Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Sulawesi Tenggara 
Pesantren Modern Al-Syaikh Abdul Wahid di Bau Bau Sulawesi Tenggara
Pages: [1]

(Read 579 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2544
  • Logged

Salam Ukhuwah buat para alumnus  pondok pesantren…
Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh…
Dunia pendidikan sangat banyak dan tersebar di Indonesia dengan berbagai metode dan kurikulum yang berbeda – beda namun pondok pesantren punya hal yang berbeda yang patut dibahas karena pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang memberikan paket lengkap dengan kurikulum hampir sama dengan boarding school yang dimana muridnya dipantau selama 24 jam selain itu pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan yang tidak terlepas dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan yang umat islamnya khususnya di Negara Indonesia ini karena memang masyarakat Indonesia mencari lembaga pendidikan lengkap yang bisa memberikan pendidikan intelektual tapi juga pendidikan spiritual. Sejarah pesantren merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah pertumbuhan masyarakat Islam. Dari sekian banyak Pesantren yang ada di Indonesia salah satunya yang terletak di Kota Bau-Bau Kecamatan Wolio Kelurahan Bataraguru yang telah banyak memberikan kontribusi keagamaan kepada masyarakat sekitarnya dan masyarakat lainnya pada umumnya Kehadiran Pesantren Modern Al-Syaikh Abdul Wahid ini di Kota Bau-Bau cenderung baru, yang menyebarkan dan mensosialisasikan nilai-nilai keagamaan. Kehadirannya tak lepas dari konteks 'masyarakat islami' yang tingkat pemahaman keagamaan masyarakatnya fleksibel artinya menerima dari luar selagi itu tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.  Ane juga merupakan salah satu alumni Pondok pesantren dan ane mau ngebahas salah satu pondok pesantren alumni Pondok modern Gontor yang berlokasi di Ponorogo – Jawa Timur dan dan pondok pesantren alumni ini berada di luar provinsi kepulauan jawa tepatnya di Sulawesi tenggara dan nama pondok pesantren ini adalah pondok pesantren Al Syaikh Abdul Wahid.
pondok pesantren Al Syaikh Abdul Wahid berlokasi di Jl. M. Husni Thamrin no 55 Bataraguru bau-bau Buton dan pondok pesantren Al Syaikh Abdul Wahid ini adalah Lembaga Pendidikan yang berbasis Pondok Pesantren yang didirikan oleh Bapak H. Muhammad Sabirin tepatnya pada tahun 1989 dan pondok pesantren ini diresmikan tepat pada tanggal 16 April 2002 oleh KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA yang merupakan pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Lembaga ini dipimpin oleh KH. ABDUL RASYID SABIRIN, Lc. MA dan bernaung dibawah Yayasan Perguruan Islam Nurul Huda Bau-Bau (YAPIN). Seperti yang ane bilang sebelumnya bahwa pondok pesantren  Al Syaikh Abdul Wahid merupakan salah satu pondok pesantren alumni Gontor makan system pendidikan dan kurikulumnya hampir sama dan pondok pensantren Al Syaikh Abdul Wahid menggunakan system pendidikan dimana santrinya diwajibkan untuk tinggal di asrama selama 24 jam untuk mencapai sebuah tjuan pendidikan dan kondisi ini memang sengaja diciptakan sehingga para pengurus, guru bahwa pimpinannya pun dapat mengawasi seluruh kegiatan santri – santrinya. Selain itu untuk kurikulum yang diterapkan di pondok pesantren Al Syaikh Abdul Wahid ini menggunakan kurikulum yang mengintegrasikan antara ilmu agama dan ilmu umum, serta memadukan antara kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler (keorganisasian, kewirausahaan, kesenian, olahraga, kepramukaan, kerajinan tangan, pembinaan bahasa Arab dan Inggris, dll).  System pendidikan dan kurikulum yang digunakan sudah ane bahas dan rasanya kurang afdhol kalo ane kaga bahas jenjang pendidikan yang ada di pondok pesantren Al Syaikh Abdul Wahid. Meskipun pondok pesantren Al Syaikh Abdul Wahid ini ada adaptasi dari pondok modern Gontor, namun jenjang pendidikannya tidak sama yang ada di Gontor dan berikut ane jelaskan sedikit tentang jenjang pendidikan yang ada di lembaga pendidikan ini.
Pondok Modern Al-Syaikh Abdul Wahid menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran jenjang sekolah menengah yang disebut Kulliyatu-l-Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) dengan menerapkan 2 program :
A. Program Reguler (biasa), masa belajar 6 tahun (kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 ) plus melaksanakan pengabdian wajib 1 tahun untuk lulusan Sekolah Dasar/Ibtidaiyah.
B. Program Intensif (cepat), masa belajar 4 tahun (kelas 1, 3, 5 dan 6) plus melaksanakan pengabdian wajib 1 tahun untuk lulusan SMP/MTs ke atas.
Tidak hanya itu saja, ada program unggulan lainnya dimana jika ada santri – santrinya khususnya santri KMI yang berprestasi dari pondok pesantren Al- Syaikh Abdul Wahid akan diikut sertakan dalam program ujian persamaan Tsanawiyah dan Aliyah dan untuk Ijazahnya akan diberikan setelah menyelesaikan Pendidikannya di KMI, bersamaan dengan Ijazah KMI. Dari seluruh kegiatan yang ada di pondok pesantren tidak lepas dari yang namanya sarana dan prasarana karena sarana dan prasarana itu digunakan untuk mendukung seluruh kegiatan yang ada di pondok pesantren yang secara otomatis akan mempengaruhi dari tujuan sebuah pendidikan agar apa yang sudah diajarkan tidak sia – sia dan tepat sasaran. Berikut ane kasih informasi sedikit tentang beberapa fasilitas yang ada di pondok pesantren Al- Syaikh Abdul Wahid yaitu: asrama santri, ruang belajar (4 lantai), dapur umum, kamar mandi dan WC, perpustakaan, masjid, koperasi pelajar, Radio SAW 98,6 FM dan sarana olahraga seperti tennis meja, bola volley, bola basket, Sepak takraw dan bulu tangkis.
Semoga informasi yang sedikit ini bisa bermakna dan bisa dijadikan bahan referensi lain buat teman – teman semua khususnya yang ingin belajar di lembaga pendidikan pondok pesantren.
Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh…