Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Knowledge  Bahasa Arab 
PENERAPAN METODE LANGSUNG PADA PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS I DI MADRASAH IBT
Pages: [1]

(Read 768 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2615
  • Logged


PENERAPAN METODE LANGSUNG PADA PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUSSALAM SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2010- 2011

   Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang berasaskan Islam merupakan lembaga pendidikan formal yang di dalamnya diajarkan pengetahuan tentang Bahasa Arab.  Pelajaran Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang wajib dilaksanakan dan diikuti oleh setiap siswa yang belajar di madrasah. Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam merupakan lembaga pendidikan Islam yang didalamnya diajarkan Bahasa Arab, dengan kurikulum 2006 yang lebih dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memberikan hak pengelolaan kurikulum di setiap satuan pendidikan (lembaga pendidikan/ sekolah. Tenaga pengajar seluruhnya dari dalam pondok Modern Darussalam Gontor Putri dengan metode yang digunakan dalam pengajaran bahasa adalah metode langsung atau direct method. Dari penjelasan ini, maka penulis ingin membahas tentang penerapan metode langsung dalam pengajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam, penulis membatasi lingkup pembahasan dengan memilih kelas I MI Nurussalam sebagai objek penelitian, pengajaran bahasa arab dikelas ini sangat penting, karena merupakan tahap perkenalan bahasa Arab.
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui penerapan metode langsung dalam pengajaran bahasa Arab di Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Sambirejo Mantingan Ngawi tahun pelajaran 2010- 2011 dan langkah- langkah guru dalam menerapkan metode langsung dalam pengajaran Bahasa Arab di kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam tahun pelajaran 2010- 2011.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Untuk mencapai apa yang telah dijadikan tujuan sebagaimana di atas, peneliti menggunakan metode observasi non participant, wawancara dan metode dokumentasi dalam pengumpulan data. Kemudian penulis menggunakan metode Miles dan Huberman dengan teknik analisis data yang digunakan adalah: pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan.
Akhirnya, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa metode langsung dalam pengajaran Bahasa Arab di kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Sambirejo Mantingan Ngawi diterapkan melalui Psychological Method dan Natural Method. Dengan langkah – langkah pengajarannya yaitu persiapan, penyajian bahan pelajaran, dan aplikasi/ penerapan dengan soal latihan. 
Dengan selesainya penelitian ini diharapkan kepada: (1) guru MI Nurussalam untuk menjauhi bahasa terjemah dalam pegajaran Bahasa Arab khususnya di kelas satu; (2) guru pengajar Bahasa Arab di kelas satu untuk mendalami tiga metode yang mengacu pada metode langsung.
ملخص
تنفيذ الطريقة المباشرة في تعليم اللغة العربية في الفصل الأول في مدرسة نور السلام الابتدائية بسمبيريجو مانتينجان نجاوي العام الدراسي : "2010/ 2011"

لقد جعلت المدرسة بوصفها مؤسسة تعليمية إسلامية اللغة العربية مادة إجبارية لابد من تعلمها لدى كل طالب. ومدرسة نور السلام الابتدائية إحدى المداريس الإسلامية جعلت اللغة العربية مادة إجبارية لابد من تعلمها، تبعا لذلك منهج دراسي عام:2006، معروف لدى التربويـين باسم منهج الدارسة المؤسس على الوحدة التعليمية (KTSP) الذي يوفر لكل المؤسسة التعليمية أو المدرسة حق إدارة المنهج الدارسي والتعليم بها. ومدرسة اللغة العربية في مدرسة نور السلام الابتدائية هم المتخرجات معهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية، فالطريقة المباشرة مختارة لتعليم طلابه اللغة. بناء على ذلك، قامت الباحثة بالبحث عن تنفيذ الطريقة المباشرة في تعليم اللغة العربية في مدرسة نور السلام الابتدائية، واختارت الباحثة الفصل الأول لأنهم مرحلة المبتدئة للتعارف اللغة العربية في هذه المدرسة.
والهدف من هذا البحث هوالكشف عن كيفية تنفيذ الطريقة المباشرة في تعليم اللغة العربية في الفصل الأول في مدرسة نور السلام الابتدائية.و معرفة عن خطوات مدرسي اللغة العربية في تنفيذ الطريقة المباشرة في تعليم اللغة العربية في الفصل الأول في مدرسة نور السلام الابتدائية بسمبيريجو مانتينجان نجاوي العام الدراسي: 2010- 2011.
وهذا البحث هو بحث كيفي ميداني ومجال البحث بجث تحليلي وصفي، ولتحقيق الأهداف ما تم على النحو المذكور أعلاه، قامت الباحثة باستخدام الوثائق المكتوبة، والملاحظة والمقابلة. في طريقة جمع البيانات استخدامت منهج ميليس (Miles) وهوبرمان (Huberman) تشمل على ثلاث خطوات هي: (1)تخفيض البيانات (2)عرض البيانات (3)أخذ الإستنباط والتحقيق.
وأخيرا ، استخلصت الباحثة أن تنفيذ الطريقة المباشرة في تعليم اللغة العربية في الفصل الأول في مدرسة نور السلام الابتدائية تستخدم الطريقة النفسية أوالسيكولوجية  (Psychological  Method ) والطريقة الطبيعية (Natural Method). وخطوات مدرسات اللغة العربية في تنفيذ الطريقة المباشرة في تعليم اللغة العربية في الفصل الأول في مدرسة نور السلام الابتدائية هي: المقدمة والعرض والتطبيق أى المراجعة.
مؤسسا على النتيجة السابقة فترجو الباحثة: (1) ينبغي لكل مدرسات اللغة العربية في مدرسة نور السلام الابتدائية أن تبتعد لغة الترجمة في تعليم اللغة العربية خاصة في الفصل الأول؛ (2) ينبغي لكل مدرسات اللغة العربية في الفصل الأول في مدرسة نور السلام الابتدائية على تولية ثلاث طرق التي أدت إلى ظهور الطريقة المباشرة لتعليم اللغة العربية.