Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Provinsi Aceh 
Pondok Pesantren Darul Amin di Aceh Tenggara Aceh
Pages: [1]

(Read 650 times - 1 votes) 
  

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2594
  • Logged
Pondok Pesantren Darul Amin di Aceh Tenggara Aceh
« on: 05 Mar, 2018, 13:44:26 »

Bismillahirohmanirohim...
Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh....
Hai Soel,
pesantren adalah suatu lembaga pendidikan yang sudah sangat tua sekali, sebelum adanya SD, SMP dan SMA, pesantren lebih dulu mendominasi pendidikan di Indonesia, menilik perjalanan berdirinya pesantren berawal dari ajaran yang dibawa Wali songo, dengan adanya kyai pada suatu tempat kemudian satu-persatu santri mulai ikut belajar dan akhirnya santri terus berdatangan hingga dibuatlah pondok maupun asrama untuk tempat tinggal para santri tersebut, model pondok pesantren ini sebelumnya sudah ada sejak masa hindu budha, mereka dengan para Biksu mempelajari agama dengan asramanya, para Walisongo di Indonesia hanya melanjutkan saja, yang berubah adalah isi dari pelajarannya. Pesantren kemudian berkembang pesat, dari yang awalnya hanya mengkaji kitab-kitab kuning (kitab bahasa arab maupun melayu) hingga sekarang menjadi pesantren modern, seperti pondok pesantren darussalam gontor yang menerapkan pelajaran agama dan pelajaran umum, sehingga santri tidak hanya dibekali ilmu agama saja, tetapi juga ilmu-ilmu umum seperti IPA, IPS, Bahasa inggris dan pelajaran umum lainnya. sistem pendidikannya pun juga seperti sekolah umum. Pada dasarnya , dalam pesantren tradisional, tinggi rendahnya ilmu yang diajarkan lbih banyak tergantung pada keilmuan kiai, daya terima santri dan jenis kitab yang digunakan. Kelemahan dari sistem ini adalah tidak adanya perjenjangan yang jelas dan tahapan yang harus diikui oleh santri. Juga tidak ada pemisahan antara santri pemula dan santri lama. Bahkan seorang kiai hanya mengulang satu kitab saja untuk diajarkan pada santrinya. Pada abad ke tujuh belasan, materi pembelajaran pesantren didominasi oleh materi-materi ketauhidan. Memang pada waktu itu ajaran ketauhidan dan ketasaufan menduduki urutan yang paling dominant. Belakangan, sejalan dengan banyaknya para ulama yang berguru ketanah suci, materi yang diajarkannya pun bervariasi.

Ane mau ngejelasin lagi mengenai salah satu pondok pesantren alumni Gontor yang berada di Luar Provinsi Jawa. Pondok Pesantren ini bernama, Dayah Perbatasan Darul Amin Aceh dan pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Kutacane-Medan KM 31, Tanah Alas Babul Makmur, Aceh Tenggara. Dayah Perbatasan Darul Amin (DPDA) didirikan oleh Yayasan Darul Amin pada tahun 1998. Bertindak sebagai ketua Yayasan aktif saat ini adalah Bupati Aceh Tenggara Ir. H. Hasanuddin B, MM. Pada awal mula berdirinya Darul Amin bernama Pesantren Modern Terpadu Darul Amin seiring dengan jenjang pendidikan formal yang diterapkan yaitu SMP dan SMK. Sejak 10 tahun berdiri Darul Amin belum menerapkan system pendidikan pesantren murni (boarding school) bagi para santrinya, baru kemudian di awal tahun 2008 DPDA menerapkan system pesantren modern yang kurikulum pendidikan dan pengajarannya mengacu kepada pondok modern Darussalam Gontor. Seiring meningkatnya kualitas dan kuantitas DPDA pada Tahun 2010 perhatian kepada DPDA semakin meningkat hal ini dibuktikan dengan perubahan Darul Amin menjadi Dayah Perbatasan Darul Amin sekaligus menjadi salah satu dari 4 pesantren se-Aceh yang dibina langsung oleh Badan Pembinaan Pendidikan Dayah.
Berbagai program peningkatan manajamen terus diupayakan Darul Amin antara lain bidang mutu pendidikan, keuangan pesantren dan manajemen organisasi santri. Dalam sector akademis salah satu bentuk peningkatan adalah dengan menambah tenaga SDM guru yang ahli dibidangnya, terbukti saat ini Darul Amin memiliki SDM tenaga pendidik sebanyak 33 orang baik S1 maupun S2. Menjadi nilai plus bagi Darul Amin antara lain tenaga pendidiknya berdomisili 24 di komplek pesantren sehingga memahami betul dinamika pergerakan pesantren. Selain itu semua guru berlatar pendidikan pesantren sehingga yang memahami pesantren sehingga mampu menuju kepada percepatan untuk mencapai visi dan misi yang digalakkan. Pada Tahun Ajaran 2014-2015 ini Darul Amin memiiki jumlah santri sebanyak 351 org dengan daerah asal santri yang luas mulai Aceh Besar hingga Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara hal tersebut sebagai cerminan tujuan Darul Amin sebagai Pesantren Perbatasan Bertaraf Internasional. Selain jenjang pendidikan formal SMP dan Madrasah Aliyah, Darul Amin juga menerapkan pendidikan keterampilan lewat beragam kegiatan ekstrakurikuler diantaranya, seni beladiri, seni lukis, tari, Kepanduan dan Klub Olahraga. Juga ada beberapa ekstrakurikuler yang sifatnya penunjang akademis di dalam kelas seperti kursus computer, bahasa seni keterampilan.
Salah satu lembaga Pendidikan yang terletak di daerah Aceh Tenggara, yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat pada tahun 1998 yang kemudian diserahkan kepada Rais Aam Dayah Perbatasan Darul Amin Drs H Muchlisin Desky MM oleh ketua yayasan Darul Amin Bapak Ir. Hasanuddin, MM .yayasan Darul Amin berdiri untuk memajukan peningkatan mutu Pendidikan di Aceh Tenggara yang mengacu kepada kurikulum Kulliyatu-l- Mu'allimin Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Tenaga pendidik sengaja didatangkan langsung dari Pondok Gontor untuk menyelaraskan Pendidikan yang ada yaitu total quality control yang berbasis asrama yang mana mengacu kepada sistem yang diterapkan oleh Rabindranath Tagore salah satu tokoh pendidikan dunia. Dalam perkembanganya, sejak pergantin Bupati Aceh Tenggara sekaligus menjadi Ketua yayasan Darul amin, perhatian pemerintah Daerah setempat terhadap Lembaga pendidikan ini kembali Besar. Hal ini terbukti dari kemajuan kualitas maupun kuantitas yang terasa saat ini. Bahkan semenjak tahun 2010 Darul Amin  resmi menjadi salah satu dari empat Pesantren Perbatasan yang bernaung langsung dibawah Badan pembinaan Pendidikan Dayah Provinsi Aceh. Dalam pelaksanaanya mendapat dukungan fasilitas sarana dan prasarana yang mencukupi. Sarana dan prasarana yang diberikan di lembaga pendidikan ini, diantaranya:
1.   Gedung Asrama Putra putri
2.    Laboratorium IPA
3.    Laboratorium Keterampilan
4.    Lapangan Olah raga/Futsal
5.    Koperasi Pelajar
6.   Mushola
7.   Ruang Multimedia
8.   Laboratorium computer
9.   Laboratorium Bahasa
10.    Unit produksi bangunan
11.   Mess Tamu
12.   Aula Pertemuan.

Pesantren ini memadukan kurikulum pendidikan nasional dan Pesantren Moden Gontor yang terdiri dari dua jenjang pendidikan; Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di bawah naungan Dinas Pendidikan Aceh Tenggara dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di bawah naungan Kementerian Agama Aceh Tenggara. Untuk memaksimalkan transformasi pendidikan dan pengajaran, setiap santri wajib tinggal di dalam pesantren selama 24 jam di bawah bimbingan dan ayoman para ustadz dan ustadzah. Fokus utama pesantren adalah memberikan pendidikan agama dan umum secara seimbang serta pembentukan karakter dan nilai-nilai luhur kepada santri. Kendati demikian, Pesantren juga membekali santri dengan kecakapan-kecakapan yang dibutuhkan kelak setamat dari pesantren. Oleh karena itu untuk mendukung capaian ini, Pesantren mencanangkan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang tertuang dalam program kegiatan harian santri, mingguan, bulanan dan tahunan. Diantara kegiatan ekstrakulikuler tersebut adalah Kepramukaan, Jurnalistik, Praktek Mengajar, Latihan Pidato, Paskibra,Leadership/Organisasi, Gymnastic, Percakapan Bahasa Arab dan Inggris, Seni Tari Daerah, Pencak Silat, Manasik Haji, Wirausaha, Seni Baca Al-Quran, Program Hafal Quran, Olah Raga, dll. Dari kegiatan-kegiatan ini diharapkan pesantren mampu melahirkan santri-santri yang ahli di badang agama, mumpuni di bidang iptek, serta memiliki skil yang bisa diandalkan.

Informasi ini saja yang bisa ane bagikan dan semoga bermanfaat dan untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi di nomer telephone  (0629) 2524975 dan bisa dijadikan referensi untuk teman – teman yang mau mengenyam pendidikan di pondok pesantren.

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...