Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Hujroh  The Ghurfah 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DENGAN PEND
Pages: [1]

(Read 17 times)   

liaapri

  • Proletar
  • *
  • liaapri No Reputation.
  • Join: 2020
  • Posts: 168
  • Logged

SIMPULAN DAN SARAN

A.   Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan pendekatan JAS layak diterapkan di SMA Negeri 1 Semarang. Penilaian dosen menyatakan bahwa, apabila menggunakan kriteria umum (Ali, 1994) modul layak diterapkan karena telah sesuai dengan standar buku ajar menurut BSNP sebesar 83,35%. Apabila menggunakan kriteria BSNP modul belum layak diterapkan. Dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan dengan pendekatan JAS, ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 98,5% dengan rata-rata nilai 82 dan semua peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran.

B.   Saran
Berdasarkan simpulan di atas, dapat disarankan sebagai berikut:
1.   Modul struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dapat digunakan di SMA Negeri 1 Semarang dan SMA-SMA yang mempunyai kriteria setara dengan SMA Negeri 1 Semarang.
2.   Guru membuat modul untuk materi lain dengan pendekatan JAS.
3.   Modul-modul yang digunakan dalam pembelajaran sebaiknya dilakukan uji kelayakan menggunakan standar dan kriteria BSNP.