Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Riau 
Profil Pondok Pesantren Modern Al-Jauhar Bengkalis Riau
Pages: [1]

(Read 1446 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2544
  • Logged


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...
Bismillahirohmanirohim...
Hai para alumnus Pondok pesantren..
Apa kabar soel? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa diberikan rahmat dan keistiqomahan dalam beribadah. Pendidikan pondok pesantren (ponpes) merupakan model pendidikan Islam yang banyak dipakai dan berlaku di beberapa negara Islam. Bahkan telah dipakai juga di Negara-negara non muslim dengan memakai sistem boarding school, pendidikan berasrama selama 24 jam. Namun di negara-negara itu, pendidikan boarding school telah banyak mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat, sedangkan lembaga pendidikan ponpes di Indonesia masih mengalami pasang surut, bahkan lebih banyak yang kurang eksis dan belum mampu berkembang pesat sebagaimana lembaga pendidikan serupa di negara-negara lainnya. Seperti halnya kondisi ponpes pada umumnya di Indonesia yang selalu mengalami pasang surut, ponpes yang berada di provinsi sumatera juga demikian. Istilah Pondok Pesantren sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat umum karena lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren, Awal mula pondok pesantren berasal dari ada seorang ulama, kemudian masyarakat sekitar datang ingin belajar kepada ulama tersebut. Semakin banyak yang ingin belajar, semakin banyak pula yang berasal dari daerah lain. Akhirnya para murid tadi mendirikan pondok untuk tempat tinggal selama belajar pada ulama tersebut.Jadi yang mendirikan pondok tadi adalah murid, bukan ulamanya. Seiring dengan tuntutan masyarakat dan laju perkembangan zaman, pondok pesantren terus mengembangkan diri dan menyesuaikan program-program pendidikan agar tetap eksis dan mampu menjadi agen perubahan nilai-nilai kemasyarakatan dan budaya bangsa. Dalam sejarah bangsa Indonesia, pondok pesantren telah berhasil melahirkan tokoh-tokoh nasional yang banyak berperan dalam proses mencerdaskan bangsa. Para alumninya banyak tersebar di berbagai sektor kehidupan, ikut serta dalam pembangunan dan pengembangan masyarakat. Dengan bekal mental “berdikari” yang diperoleh dari pesantren, banyak santri yang menjadi orang sukses dalam berbagai bidang kehidupan. Selain itu, banyak pula alumni pesantren mendirikan pesantren-pesantren baru di daerahnya, sehingga kini telah tersebar di seluruh pelosok tanah air.
Pondok pesantren di provinsi sumatera ini juga mengalami pasang surut dan disini juga ada pondok pesantren alumni Gontor yang sampai sekarang masih berkembang. Nama pondok pesantren tersebut adalah pondok pesantren Al-Jauhar dan pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Asrama Tribrata Pematang Pudu, Duri, Kec. Mandau, Bengkalis Riau 28784. Pondok pesantren Al-Jauhar adalah sebuah Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Modern yang bervisi “ Menjadi Pondok Modern terkemuka di Indonesia”, sebagai Pondok binaan KMI Gontor dan DEPAG. Dalam umurnya yang sudah memasuki 20 Tahun, Pondok Modern Al-Jauhar semakin memantapkan eksistensi dan peranannya dalam pendidikan terutama di kawasan Duri dan sekitarnya. Dibawah pengelolaan Yayasan Ikatan Keluarga Haji Duri ( IKHD ), saat ini Pondok Modern Al-Jauhar membuka sekolah-sekolah dari jenjang pendidikan Play Group,TK IT,SD IT, sampai dengan tingkat KMI atau sederajat dengan Madrasah Aliyah (MA). Dalam pengembangannya Pondok Modern Al-Jauhar tetap mengelola Panti Asuhan Al-Jauhar dengan jumlah anak  sebanyak 225 anak.Sistim pendidikan di Pondok Modern Al-Jauhar adalah sistem pendidikan asrama yang terpadu, dimana seluruh santri tinggal dalam kampus selama 24 jam. Sedikit ane mau menjelaskan tentang lembaga pendidikan pondok pesantren Al- jauhar dari detail lembaga pendidikannya, kurilkulumnya, tenaga pengajarnya serta visi dan misi dari lembaga pendidikan ini.
Lembaga pendidikan pondok pesantren Al – Jauhar memiliki beberapa jenjang pendidikan yang sudah sempet ane bahas diatas dan ane mau jelasin secara detail nih. Jenjang pendidikan di Pondok Modern Al-Jauhar adalah Kulliyatul-Mu’allimin-islamiyah (KMI) dengan dua program:
1.   Program regular bagi tamatan SD/MI
2.   Program intensive bagi tamatan SMP/MTs
Dan jenjang pendidikan ini menggunakan kurikulum perpaduan secara terpadu antara kurikulum Pondok Modern Gontor dan Kemenag,Kemendikbud. Selain jenjang pendidikan dan kurikulum yang digunakan di lembaga pendidikan ini. Tujuan pendidikan Pondok Modern Al Jauhar  adalah membentuk pribadi beriman, bertakwa dan berakhlaq karimah yang dapat mengabdi pada umat dengan penuh keikhlasan dan berperan aktif dalam memberdayakan masyarakat. Untuk itu, sejak awal mula berdirinya, Pondok Modern Al Jauhar  telah mencanangkan bahwa “pendidikan lebih penting daripada pengajaran”.
Secara garis besar, arah dan tujuan pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Al Jauhar  adalah sebagai berikut ;
1.  Pendidikan Kemasyarakatan
   Berlandaskan semboyan, “Muslim yang berbaur dengan orang lain dan bersabar dalam menghadapi mereka, lebih baik dari pada muslim yang tidak berbaur dengan manusia dan tidak bersabar atas penderitaan mereka,” Pondok Modern Al Jauhar  menjadi laboratorium kehidupan bagi santri-santrinya. Berbagai macam hal yang akan dihadapi santri di masyarakat, dikenalkan kepada mereka sejak dini.
2.  Kesederhanaan
Pondok Modern Al Jauhar  mendidik para santrinya untuk hidup dengan sederhana. Sikap kesederhanaan yang berarti menjalani pola hidup wajar dan tidak berlebihan. Sederhana tidak berarti pasif atau nerimo, tidak juga berarti miskin atau melarat. Justru dalam jiwa kesederhanaan itu terdapat nilai-nilai kekuatan, kesanggupan, ketabahan dan penguasaan diri dalam menghadapi perjuangan hidup.
3. Tidak Berpartai
   Pondok Modern  Al Jauhar  adalah lembaga pendidikan murni yang tidak berafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi kemasyarakatan apapun.
4.  Menuntut ilmu karena Allah.
Pondok Modern  Al Jauhar  memiliki sikap bahwa pendidikan adalah sarana untuk ibadah thalabul Ilmi, dan bukannya sarana untuk memperoleh ijazah sehingga dapat menjadi pegawai. Hal ini tercermin dalam langkah Pondok Modern untuk mendidik santrinya dengan pendidikan berbasis kecakapan mental. Pondok Modern Al Jauhar  berkeyakinan bahwa dengan menanamkan mental skill yang kuat, maka para santrinya memiliki jiwa kemandirian yang tinggi. Dengan demikian, Pondok Modern Al Jauhar  mendidik santrinya untuk lebih mencintai ilmu. Karena menuntut ilmu merupakan bentuk ibadah kepada Allah.
Ada beberapa keunggulan yang tidak dimiliki dari lembaga pendidikan lainnya dan keunggulan lembaga pendidikan pondok pesantren Al- Jauhar diantaranya:
1. Berasrama ( pendidikan terpadu 24 jam )
2. Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa komunikasi harian.
3. Program tahfidz Al-Qur’an.
4. Tempat kaderisasi guru islam.
5. Program kemandirian ( life skill )
Sama halnya dengan lembaga pendidikan pada umumnya yang memiliki visi dan misi untuk mencapai sebuah tujuan dan target dari berdirinya lembaga pendidikan ini dan berikut visi dan misi dari pondok pesantren Al-Jauhar:
VISI
Menjadi Lembaga pendidikan terkemuka pada Tahun 2020 di Indonesia.
MISI
1. Mencetak kader-kader pemimpin umat yang memiliki wawasan keislaman yang integral
2. Mencetak kader-Kader umat yang berbudi tinggi, berbadan sehat,berpengetahuan luas dan berpikiran bebas.
3. Mencetak kader-kader yang hafal Al-Qur’an minimal 6 juz.
4. Meningkatkan prestasi akademik kelulusan
Disamping itu, tenaga pendidik dari pondok pesantren Al-Jauhar bukan dari orang biasa, namun tenaga pendidik yang ada di pondok pesantren Al-Jauhar ini para alumni dari  S1 dan S2 dan berikut ane informasikan detailnya:
Para pendidik alumnus ( S-1 ) dari :
ISID PM.GONTOR
IPB BOGOR BUNG HATTA
UNRI
UNMUH POGOROGO
UNILAK
UNP
AMIK MITRAGAMA
STAI HUBBUL WATHAN

Para pendidik alumnus ( S-2 ) dari :
Pasca UIN SUSKA RIAU sebayak 5 orang.
Guru yang telah disertifikasi :
Sebanyak 12 orang.
Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi buat teman – teman yang lain dan untuk informasi lebih lanjut bisa akses langsung ke website resminya di www.aljauhar.com.
Wassalamualikum Warohmatullohi Wabarokatuh…
« Last Edit: 21 Aug, 2018, 05:52:41 by Admin »