Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Nusa Tenggara Barat 
Profil Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain Lombok Barat Nusa Tenggara Barat
Pages: [1]

(Read 1337 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2544
  • Logged


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...
Bismillahirohmanirohim...
Hai para alumnus Pondok pesantren..
Apa kabar soel? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa diberikan rahmat dan keistiqomahan dalam beribadah. Pendidikan pondok pesantren (ponpes) merupakan model pendidikan Islam yang banyak dipakai dan berlaku di beberapa negara Islam. Bahkan telah dipakai juga di Negara-negara non muslim dengan memakai sistem boarding school, pendidikan berasrama selama 24 jam. Namun di negara-negara itu, pendidikan boarding school telah banyak mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat, sedangkan lembaga pendidikan ponpes di Indonesia masih mengalami pasang surut, bahkan lebih banyak yang kurang eksis dan belum mampu berkembang pesat sebagaimana lembaga pendidikan serupa di negara-negara lainnya. Seiring dengan tuntutan masyarakat dan laju perkembangan zaman, pondok pesantren terus mengembangkan diri dan menyesuaikan program-program pendidikan agar tetap eksis dan mampu menjadi agen perubahan nilai-nilai kemasyarakatan dan budaya bangsa. Dalam sejarah bangsa Indonesia, pondok pesantren telah berhasil melahirkan tokoh-tokoh nasional yang banyak berperan dalam proses mencerdaskan bangsa. Para alumninya banyak tersebar di berbagai sektor kehidupan, ikut serta dalam pembangunan dan pengembangan masyarakat. Dengan bekal mental “berdikari” yang diperoleh dari pesantren, banyak santri yang menjadi orang sukses dalam berbagai bidang kehidupan. Selain itu, banyak pula alumni pesantren mendirikan pesantren-pesantren baru di daerahnya, sehingga kini telah tersebar di seluruh pelosok tanah air.
Pondok pesantren alumni Gontor yang tersebar dibeberapa kota tidak hanya ada di provinsi Jawa Barat, Jawa tengah ataupun Jawa Timur namun juga ada yang berlokasi di Luar Jawa dan yang mau ane jelaskan kali ini pondok pesantren alumni yang berlokasi di Lombok Barat dan nama pondok pesantren tersebut adalah Nurul Haramain dan pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Tegal Banyu No. 1 Desa. Lembuak Kec. Narmada Kab. Lombok Barat Prop. NTB 83371. Keberadaan pondok pesantren Nurul Haramain, tidak bisa dipisahkan dengan sejarah perjalanan Pondok Pesantren Nashdlatul Wathan Narmada sebagai Induknya. Adalah pada tahun lima puluhan, masyrakat Narmada bermaksud mengadakan perubahan dalam kehidupan mereka, terutama dalam bidang kehidupan beragama. Ketika itu mereka memang sudah mengenal dan mengamalkan ajaran agama, akan tetapi masih banyak kekurangan dan kelemahan. Apa yang mereka lakukan dan amalkan atas nama agama, ternyata banyak yang bukan merupakan ajaran agama. Tidak sedikit dari yang mereka yakini ataupun amalkan adalah paham leluhur dan animisme yang mereka anggap sebagai ajaran agama. sehingga, dalam kehidupan beragama mereka banyak melakukan penyimpangan dari ajaran agama yang benar, salah satu contoh dari penyimpangan mereka adalah ‘watu telu’ (shalat 3 waktu). Ponpes Nurul Haramain berdiri pada 1951 atas permintaan masyarakat kepada almarhum Mawlānāsysyāikh Tuan Guru Kyai Hajjī Muhammād Zainuddīn Abdul Madjīd, atau Tuan Guru Pancor, pendiri Nahdlathul Wathan (NW) di Pancor, Lombok Timur. Maka Tuan Guru Pancor menugasi dua guru muda yakni Ustadz Muhammad Djuaini Mukhtar dan Ustadz Ma’ad bin H. dengan misi memberikan pengajaran agama Islam kepada masyarakat dengan mendirikan madrasah.
Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada menekankan pada pembentukan pribadi mukmin muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas. Kriteria atau sifat-sifat utama ini merupakan motto pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada.
1.   Berbudi tinggi
Berbudi tinggi merupakan landasan paling utama yang ditanamkan oleh Pondok ini kepada seluruh santrinya dalam semua tingkatan, dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi. Realisasi penanaman motto ini dilakukan melalui seluruh unsur pendidikan yang ada.
2.   Berbadan Sehat
Tubuh yang sehat adalah sisi lain yang dianggap penting dalam pendidikan di Pondok ini. Dengan tubuh yang sehat para santri akan dapat melaksanakan tugas hidup dan beribadah dengan sebaik-baiknya. Pemeliharaan kesehatan dilakukan melalui berbagai kegiatan olahraga, dan bahkan ada olahraga rutin yang wajib diikuti oleh seluruh santri sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
3.   Berpengetahuan Luas
Para santri di Pondok ini dididik melalui proses yang telah dirancang secara sistematik untuk dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mereka. Santri tidak hanya diajari pengetahuan, lebih dari itu mereka diajari cara belajar yang dapat digunakan untuk membuka gudang pengetahuan. Pimpinan sering berpesan bahwa pengetahuan itu luas, tidak terbatas, tetapi tidak boleh terlepas dari berbudi tinggi, sehingga seseorang itu tahu untuk apa ia belajar serta tahu prinsip untuk apa ia manambah ilmu.
4.   Berpikiran Bebas
Berpikiran bebas tidaklah berarti bebas sebebas-bebasnya (liberal). Kebebasan di sini tidak boleh menghilangkan prinsip, teristimewa prinsip sebagai muslim mukmin. Justru kebebasan di sini merupakan lambang kematangan dan kedewasaan dari hasil pendidikan yang telah diterangi petunjuk ilahi (hidayatullah). Motto ini ditanamkan sesudah santri memiliki budi tinggi atau budi luhur dan sesudah ia berpengetahuan luas.
Pondok pesantren Nurul Haramain tidak hanya memiliki motto yang diterapkan melainkan ada panca jiwa juga yang diharuskan santri – santrinya memahami atas dasar apa pondok pesantren ini didirikan dan panca jiwa pondok ini ada lima, ane jelaskan sedikit ya tentang panca jiwa pondok ini:
Panca jiwa pondok ini ada lima yaitu:
1.   Jiwa Keikhlasan
2.   Jiwa kesederhanaan
3.   Jiwa Berdikari
4.   Jiwa Ukhuwwah Islamiah
5.   Jiwa Bebas
Dan informasi tambahan buat antum bahwa saat ini Ponpes Nurul Haramain memiliki 2000 santri yang tinggal di pondok pesantren. “Kami harus membatasi jumlah santri karena masih kurangnya daya tampung di sini. Saat ini kami sedang menyelesaikan pembangunan gedung baru yang nantinya bisa menampung 5000 santri,” jelas TG Hasanain. Dengan 2000 santri yang mendapatkan pendidikan Islam serta menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, maka Ponpes Nurul Haramain telah berkontribusi mencetak sumber daya manusia yang handal.
Semoga informasi sedikit ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi buat teman – teman yang lain yang ingin merasakan mengenyam pendidikan di lembaga yang berbasis pondok pesantren. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi ke nomer telephone   (0370) 671633
Salam sejahtera dan salam ukhuwah….
Wassalamualikum Warohmatullohi Wabarokatuh…
« Last Edit: 25 Aug, 2018, 08:12:12 by Admin »