Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Sumatera Selatan 
Pondok Pesantren Darul Iman di Muarakuang OKI Sumatera Selatan
Pages: [1]

(Read 334 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2592
  • Logged


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...
Bismillahirohmanirohim...
Hai para alumnus Pondok pesantren..
Kaifa haluk? Semoga Allah senantiasa memberikan kenikmatan dan keberkahan atas diri kita dan semoga kita selalu istiqomah dalam ibadah. Istilah pondok pesantren sudah tidak asing lagi buat kita karena pondok pesantren memiliki tempat dan makna tersendiri bagi kita. Bagaimana tidak? Karena di tempat itylah kita mengenal banyak orang dari berbagai daerah dan mengenal bagaimana tradisi, karakter dan pola fikir dari setiap orang yang belum kita kenal sebelumnya. Tidak hanya itu saja karena di pondok pesantren kita mengenal apa arti sebuah kesabaran dan kesederhanaan yang mungkin tidak bisa didapatkan dari tempat lain. Pendidikan pondok pesantren (ponpes) adalah  model pendidikan Islam yang banyak dipakai dan berlaku di beberapa negara Islam. Bahkan telah dipakai juga di Negara-negara non muslim dengan memakai sistem boarding school, pendidikan berasrama selama 24 jam. Namun di negara-negara itu, pendidikan boarding school telah banyak mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat. pondok pesantren telah berhasil melahirkan tokoh-tokoh nasional yang banyak berperan dalam proses mencerdaskan bangsa. Para alumninya banyak tersebar di berbagai sektor kehidupan, ikut serta dalam pembangunan dan pengembangan masyarakat. Dengan bekal mental “berdikari” yang diperoleh dari pesantren, banyak santri yang menjadi orang sukses dalam berbagai bidang kehidupan. Selain itu, banyak pula alumni pesantren mendirikan pesantren-pesantren baru di daerahnya, sehingga kini telah tersebar di seluruh pelosok tanah air.
Pondok pesantren yang tersebar  tidak hanya di Indonesia tapi ada juga yang tersebar di luar negeri namun perlu diakui bahwa perkembangan lembaga pendidikan pondok pesantren tidak selamanya berkembang secara mulus namun ada beberapa yang mengalami pasang surut. Dan ane sebagai salah satu alumni Pondok pesantren Gontor – Jawa Timur ingin menjelaskan salah satu pondok alumni yang berlokasi di Provinsi Sumatra dan nama pondok pesantren tersebut adalah pondok pesantren Darul Iman. Pondok pesantren Darul Iman lokasinya tepat di Sarikembang Muarakuang Oki Sumatra Selatan 30665. Sedikit ane jelaskan latar belakang pondok pesantren ini berdiri, pada awalnya sudah diketahui bahwa pondok pesantren berdiri atas dasar inisiatif dari para santrinya dimana ada beberapa santri yang ingin belajar agama dengan kyai tersebut dan seiring berjalannya waktu maka santri tersebut semakin banyak dan bertambah dan santri yang awalnya belajar di rumah kyai akhirnya inisiatif untuk mendirikan sebuah pondokan yang berdekata dengan rumah kyai ataupun masjid dan dari situlah banyak diketahui bahwa pondok pesanten sebenarnya didirikan atas dasar inisiatif santrinya dan bukan dari kyainya. Namun hal tersebut berbeda dengan pondok pesantren Darul Iman dimana pondok pesantren Darul iman ini berdiri atas dasar inisiatif dari sang kyai bukan dari santri – santrinya dan Pondok ini lahir atas gagasan pendirinya untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dalam mencetak generasi Mu’min, Muttaqin, Mukhlish dan Rashikhin fil’ilmi wannizdom (Orang-orang yang profesional dibidang ilmu dan kepemimpinan. namun pendirian gedung pertama adalah hasil karya santri Darul Iman. Hingga memasuki tahun 1990 Pondok Pesantren Darul Iman (PPDN) didirikan oleh Yayasan Pondok Pesantren Darul Iman (YPDN) dan beberapa anggota pendiri lainnya, dalam pendirinya terdapat dua tahap dengan ahap pertama adalah tahap perintisan yaitu sejak tahun 1990 sampai 1995 yang bertempat di Desa Serikembang dan tahap kedua bertempat di Semoali (Hibah Masyarakat). Dari setiap pendidikan pasti memeliki sisitem pendidikan dan pengajaran tersendiri dan selain itu setiap lembaga juga memliki visi dan misi dimana hal tersebut sebagai pedoman untuk pencapaian dari pendirian sebuah lembaga pendidikan dan dikarenakan pondok pesantren Darul iman merupakan salah satu pondok alumni Gontor maka visi dan misinya hampir sama dengan pondok alumni Gontor dan visi dan misi dari lembaga tersebut adalah visi dari lembaga pendidikan pondok pesantren Darul Iman adalah Mencerdaskan Ummat dan bangsa li-I’lai kalimatillah dan misi lembaga pendidikan pondok pesantren Darul Iman memiliki 5 misi dan berikut ane jelaskan sedikit tentang misi lembaga pendidikan pondok pesantren Darul Iman sebagai berikut:
1.   Keikhlasan
2.   Kesederhanaan
3.   Berdikari
4.   Ukhuwwah Islamiyah
5.   Kebebasan
Selain visi dan misi yang udah ane jelaskan ke antum, perlu antum ketahui bahwa pendirian pondok pesantren tidak hanya atas dasar visi dan misi melainkan juga atas perlu didukung juga dengan sebuah tujuan yang jelas dan lembaga pendidikan pondok pesantren Darul Iman ini berdiri atas dasar mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan sumber daya manusia seutuhnya dan memanfaatkan segala upaya dan daya yang ada di masing – masing individualnya. Selain dari itu juga ingin menciptakan manusia yang beriman dan berawakal kepada Allah SWT dan memiliki budi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan keshatan jasmani dan rohani, mmeilik pribadi yang mantap dan mandiri, memiliki tanggung jawab atas diri sendiri dan masyarakat dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah didapat selama belajar di lembaga pendidikan pondok pesantren Darul Iman dan menyampaikan hal tersebut ke masyarakat luas dan bisa menjadi individula yang berguna di masyarakat dan selain itu tidak mudah terpengaruh dari kehidupan luar yang bisa merusak keyakinan dan keimanan dan tidak hanya itu saja namun pondok pesantren Darul Iman juga ingin menciptakan kadeer ulama yang tidak hanya intelek tapi juga memahami ilmu agama.

Itu saja informasi yang bisa ane bagikan mengenai lembaga pendidikan pondok pesantren Darul Iman semoga bermanfaat dan bisa dijadikan bahan referensi bagi antum yang ingin mengenyam di lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren sehingga anak – anak bisa memahami bagaimana hidup sederhana dan mampu menjadi individual yang mandiri.

Salam hangat dan salam ukhuwah dan tetap jalin tali silaturahmi .

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...
« Last Edit: 21 Aug, 2018, 05:54:52 by Admin »