Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Kalimantan Timur 
Profil Pondok pesantre modern Ibadurrahman di Kutai Kertanegara Kalimantan Timur
Pages: [1]

(Read 2165 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2544
  • Logged


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...
Bismillahirohmanirohim...
Hai para alumnus Pondok pesantren..
Apa kabar soel? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa diberikan rahmat dan keistiqomahan dalam beribadah. Pendidikan pondok pesantren (ponpes) merupakan model pendidikan Islam yang banyak dipakai dan berlaku di beberapa negara Islam. Bahkan telah dipakai juga di Negara-negara non muslim dengan memakai sistem boarding school, pendidikan berasrama selama 24 jam. Namun di negara-negara itu, pendidikan boarding school telah banyak mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat, sedangkan lembaga pendidikan ponpes di Indonesia masih mengalami pasang surut, bahkan lebih banyak yang kurang eksis dan belum mampu berkembang pesat sebagaimana lembaga pendidikan serupa di negara-negara lainnya. Seiring dengan tuntutan masyarakat dan laju perkembangan zaman, pondok pesantren terus mengembangkan diri dan menyesuaikan program-program pendidikan agar tetap eksis dan mampu menjadi agen perubahan nilai-nilai kemasyarakatan dan budaya bangsa. Dalam sejarah bangsa Indonesia, pondok pesantren telah berhasil melahirkan tokoh-tokoh nasional yang banyak berperan dalam proses mencerdaskan bangsa. Para alumninya banyak tersebar di berbagai sektor kehidupan, ikut serta dalam pembangunan dan pengembangan masyarakat. Dengan bekal mental “berdikari” yang diperoleh dari pesantren, banyak santri yang menjadi orang sukses dalam berbagai bidang kehidupan. Selain itu, banyak pula alumni pesantren mendirikan pesantren-pesantren baru di daerahnya, sehingga kini telah tersebar di seluruh pelosok tanah air.
Pondok pesantren alumni Gontor yang tersebar dibeberapa kota tidak hanya ada di provinsi Jawa Barat, Jawa tengah ataupun Jawa Timur namun juga ada yang berlokasi di Luar Jawa dan yang mau ane jelaskan kali ini pondok pesantren alumni yang berlokasi di Kalimantan tepatnya di kutai kertanegara. Pondok pesantren ini bernama pondok pesantren Ibadurrahman. Pondok modern Ibadurrahman terletak di lokasi Tenggarong Sebrang, Teluk Dalam Kabupaten Kutai Kartanegara Desa Bangun Rejo LIII blok C , pondok modern Ibadurrahman berdiri sejak tahun 1992 dan pondok modern Ibadurrahman dipimpin dan dikelola oleh Dr.KH.Elwansyah Elham beserta para ustad dan ustadzah yang bermukim di dalam lingkungan pondok pesantren, kegiatan di pondok ini sangat berdisiplin terutama dalam bahasa, karena santriwan dan santriwatinya wajib berbahasa Arab dan Inggris sebagai pengantar komunikasi serta beberapa pelajaran buku – buku klasik, kegiatan ektrakulikulernya pun beragam seperti : pidato 3 bahasa, pramuka, muhadatsah atau percakapan bahasa asing, olahraga, ilmu bela diri (tenaga dalam), dll. Dan program tahunanya seperti : Pertemuan Wali Santri, Khutbatul ‘Arsy (Apel Tahunan), PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni), PENSI(Pentas Seni),Volk Song, Tadabur Alam, Lomba Pidato 3 bahasa, dll. Lembaga pendidikan pendidikan pondok modern Ibadurrahman memiliki beberapa lembaga pendidikan,  terbagi menjadi Lembaga formal dan lembaga non formal yaitu :
Lembaga formal yang diselenggarakan disini ada empat jenjang pendidikan, berikut ane jelaskan:
1.   KMI ( Kulliyatul Mu’alimin  Al-Islamiyah) setara dengan MA/aliyah/SMA
Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI) adalah Sekolah Pendidikan Guru Islam mengadopsi dari KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo yang kemudian dipadukan dengan model pendidikan pondok pesantren. Pelajaran agama, seperti yang diajarkan di beberapa pesantren pada umumnya, diajarkan di kelas-kelas. Namun pada saat yang sama para santri tinggal di dalam asrama dengan mempertahankan suasana dan jiwa kehidupan pesantren. Proses pendidikan berlangsung selama 24 jam. Pelajaran agama dan umum diberikan secara seimbang dalam jangka 6 tahun. KMI Ibadurrahman berdiri pada tanggal 1 Juni 1993.sesuai dengan visi dan misinya (membentuk kaderasi guru muslim yang mempunyai kemampuan, keterampilan, dan kecakapan dalam mendidik dirinya khususnya, dan masyarakat umumnya), program ini diharapkan dapat menjadi salah satu  unggulan bagi masyarakat untuk memberikan pendidikan bagi anaknya.

2.   MTs (Madrasah Tsanawiyah) setara dengan SMP
3.   SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu)
4.   PAS (Pesantren Anak Sholeh)
5.   Play Group ( PG )

Sedangkan untuk lembaga pendidikan Non – Formal yang ada di lembaga pendidikan ini terbagi menjadi dua dan ane juga mau ngejelasain ke antum semua secara singkat.

1.   LTR (Lembaga Terapi dan Rehabilitasi)
Lembaga Terapi dan Rehabilitasi ( LTR ) Pondok Modern IBADURRAHMAN adalah wadah penanganan dan pembinaan korban NAPZA dan penyandang masalah sosial lainnya, dalam hal ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian mengingat semakin banyaknya jatuh korban, dampak persoalan degradasi kesadaran manusia, dimana dizaman yang semakin modern di era globalisasi sekarang ini perhatian manusia lebih banyak dipengaruhi nilai-nilai hedonisme, kompetisi, krisis ekonomi, yang bagi sebagian manusia menjadi ancaman dalam menghadapi masa depan yang mengakibatkan ketidak seimbangan psikis, jati diri, penyalahgunaan NAPZA, penyakit-penyakit kronis jasmani maupun rohani.
2.   MDI (Madrasah Diniyah Islamiyah)
3.   Ma`had Tahfidzl Qur`an ( MTQ )


Untuk mendukung segala aktifitas yang ada di pondok modern Ibadurrahman baik kegiatan ekstrakulikuler, jenjang pendidikan formal ataupun jenjang pendidikan non-formal diperlukan yang namanya sarana dan prasarana serta fasilitas agar tercapainya target dari sebuah kegiatan dari lembaga pendidikan tersebut. Adapun fasilitas yang ada di pondok pesantren modern Ibadurrahman, diantaranya:
Masjid, Asramah, kelas khusus putra dan putri, lapangan olahraga, Lab Komputer, Kantin, Koperasi, Laboratirum alam, Guidance and counciling, security (pengamatan) 24 jam/sehari, lingkungan belajar luas 11ha, Wisma, Wisata religi, Rekreasi dan relaksasi, Kios menjahit, Barber, Dapur umum dan Air Minum mineral.

Semoga informasi sedikit ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi buat teman – teman yang lain yang ingin merasakan mengenyam pendidikan di lembaga yang berbasis pondok pesantren. Untuk informasi lebih lanju, bisa datang langsung ke pondok pesantren ini yang berlokasi di KH Tsani Karim, Tenggarong Seberang, Timbau, Kutai Kertanegara, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75513 atau menghubungi ke nomer telephone 0852-4625-4276.
Salam sejahtera dan salam ukhuwah….
Wassalamualikum Warohmatullohi Wabarokatuh…
« Last Edit: 25 Aug, 2018, 08:11:33 by Admin »