Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di DKI Jakarta 
Profil Pondok Pesantren Husnayain di Pasar Rebo Jakarta Timur
Pages: [1]

(Read 3036 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2594
  • Logged


PONDOK PESANTREN ALUMNI GONTOR DI PASAR REBO JAKARTA TIMUR

Bismillahirohmanirrohim…
Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh….
Sahabat muslim dan muslimah diseluruh penjuru belahan dunia, apa kabar?
Semoga Allah senantiasa memberikan karunia dan impahan rahmat kepada kita semua.
Pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup, tumbuhnya anak-anak yang mempunyai tujuan menuntut segala kekuatan  baik keinginan dan kebutuhan  ada pada masing – masng individual dan tak aneh jika saat ini banyak orang berbondong  bondong untuk melanjutkan pendidikan karena pendidikan adalah tuntutan, kebutuhan dan pendidikan itu penting. Pendidikan tidak hanya menjadi hak kalangan orang tertentu saja namun pendidikan menjadi hak seluruh kalangan, seluruh umat dan seluruh usia. Pendidikan terbagi menjadi berbagai tipe diantaranya pendidikan umum dan pendidikan keagamaan. Pondok Pesantren adalah salah satu lembaga yang memberikan pendidikan paket lengkap dimana tidak hanya memberikan pendidikan secara intelektual, namun juga memberikan pendidikan secara spiritual (agama).
Saya termasuk salah satu alumni dari Pondok Pesantren dan selama saya liburan dari kegiatan pondok pesantren, saya tidak menemukan hal – hal yang saya alami selama di pondok pesantren dan saya pastikan buat para alumni pondok pesantren yang lain, mengalami hal yang sama. Istilah Pondok Pesantren sudah populer, berbagai definisi telah ada, tergantung prespektif pihak yang memberikan definisi. Adapun para Orientalisten memberikan definisi dari Pondok Pesantren adalah Snouck Hurgronje, yang memperhatikan bentuk dzahir Pondok Pesantren (misalnya: bahan dan bentuk rumah tempat kediaman para santri dengan segala tradisinya yang statis). Ternyata pondok pesantren alumni Gontor ada juga lho yang berlokasi di DKI Jakarta dan salah satunya adalah pondok pesantren Husnayain.  pondok pesantren Husnayain berlokasi di Jl. Lapan No 25 Pekayon Cibubur Pasar Rebo jakarta Timur.
Pondok pesantren Husnayain ini didirikan oleh Kh. A. Kholil Ridwan dan beliau adalah Anak Betawi Asli kelahiran 1947 ini memang beda dengan kebiasaan Betawi yang lain. Masa remajanya dihabiskannya di Pondok Modern Gontor Ponorog (1960 – 1966) dan aktif di PII (Pelajar Islam Indonesia) tahun 1966 – 1970. Menjadi Ketua Umum PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Saudi Arabia tahun 1972 – 1974. Mengikuti jejak K.H Sholeh Iskandar menjadi Ketua BKSPPI (Badan Kerjasama Pondok Pesantren Indonesia) tahun 1995 – 2000 terakhir menjadi Ketua Dewan Dakwah dan sekaligus Ketua MUI Pusat tahun 2005 – sekarang. Walaupun Pendiri salah satu Partai Islam ini (1998) sudah terpilih menjadi Anggota DPR RI, diberikannya kepada orang lain dan dia lebih senang menjadi mubaligh dan tetap mengasuh Pondok Pesantren Husnayain yang kini telah berkembang sampai di Mumuju Sulawesi Barat. Dia berdoa semoga mendapat husnul khotimah sebagai Pengasuh dan Pengajar di Pesantren Husnayain.
Sejak berdirinya lembaga pendidikan Pondok pesantren Husnayain ini, untuk system pendidikannya menggunakan system pendidikan yang menegaskan JATI DIRI-nya sebagai pesantren, yakni sistem pendidikan Islam yang memadukan aspek keteladanan dan keilmuan selama 24 jam dalam sehari. Pesantren Husnayain tidak mendikotomikan mata pelajaran keilmuan Islam (ulumuddin) dengan ilmu-ilmu umum, tetapi melakukan INTEGRASI DAN ISLAMISASI ilmu pengetahuan. Untuk tujuan ini, Pesantren Husnayain mengajarkan kepada santrinya pelajaran pesantren dan pelajaran umum yang di adopsi dari Kementrian Pendidikan Nasional (DikNas) dengan memberikan beberapa modifikasi ketika pengajaran dan masa pendidikan yang ditempuhnya pun  dalam waktu pendidikan Pesantren Husnayain adalah 6 (Enam) Tahun. Setelah menyelesaikan masa pendidikan enam tahun, santri diberikan pembinaan tambahan selama satu tahun dengan mewajibkan mereka untuk mengajara di pondok almamater mereka atau di pondok-pondok lain. Tujuannya adalah untuk memdewasakan santri dan mematangkan ilmu yang mereka telah pelajari dengan cara mengajarkannya kembali. Jika santri selesai menyelesaikan masa pendidikan selama enam plus satu tahun ini, maka santri tersebut berhak mendapatkan ijazah SMP dan SMA serta ijazah Pesantren.

Dan yang terakhir yang ingin saya bahas adalah bahwa Pesantren Husnayain menyelenggarakan pendidikan yang berbasis pada pembentukan kepribadian yang Islami dengan memiliki karakter berikut:
1. Kompetensi Dasar
•   Beraqidah Shahihah (Ahlu Sunnah wal Jama’ah)
•   Bersemangat dan benar dalam menjalankan ibadah
•   Beradab pada guru, orang tua, cinta kejujuran dan kebersihan
•   Mampu membaca dan mengajarkan Al-Quran dengan baik
•   Mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris
•   Menguasai ilmu-ilmu dasar dari Ulumuddin
•   Lulus UAN dengan baik
•   Hafal beberapa surat tertentu dari Al-Quran dan sejumlah hadits pilihan.
 
2. Kompetensi khusus (pengembagan keahlian berdasarkan minat dan bakat) dalam berbagai bidang, seperti: tulis menulis, olah raga, seni dan budaya Islam, pidato bahasa Indonesia, Arab, Inggris, Qiraatul Kutub, Tahfizhul Quran, Sejarah, Agro Bisnis dan bidang lain.

Dengan latar belakang pendidikan yang menggunakan system yang sudah saya jelaskan tadi, pondom pesantren Husnayain memiliki visi dan misi yang diterapkan dalam system ajar mengajar dan visi dan misinya adalah:
Visi :
Pesantren Husnayain menjadi wadah pengkaderan generasi penerus yang alim, amil, shaleh, mujahid dan mukhlis. Menjadi salah satu basis dakwah Islam bagi masyarakat dan umat; Menjadi salah satu wadah pengembangan ekonomi masyarakat
Misi :
Mendidik santri menjadi manusia tamak ilmu, yang siap mengamalkan dan mengajarkan ilmunya untuk tujuan kebaikan; berjuang untuk mewujudkan kemuliaan Islam dan umat Islam serta selalu berupaya mengikhlaskan niat untuk mendapat ridho Allah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai lembaga pendidikan pondok pesantren Husnayain, sahabat muslim dan muslimah bisa akses langsung di website resminya di www.pesantrenhusnayain.com atau menghubungi di nomer telephone (021) 8710969.

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh....


FORUM PESANTREN ALUMNI GONTOR
PLEASE KOMENTAR DAN SHARE


PUNYA INFORMASI YANG LEBIH BAIK TENTANG PESANTREN INI? SILAHKAN KOMENTAR DI BAWAH YAH

« Last Edit: 24 Aug, 2018, 18:29:31 by Admin »