Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Riau 
Profil Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis Siak Riau
Pages: [1]

(Read 47 times - 1 votes) 
  

anon

  • Proletar
  • *
  • anon No Reputation.
  • Join: 2020
  • Posts: 195
  • Logged
Profil Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis Siak Riau
« on: 05 Sep, 2020, 12:19:31 »


Pesantren Jabal Nur ialah Badan Pendididkan di Kecamatan Kandis yang dibuat buat membina jiwa ketaqwaan pada Allah serta menjaga orang dari kalangan orientalis kepada pemeluk Islam dari pemurtadan. Tidak hanya itu kehadirannya pula diharapkan sanggup menanggapi tantangan masa Kesejagatan dengan jalur menyiapkan generasi- generasi belia yang beragama, berpendidikan serta berakhlakul karimah.

Pesantren Jabal Nur di dasar Lindungan Yayasan Jabal Nur Taqwallah dibuat pada bulan Juli tahun 2004 oleh KH. Muhammad Ali Muchsin. Hingga dikala ini Pesantren Jabal Nur lalu maju serta berbenah diri serta tercantum pesantren paling muda di Kabupaten Siak dengan Segudang Hasil Santri.

Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis, Siak, Riau, Indonesia dibawah parasut Yayasan Jabal Nur Taqwallah Berdiri pada Bertepatan pada 28 Oktober 2001. Dibuat Oleh Alm. KH. Muhammad Ali Muchsin S. K. artis Kaligrafi Al- Qur’ an Kontemporer Provinsi Riau, Mantan TKS BUTSI A. XIII Prov. Riau 1981- 1984 Dusun Belutu Kec. Mandau Kab. Bengkalis Prov. Riau, Indonesia.

Pondok Pesantren Jabal Nur menyambut Santri kesatu pada 1 Juni 2004 sebesar 36 Santri. Sampai dikala ini( 18 Tahun) santri PonPes jabal Nur sudah menggapai 900 orang.

Bagaikan Badan Bina Jiwa Taqwallah, Pondok Pesantren Jabal Nur lalu berbenah diri dalam usaha membangun

anak bangsa yang bernyawa Taqwallah bagaikan calon atasan era depan dengan lalu tingkatkan Prasarana, sistem pembelajaran, bentuk pengasuh, bentuk keilmuan serta bentuk kurikulum cocok tujuan yang dituangkan dalam Visi serta Tujuan Pondok Pesantren Jabal nur.

Sampai dikala ini Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis sudah banyak membagikan hasil untuk area kabupaten siak apalagi Prov. Riau dengan segudang hasil santri di bermacam even MTQ, MQK, Pramuka, Berolahraga serta Seni Adat dari tingkatan Kecamatan, Kabupaten, Provinsi Riau serta tingkatan Nasional. Serta Pada Tahun Pelajaran 2019- 2020 M. Pondok Pesantren Jabal Nur hendak menyambut Santri baru bagaikan calon Atasan era depan yang bernyawa Taqwallah.

VISI:
- Menjadi Pondok Pesantren yang dinamis, inovatif, dan reformatif dalam bingkai jiwa taqwallah.
- Menjadi pusat pemantapan aqidah dan pembekalan dasar syariat Islam Sebagai landasan normatif hidup dan kehidupan.
- Menjadi salah satu sarana penggerak dan pembentuk masyarakat madani dalam konteks keindonesiaan dalam bingkai akhlakul karimah sebagai landasan normal untuk etos perjuangan hidup dan kehidupan.

MISI:
Mengantarkan seluruh komponen pondok pesantren Jabal Nur dan masyarkat dalam pembentukan jiwa taqwallah dan aplikasinya melalui:
·  Pembekalan dan pemantapan dasar iman (aqidah, tauhid), Syari’at Islam (Fiqh), dan akhlakul karimah.
·  Mengorbankan dan menggerakan semangat amar ma’ruf nahi mungkar dan keteladanan.
·  Membentuk civitas pondok pesantren Jabal Nur Berwawasan Global yang dinamis, inovatif, idealis, reformatif, dan dedikatif dengan loyalitas yang tinggi sebagai jiwa ahlussunnah waljama’ah.
·  Membentuk santri yang berkualitas dan mandiri dalam bingkai taqwallah sebagai dinamisator, motivator, katalisator, pembangunan masyarakat madani. 

Pendidikan
Pendidikan Formal:
1. Madrasah Tsanawiyah
2. Madrasah Aliyah

Pendidikan Informal:
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur'an

Fasilitas
 Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
 2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Keorganisasian
-IPNU/IPPNU
-OSIS
-Pramuka
-PMR

Alamat
Jl. Sultan Syarif Hasyim, Simpang Belutu, Kandis, Simpang Belutu, Kandis, 28686, Kabupaten Siak, Riau