Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Bisnis & Kerja  UKM 
Pengembangan Usaha
Pages: [1]

(Read 727 times - 1 votes) 
  

Co Hujroh

  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Co Hujroh No Reputation.
  • Join: 2018
  • Posts: 1780
  • Logged
Pengembangan Usaha
« on: 20 May, 2018, 13:16:49 »

Pengembangan Usaha

"Keyakinan yang Anda butuhkan untuk merealisasikan gagasan adalah keyakinan pada kebenaran prinsip, keyakinan pada kemampuan Anda untuk melakukan, dan keyakinan pada apa yang Anda miliki dalam diri.”


Membangkan bisnis yang sudah berjalan dengan baik ke bisnis lain yang tidak jauh bidangnya dengan bisnis utama atau dapat saling mendukung. Misalnya, Anda mempunyai usaha kolam ikan. Jika sudah berjalan dengan baik, Anda dapat mengembangkannya menjadi bisnis yang lain, misalnya:
• wisata pemancingan;
• usaha rumah makan lesehan dengan menu ikan bakar dan ikan goreng;
• pelatihan cara memelihara ikan;
• menjual bibit ikan;
•   menjual pakan ikan;
•   jasa pemasaran ikan;
• mengadakan acara lomba pancing.
Contoh lain. Dua orang teman di Balikpapan membeli sebuah franchise kelompok bermain (play group) dan taman kanak-kanak. Harga franchise- nya cukup mahal karena darifranchise tersebut mereka hanya mendapatkan sistem, kurikulum, dan pelatihan guru. Adapun untuk tempat/sekolah, peralatan permainan, baik indoor maupun outdoor, harus disediakan oleh mereka sendiri. Dengan begitu, investasi mereka menjadi cukup besar, mencapai ratusan juta rupiah. Namun, mereka cukup cerdik. Supaya modal mereka tidak mubazir, mereka membuat improvisasi untuk bisnis lain yang masih berhubungan dengan anak-anak, antara lain: penitipan anak, antar jemput, les matematika, les bahasa Inggris, les membaca Al-Qur’an, event organizer untuk anak-anak, dan garmen pakaian muslim untuk anak-anak.
Dari contoh tersebut, kita bisa melihat terdapat tiga jangka waktu rencana pengembangan usaha, yaitu sebagai berikut.
Jangka Pendek
Setelah kegiatan kelompok bermain dan taman kanak-kanak itu berjalan, timbul peluang baru dari konsumen yang tidak bisa langsung menjemput anaknya.
 
Jam sekolah PG dan TK adalah pukul 10.00-12.00 WITA. Dengan demikian, antara pukul 12.00-17.00 mereka bisa dititipkan ke penitipan anak dengan diskon 50%. Kalau biaya penitipan anak yang/M// day dari pukul 08.00-17.00 1 juta rupiah/anak/bulan, khusus untuk anak yang sudah bersekolah di PG dan TK, tinggal membayar 500 ribu rupiah/ anak/bulan, selain biaya sekolah untuk PG dan TK-nya.
Jika orang tua berhalangan untuk mengantarkan anaknya ke tempat penitipan anak, pengurus juga menyediakan jasa penjemputan dari rumah ke tempat penitipan dan atau pengantaran dari tempat penitipan ke rumah.
Jangka Menengah
Untuk PG dan TK, jam sekolahnya antara pukul 10.00-12.00 WITA. Adapun antara pukul 12.00-17.00, satu ruang digunakan untuk penitipan anak. Adapun ruangan lain masih bisa dimanfaatkan untuk les bahasa Inggris, Matematika, dan membaca Al-Qur’an.
Jangka Panjang
Pengembangan jangka panjang dari usaha ini diarahkan ke banyak kegiatan yang berhubungan dengan anak-anak juga. Misalnya, menjadi event organizer untuk acara guru dan orang tua, seperti seminar tentang pendidikan dan kesehatan anak, acara ulang tahun anak-anak dengan menyediakan hiburan (badut, sulap, panggungboneka, MC), menyediakan parcel untuk anak-anak, dan menyediakan kue tart untuk ulang tahun.
Lebih lanjut, bisnis ini mengembangkan usaha pakaian muslim untuk anak-anak, menjual buku anak, aksesoris untuk anak-anak.

whiteking

  • Guest
  • Logged
Re: Pengembangan Usaha
« Reply #1 on: 09 Oct, 2018, 04:49:03 »
Ide-ide kreatif untuk menciptakan peluang bisnis dari para enterpreneur ibarat menginjak tai ayam bisa jadi duit, barang yang sudah tidak berguna dan tidak terpakai bisa menjadi barang antik yang punya nilai jual tinggi, jasa penitipan anak juga merupakan satu peluang bagus karena banyaknya orangtua sibuk kadang ada bayi yang tidak bisa diurusi orangtuanya sendiri
---------------------------------------------------------------
FIrewoodfx account micro FIX Rate deposit and withdrawal IDR 10.000/USS for Indonesian clients, via Fasapay and Local Exchanger.