. Pendidikan pondok pesantren (ponpes) merupakan model pendidikan Islam yang banyak dipakai dan berlaku di beberapa negara Islam. Bahkan telah dipakai juga di Negara-negara non muslim dengan memakai sistem boarding school, pendidikan berasrama selama 24 jam. Namun di negara-negara itu, pendidikan boarding school telah banyak mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat, sedangkan lembaga pendidikan ponpes di Indonesia masih mengalami pasang surut, bahkan lebih banyak yang kurang eksis dan belum mampu berkembang pesat sebagaimana lembaga pendidikan serupa di negara-negara lainnya. Seperti halnya kondisi ponpes pada umumnya di Indonesia yang selalu mengalami pasang surut, ponpes yang berada di provinsi sumatera juga demikian. Istilah Pondok Pesantren sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat umum karena lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren, Awal mula pondok pesantren berasal dari ada seorang ulama, kemudian masyarakat sekitar datang ingin belajar kepada ulama tersebut. Semakin banyak yang ingin belajar, semakin banyak pula yang berasal dari daerah lain. Akhirnya para murid tadi mendirikan pondok untuk tempat tinggal selama belajar pada ulama tersebut.Jadi yang mendirikan pondok tadi adalah murid, bukan ulamanya. Seiring dengan tuntutan masyarakat dan laju perkembangan zaman, pondok pesantren terus mengembangkan diri dan menyesuaikan program-program pendidikan agar tetap eksis dan mampu menjadi agen perubahan nilai-nilai kemasyarakatan dan budaya bangsa. Dalam sejarah bangsa Indonesia, pondok pesantren telah berhasil melahirkan tokoh-tokoh nasional yang banyak berperan dalam proses mencerdaskan bangsa. Para alumninya banyak tersebar di berbagai sektor kehidupan, ikut serta dalam pembangunan dan pengembangan masyarakat. Dengan bekal mental “berdikari” yang diperoleh dari pesantren, banyak santri yang menjadi orang sukses dalam berbagai bidang kehidupan. Selain itu, banyak pula alumni pesantren mendirikan pesantren-pesantren baru di daerahnya, sehingga kini telah tersebar di seluruh pelosok tanah air.
Pondok pesantren yang ada di provinsi Sumatera juga pastinya mengalami pasang surut dan salah satu dari pondok pesantren tersebut merupakan pondok pesantren alumni Gontor – Jawa timur dan ane mau ngasih sedikit informasi tentang pondok pesantren tersebut dan nama pondok pesantren tersebut adalah pondok pesantren Al-Hasanah. PonPes Al-Hasanah adalah sebuah pesantren modern yang terletak di Ds.Talang Pauh Kec.Pondok Kelapa Kab.Bengkulu Tengah. Pondok Pesantren didirikan pada tahun 1991 oleh Hj. Husainah Hasan, BA dan Drs. H. Hasymi Lain, sekarang pondok pesantren ini dipimpin oleh KH. Irham Hasymi, Lc, M.Pd yang merupakan anak dari Hj. Husainah itu sendiri dan Pondok pesantren ini berada dibawah Yayasan Al-Hasanah yang dibina oleh Hj. Husainah Hasan, BA. Pondok pesantreb Al – Hasanah ini berlokasi di Desa Pasar Pedati Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah. Berawal dari keprihatinan terhadap kondisi umat Islam, rasa tanggung jawab terhadap agama  dan untuk ikut serta membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dari itu, keluarga besar Bp. Drs. H. Hasymi Lain dan istrinya Hj. Husainah Hasan, BA merasa terpanggil untuk berperan serta secara aktif melalui dunia pendidikan. Cikal bakal Ponpes Al Hasanah ditandai dengan didirikannya Madrasah Tsanawiyah Al Hasanah yang dikepalai oleh M. Edi S. Pd pada 1991 dengan murid perdananya sebanyak 16 orang putra dan putri. Seiring berjalannya waktu, sambutan masyarakat terhadap ponpes Al Hasanah sangat menggembirakan. Peningkatan jumlah santri yang masuk dari tahun ke tahun meningkat dan sekarang sudah tersedia asrama bagi para santri dengan berbagai perangkat peraturan demi menunjang kedisiplinan dan keteraturan pesantren. Pondok Pesantren Al Hasanah semenjak berdirinya hingga sekarang tidak bernaung di bawah organisasi-organisasi kemasyarakatan, keagamaan, parpol dan lain sebagainya. Pesantren ini adalah pesantren yang sangat masyhur di Bengkulu karena selain unggul dalam bidang agama, pesantren ini juga unggul dalam bidang bahasa dan IPTek. Prestasi-prestasi dalam bidang agama sudah banyak diraih bahkan dalam bidang IPTek seperti mewakili Provinsi Bengkulu dalam Kompetisi Sains Nasional (KSM) yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama dalam bidang Ekonomi dan Geografi pada tahun 2013.
Pondok pesantren Al – hasanah ini sama halnya dengan pondok pesantren lain pada umumnya dimana pastinya adanya sebuah kegiatan dan program pendidikan yang diberikan dan lembaga pendidikan ini memberikan program pendidikan dan kegiatan baik kegiatan formal atau non formal. Dan kegiatan formal yang diselenggarakan di pondok pesantren Al – Hasanah ini meliputi beberapa program yaitu Pesantren ini membawahi Madrasah Tsanawiyah/MTs (setingkat SLTP) dan Madrasah Aliyah/MA (setingkat SLTA) dan dipimpin oleh Deri Fachri, S.Pi yang merupakan kakak kandung dari KH. Irham Hasymi. Adapun kegeiatan – kegiatan diluar sekolah yang juga diselenggarakan oleh lembaga pendidikan ini, diantara lain:
1.   Sholat Berjama'ah
2.   Tadarus Al-Qur'an & Hifzhil Qur'an
3.   Tanzhiful 'Amm
Tanzhiful 'Amm atau kebersihan umum adalah hal yang wajib diikuti santri selama menuntut ilmu disana. Biasanya santri-santri sudah dibagi oleh Qismu An-Nadhofah (seksi kenersihan) perkelompok untuk membersihkan suatu tempat, misalnya masjid, WC masjid, kamar mandi, halaman ma'had, fina'ul fushul dsb. Ya selain membersihkan pondok santri juga dituntut untuk bersih-bersih badan sekaligus siap-siap buat belajar di kelas.
4.   Tanawalul Futhur, Goda' & 'Asya
Tanawalul Futhur atau biasanya disebut dengan sarapan pagi ini biasanya dilakukan setelah lonceng makan berbunyi, ya pastinya gak boleh ada yang telat. kalau ada yang telat bisa kena marah sama ibu dapur tuh. Ya begitu pula dengan makan siang (Goda') dan malam (Asya').
5.   Berbahasa Resmi
Dalam kegiatan sehari-hari, santri Al-Hasanah diwajibkan menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Arab dan Inggris. Kegiatan ini berlangsung 24 jam setiap harinya kecuali pada hari miggu.
6.   Les dan Jam Tambahan Belajar
7.   Ekstrakulikuler
8.   Ba'da Maghrib
Kegiatan ba'da maghrib biasanya berupa penyetoran hafalan al-qur'an. Beda angkatan beda pula target hafalannya. Biasanya untuk kelas tujuh atau sepuluh itu target nya berupa juz 30, dan untu kelas delapan atau sebelas nambah lagi satu juz atau lebih dan seterusnya sampai lulus.

9.   Ba'da Isya'
Setelah Isya santri diwajibkan untuk belajar diluar asrama sampai jam sepuluh.
10.   Istirahat
Informasi itu saja yang bisa ane bagikan dan semoga bermanfaat buat teman – teman yang berdomisili di kota tersebut dan bisa dijadikan referensi buat mengeyam pendidikan ke lembaga pendidikan pondok pesantren. Alamat lengkap dari pondok pesantren ini di Jl. Talang Pauh, Ps. Pedati, Pd. Klp., Kabupaten Bengkulu

Salam Sejahtera
Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...
« Last Edit: 21 Aug, 2018, 05:54:21 by Admin »