Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Bisnis & Kerja  Peternakan, Perkebunan, Pertanian 
Pilah-Pilih Tanaman Eksterior Rumah
Pages: [1]

(Read 199 times - 1 votes) 
  

Co Hujroh

  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Co Hujroh No Reputation.
  • Join: 2018
  • Posts: 1531
  • Logged
Pilah-Pilih Tanaman Eksterior Rumah
« on: 11 Aug, 2018, 08:02:48 »

Pilah-Pilih Tanaman Eksterior Rumah

Keberadaan tanaman eksterior bukan sekadar hiasan semata. Selain sebagai penyejuk rumah, ia juga dapat iberikan pasokan oksigen dan udara segar kepada penghuni rumah. Untuk mencapai tujuan ini pun tak serta-merta kita menanam sembarang pohon. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tanaman eksterior hunian.

1. Pilih tanaman yang mudah perawatannya, yang bisa tumbuh dengan baik tanpa perlu perawatan khusus yang menyita perhatian. Kecuali jika memang kita hobi tanaman hias, sehingga merasa senang meski menghabiskan waktu lama untuk merawatnya.
Yang dimaksud mudah perawatannya yakni tanaman hanya perlu diberi pupuk pada awalnya, dan selanjutnya cukup dengan menyiraminya.

2. Sinar matahari yang dominan dibutuhkan bagi proses kehidupan tanaman eksterior. Karena tanaman akan tumbuh mengarah sinar matahari, maka aturlah tata letak tanaman sejak bibit dan perkirakan saat ia sudah menjadi besar.

3. Tanaman dengan akar tunggang menjalar menjadi opsi baik. Sebab, akarnya yang besar dan kuat cenderung menyerap air tanah dan mencegah erosi maupun banjir. Tanaman jenis ini juga umumnya memiliki daun rindang yang banyak. Alhasil, membuat siang hari lebih sejuk karena pohon menghalau teriknya sinar matahari.

4. Munculkan juga kemeriahan pemandangan luar rumah dengan tanaman yang memiliki warna. Warna ini bisa didapat dari daun atau bunganya. Misalnya, pucuk merah, kastuba, caladium bicolor, begonia.

5. Perhatikan faktor keamanannya. Hindari tanaman yang berduri atau beracun di halaman karena khawatir akan melukai anak, lansia, atau orang asing yang lewat. Jika memang karena hobi, sebaiknya tempatkan pada area khusus dan beri keterangan pada area tersebut.

6. Jika menginginkan tanaman buah di halaman, pastikan
buahnya cukup aman jika ia matang dan jatuh. Selain itu, kita mesti rajin menyapu dedaunan dan buah-buah yang berjatuhan.Tanaman buah yang bisa dipilih, antara lain mangga, jambu, dan rambutan.

Demikianlah beberapa hal mendasar yang mesti diperhatikan saat memilih tanaman eksterior. Umumnya, tanaman eksterior mempunyai karakter yang sama, yakni tumbuh sangat cepat dan subur jika ditanam di lahan dan suhu yang cocok.
Pertumbuhan yang cepat itu sebanding pula dengan banyaknya daun dan ranting. Rajinlah merawat tanaman eksterior, pangkas ranting dan dedaunannya agar tidak terlalu rimbun dan menghalangi pagar serta jalan. Selamat menanam.

whiteking

  • Guest
  • Logged
Re: Pilah-Pilih Tanaman Eksterior Rumah
« Reply #1 on: 12 Oct, 2018, 04:08:24 »
Untuk tanaman eksterior paling banyak orang menanam bunga, yang ditaruh didalam pot bunga, setiap hari pemiliknya menyirami bunga, yang suka koleksi berbagai macam tanaman bisa ada banyak jenis sampai tempatnya habis