Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Hiburan  Film 
SHAUN BUKAN DOMBA BIASA
Pages: [1]

(Read 245 times - 1 votes) 
  

Co Hujroh

  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Co Hujroh No Reputation.
  • Join: 2018
  • Posts: 1933
  • Logged
SHAUN BUKAN DOMBA BIASA
« on: 09 Aug, 2018, 08:38:53 »

SHAUN BUKAN DOMBA BIASA

Seperti domba-domba kebanyakan lainnya, Shaun tinggal di rumah peternakan. Tapi sungguh, ia bukan domba biasa.

Shaun menjadi domba pemimpin di kelompoknya, la memiliki kecerdasan di atas domba pada umumnya, bahkan kecerdikannya dapat dikatakan mendekati manusia. la selalu bisa menemukan cara memecahkan masalah yang datang di peternakan.
Shaun adalah bintang serial TV Shaun The Sheep, yang tengah populer. Domba cerdik ini telah berhasil mencuri hati berbagai kalangan pemirsa TV. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun dibuat tergelak oleh akal cerdik Shaun dan tingkah teman-temannya.
Serial popular produksi Aardman Animation dari Inggris ini ditayangkan pertama
 
pada Maret 2007 di Inggris. Kepopulerannya terus melejit. Selain serialnya yang ditonton jutaan orang, bonekanya ramai dijual di pasaran, buku ceritanya juga ikut-ikutan dicari, apalagi DVD-nya!
Pada awalnya, Shaun si domba bukan menjadi bintang utama, la semula dimunculkan sebagai salah satu karakter dalam animasi produksi Aardman yang sudah lebih dulu dikenal, Walla- ce & Gromit. Barulah belakangan domba istimewa ini menjadi bintang utama dalam serial Shaun The Sheep.
Menariknya, dalam Shaun The Sheep tidak ada dialog sama sekali. Bahkan, karakter manusia yang tampil dalam tontonan ini pun tidak berbicara. Dilihat dari sudut pandang hewan, memang ani mal can't talk!- hewan tidak bisa bicara! Di sinilah hebatnya serial ini: tidak ada dialog, tetapi ceritanya sangat hidup dan menghibur!
Selain Shaun, bintang lainnya adalah Bitzer, anjing gembala di peternakan, la sahabat Shaun yang selalu berusaha melindungi kawanan domba di peternakannya dari masalah.
Ada juga karakter lucu bernama Shirley, domba bertubuh paling besar yang memiliki nafsu makan luar biasa. Kemudian, Timmy, domba cilik, sepupu Shaun yang selalu menjadi pusat perhatian. Dan tentu saja, kita tak boleh melupakan sang pemilik peternakan, yang kadang kala tingkahnya tidak lebih pandai daripada domba-domba peliharaannya.
MEMBAWA PESAN MORAL
Film kartun ini sangat menghibur. Tingkah polah para domba itu bukan hanya sangat “manusiawi”, namun juga sangat lucu. Tidak cuma menghibur, serial ini bernilai plus karena setiap episodenya membawa pesan moral yang positif, tanpa berkesan menggurui.
Shaun The Sheep memang bukan kisah domba pada umumnya. Di sini anak- anak bisa memahami makna kerja sama, seperti yang selalu disampaikan Shaun melalui seluruh kisahnya.
Sekalipun digambarkan hanya Shaun satu-satunya domba yang pandai dan mampu menemukan pemecahan masalah, namun masalah tidak akan selesai tanpa kerja sama yang baik dari semua domba di peternakan. Sering kali Bitzer berperan menjadi eksekutor yang membuat masalah akhirnya menjadi beres.
Shirley yang gemuk mungkin penggambaran yang baik bahwa memiliki badan terlalu gemuk juga tidak baik untuk kesehatan. Dalam salah satu episode diceritakan, demi menurunkan berat badan Shirley .ang sudah sangat berlebih, seluruh domba bahu-mem- Pahu merancang aneka program diet dan olahraga untuk kawan mereka ini. Program ini oerhasil, walaupun akhirnya Shirley menjadi gemuk lagi karena secara tak sengaja ia terlempar ke dalam truk makanan (dan di sana ia makan sekenyang-kenyangnya!).
 
perlu panik jika ada masalah. Dibutuhkan ketenangan dan berpikir dengan logis untuk menyelesaikan masalah apa pun.
Dari kisah Shirley ini, setidak-tidaknya anak-anak akan belajar memahami bahwa memiliki badan yang terlalu gemuk tidak baik untuk kesehatan dan kita harus rajin berolah raga dan memakan makanan yang sehat.
Satu pesan positif yang sering ditampilkan serial ini adalah soal loyalitas dan kebersamaan. Para babi yang jahil selalu membuat para domba menghadapi berbagai kesulitan. Namun, ketika salah satunya (biasanya Shirley) mengalami masalah, mereka selalu siap bahu- membahu membantu satu sama lain. Pesan yang ingin disampaikan serial ini: setiap masalah lebih mudah diselesaikan apabila dikerjakan bersama-sama.
Shaun mengajarkan bahwa tidak perlu panik jika ada masalah. Dibutuhkan ketenangan dan berpikir dengan logis untuk menyelesaikan masalah apa pun.
Serial ini juga mengajarkan tentang indahnya perbedaan. Inilah yang tergambar dari persahabatan Shaun dan Bitzer. Selain bersahabat, Shaun dan Bitzer kerap saling menggenapkan. Ide-ide mumpuni Shaun selalu mampu dieksekusi dengan baik oleh Bitzer. Bitzer juga tak pernah bersikap congkak, sekalipun seharusnya para domba menuruti perintahnya sebagai anjing gembala.
Selain Shaun The Sheep, ada pula serial TV Timmy Time. Serial ini dibintangi oleh sepupu Shaun, si Kecil Timmy. Serial ini diperuntukkan bagi penonton yang lebih kecil (anak usia dini, usia playgroup dan TK). Fim ini berkisah tentang kehidupan Timmy di sekolahnya.
Tak jauh berbeda dengan kakak sepupunya yang cerdik,
Timmy juga mewarisi kecerdasan yang sama. Bedanya,
Timmy menggunakan kecerdasannya untuk menghidupkan suasana di sekolahnya.
Kisah-kisah Timmy pun dibuat lebih sederhana dan mengena untuk pangsa penonton anak-anak. Serial ini berkisah tentang persahabatan, sikap-sikap terpuji, seperti ringan tangan dan penuh perhatian, kreativitas, serta berbagai pesan moral lain yang digambarkan melalui setting sebuah playgroup.
Shaun The Sheep dan Timmy Time adalah rekomendasi yang tepat untuk Anda sekeluarga. Pastikan Anda memberi yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anak Anda. Shaun The Sheep merupakan tontonan yang cocok dikonsumsi oleh anak usia SD hingga dewasa, sedangkan Timmy Time lebih sesuai untuk anak usia di bawahnya.
Jangan lupa, dampingi anak-anak Anda saat menonton, sehingga pesan-pesan positif dalam film ini dapat lebih diserap anak-anak Anda.
Jadikan pendampingan itu juga sebagai momen mempererat hubungan orangtua-anak.
Selamat menonton domba yang istimewa!   


arifluqman682

  • Qudama
  • *
  • arifluqman682 No Reputation.
  • Join: 2016
  • Posts: 123
  • Logged
Re: SHAUN BUKAN DOMBA BIASA
« Reply #1 on: 09 Feb, 2019, 06:12:54 »
Shaun si Domba bukan Etawa
:big_smile: