Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Banten 
Profil Pondok Pesantren Daarussa’adah di Rangkasbitung Lebak Banten
Pages: [1]

(Read 2051 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2594
  • Logged

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh..
Bismillahrohmanirrohim…
Hai akhi dan ukhti kaifa haluk? Semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan kebaikan bagi kita semua. Ane mau share dan berbagi informasi lagi nih mengenai pondok alumni Gontor – Jawa Timur. Indahnya mengenyam pendidikan di pondok pesantren karena ane gak ngedapetin apa yang ane   rasakan selama ane belajar di pondok pesantren dan ane kangen masa – masa itu dimana mengantri adalah hal yang biasa ane temukan dalam semua kegiatan yang ada di pondok. Mau makan, mau mandi, mau cuci baju semua dilalui dengan antrian dan ane menikmati hal tersebut. Disini ane mau bahas salah satu pondok pesantren alumni  Gontor – Jawa timur. Pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup, tumbuhnya anak-anak yang mempunyai tujuan menuntut segala kekuatan  baik keinginan dan kebutuhan  ada pada masing – masng individual dan tak aneh jika saat ini banyak orang berbondong  bondong untuk melanjutkan pendidikan karena pendidikan adalah tuntutan, kebutuhan dan pendidikan itu penting. Pendidikan tidak hanya menjadi hak kalangan orang tertentu saja namun pendidikan menjadi hak seluruh kalangan, seluruh umat dan seluruh usia. Pendidikan terbagi menjadi berbagai tipe diantaranya pendidikan umum dan pendidikan keagamaan. Pondok Pesantren adalah salah satu lembaga yang memberikan pendidikan paket lengkap dimana tidak hanya memberikan pendidikan secara intelektual, namun juga memberikan pendidikan secara spiritual (agama).
Istilah Pondok Pesantren sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat umum karena lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren, Awal mula pondok pesantren berasal dari ada seorang ulama, kemudian masyarakat sekitar datang ingin belajar kepada ulama tersebut. Semakin banyak yang ingin belajar, semakin banyak pula yang berasal dari daerah lain. Akhirnya para murid tadi mendirikan pondok untuk tempat tinggal selama belajar pada ulama tersebut.Jadi yang mendirikan pondok tadi adalah murid, bukan ulamanya. Begitu seterusnya, sampai pondokan-pondokan berjumlah banyak.Karena kultur dan budaya, ulama disebut dengan Kyai dan para penimba ilmu disebut santri. Tempatnya santri disebut Pesantren.Filosofi dari kondisi ini adalah, yang butuh adalah santri bukan kyai. Berbagai kegiatan di Pondok Pesantren merupakan tanggungjawab santri dengan asuhan dari kyai. Sehingga yang ingin belajar, silahkan belajar di Pondok Pesantren, jika santri tidak sepakat dengan asuhan Kyai, maka silahkan mencari ilmu ditempat lain. Sebelumnya Pondok modern Gontor yang berada di kota Reog Ponorogo ini telah banyak meluluskan santri – santrinya dan saat ini alumnus dari Pondok modern Gontor sudah banyak yang mendirikan Pondok pesantren diberbagai belahan dunia namun menggunakan kurikulum yang sama dengan yang ada di Pondok modern Gontor dan ane mau ngebahas salah satu pondok alumni Gontor yang ada di Banten – Jawa Barat. Nama Pondok pesantren ini adalah pondok pesantren Darussa’adah. Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Raya Leuwidamar kp.Cimarga km. 8 Rangkasbitung kab. Lebak.
Pondok Pesantren Daarussa’adah di dirikan oleh K.H Hasan Aping (Alm) dan K.H Pupu Mahfuddin M.Pd.I pada tahun 1989 . Lahirnya Pondok Pesantren Daarussa’dah untuk mencetak kader muslim yang berakidah islamiah,berkualitas,berwawasan jauh kedepan mempunyai kesemimbangan antara ilmu dan amal serta keseimbangan antara dzikir dan fikir.Untuk merealisasikan tujuan tersebut, Pondok Pesantren Daarussa’adah selain ditunjang oleh psilitas yang refresentatif, didukung juga oleh tenaga pendidikan yang propesional dibidangnya. Tenaga pendidik terdiri atas lulusan Pondok-pondok alumni Gontor, Gintung, dan para sarjana perguruan tinggi negeri dan suasta. Al-azhar University, UNPAD, UIJ, UNISBA, STAI, dan lain-lain. Allhamdullah Alumni Pondok Pesantren Daarussa’adah diterima di tengah-tengah masyarakat sebagai pemimpin pesantren, dai, mubaligh, guru ngaji, ustadz, dosen, PNS, Militer dan Lain-lain.
Visi
Mencetak generasi muslim yang Qur’ani, berakhlakul akrimah dan rosikhuna fil il’mi.
Misi
Menciptakan generasi muda yang beriman dan betakwa kapda Allah SWT sebagai kader-kader Umat Islam dalam prores pengusaan, pengembangan dan penerapan IPTEK untuk menyiapakan manusia Indonesia seutuhn.
TUJUAN PONDOK PESANTREN DAARUSSAADAH:
1.   Meningkatkan dan mengenbangkan potensi SDM sebagai sabjek dan wahana untuk mencapai keridoan Allah SWT.2.
2.   Memenuhi minat intelektual dan prospek santri,
3.   Mengembangkan keikut sertaan sebagai figure dan assep masyarakat yang  siap pakai.
4.   Melahirkan lulusan yang berkualitas tinggi
5.   Mencetak lulusan agar mampu memiliki akidah islamiah yang kuat dan memiliki keseimbangan atara ilmu dan amal.
6.   Mencetak santri yang beramal ilmiyah dan berilmu amaliah.
JENJANG PENDIDIKAN
Jenjang pendidikan Pondok Pesantren Daarusa’adah setingkat dengan Madrasah Tsanawiah (MTs)/SMP dan Madrasiah Aliah (MA)/SMA dengan jenjang sebagai berikut:
1.   6 (enam) tahun untuk lulusan SD/MI
2.   Berijazah Sanwiyah/SMP Dan Aliayah?SMA
KURIKULUM PENDIDIKAN
Dalam proses pengembangan fikir dan dzikir Pondok Pesantren Daarusaadah memadukan kurikulum Pendidikan Nasional dan kurikulum Pesantren sebagai satuan pelajaran yng integral bahasa pengantar yang diggunaka Disesuaikan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk mata pelajaran yang berbaris Nasional, Bahasa inggris dan Bahasa Arab untuk Mata Pelajaran yang berbaris Pesantren (Keagamaan).
FASILITAS PENUNJANG
•         Asrama putra dan putri
•         Laboratorium Komputer, Biologi, dan Fisika.
•         Perpustakan Buku dan Kitab Digital
•         Sarana seni dan Olah Raga
•         Perumahan guru
•         Ruang proses Belajar mengajar (PBM)
•         Kompontren
•         Free Hotspot
•         Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren)
•         Lapangan Badminton In door
•         Lapangan Futsal In door
•         Teather
Itu saja yang bisa ane bagi informasi mengenai pondok pesantren Darussa’adah semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi buat antum yang mau belajar di pondok pesantren.

Terima kasih sudah menyimak dan salam ukhuwah..

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...