Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Banten 
Profil Pondok Pesantren Al- Inayah Cibeber Cilegon Banten
Pages: [1]

(Read 87 times)   

anon

  • Suyukhul Ma'had
  • *
  • anon No Reputation.
  • Join: 2020
  • Posts: 376
  • Logged


Pondok Pesantren Al- Inayah dibuat oleh seseorang kyai, bernama K. H. Junaedi Aziz. Beliau dilahirkan di desa Jerang Ilir Dusun Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon persisnya pada bertepatan pada 2 Maret 1935.

Pembelajaran yang ditempuh beliau, pada umur 7 tahun beliau masuk di Sekolah Orang( pagi hari) serta Madrasah Ibtidaiyah( petang hari) lolos tahun 1948. Setelah itu meneruskan ke Madrasah Tsanawiyah Al- Jauharotunnaqiyah Cibeber lolos pada tahun 1951. Sehabis lolos Madrasah Tsanawiyah, beliau meneruskan ke PGA sepanjang 6 tahun di Serbu. Disamping sekolah, beliau pula jadi santri di Cibeber kurang lebih 7 tahun serta menjajaki pengajian- pengajian pasaran di pesantren- pesantren di wilayah Banten.

Buat lebih menguatkan serta membagikan peluang pada santri buat berlatih kejenjang yang lebih tinggi serta resmi, dengan terdapatnya sokongan penuh dari para orang tua santri, pada tahun 1988 didirikanlah Madrasah Tsanawiyah, dengan memakai sarana yang terdapat pada dikala itu. Buat meningkatkan dedikasi beliau pada warga, spesialnya dalam bumi pembelajaran, pada tahun 1990 Al- Inayah dijadikan nama suatu Yayasan dengan nama Yayasan Pembelajaran Al- Inayah. Sehabis Yayasan ini berdiri hingga didirikanlah Madrasah Aliyah yang bermaksud buat menampung para alumnus MTs serta SLTP.

Pada tahun 1958 beliau menikah dengan Hj. Afifah. 14 Tahun sehabis pernikahannya mulailah merintis mendirikan Pesantren di desa tamannya, persisnya tahun 1972. Pada dikala itu anak didik/ santri yang terdapat baru 20 orang. Nama pesantren mengutip dari nama bapaknya ialah Pondok Pesantren Bani Aziz. Sehabis 12 tahun berdiri, mulailah pesantren ini diketahui oleh warga serta dikunjungi para santri dari bermacam wilayah, bagus dari Pulau Jawa ataupun dari luar pulau Jawa. Serta pada tahun 1984, nama Pondok Pesantren Bani Aziz ditukar dengan nama Pondok Pesantren Al- Inayah.
 
Dengan berdirinya Yayasan Pendidikan Al-Inayah, maka Yayasan membawahi beberapa lembaga pendidikan, adalah :

1. Pondok Pesantren Al-Inayah
2. Madrasah Tsanawiyah Al-Inayah
3. Madrasah Aliyah Al-Inayah
4. Majlis Ta’lim Al-Inayah

Pada tahun 1996 pendiri Pondok Pesantren sekaligus pendiri Yayasan di panggil oleh Allah SWT. yang maha Ghofur tepatnya pada tanggal 27 Juli 1996, dengan meninggalkan 1 Istri 3 anak perempuan 5 anak laki-laki serta meninggalkan 3 cucu perempuan dan 4 cucu laki-laki.Sebelum beliau meninggal kepengurusan Yayasan dan lembaga Pendidikan telah diserahkan kepada para putranya dengan disaksikan para dewan guru dan para santri. Adapun kepengurusannya sebagai berikut :

1. Dra. Hj. Abadiyah, M.Si sebagai ketua Yayasan
2. Drs. H. Nikmatullah, M.Si sebagai Kepala MA
3. Drs. H. Abu Nasor, MSI sebagai Kepala MTs
4. H. Abdul Rojak, S.Pd.I sebagai pimpinan Pondok Pesantren dan pembina Majlis Ta’lim.

Pada tahun 1997 Yayasan Pendidikan Al-Inayah mendirikan Koperasi Pondok Pesantren yang dinamakan KOPPINA (Koperasi Pondok Pesantren Al-Inayah) dan pada tahun itu pula mendirikan TK/TPA Islam Al-Inayah

Jadi sampai tahun 1999 Yayasan Pendidikan Al-Inayah telah mengelola 7 (lima) lembaga pendidikan dan 1 (satu) koperasi yaitu:
1. Pondok Pesantren Al-Inayah
2. Madrasah Tsanawiyah Al-Inayah
3. Madrasah Aliyah Al-Inayah
4. Majlis Ta’lim Al-Inayah
5. TKIT/ RA – TPA Al-Inayah
6. KOPPINA dan
7. KBIH Al-Inayah

EKSTRAKURIKULER
1.   Pramuka
2.   Drumband
3.   PMR
4.   PIK Remaja
5.   Kaligrafi
6.   Tilawatil Qur’an
7.   Dakwah
8.   Nasyid
9.   Marawis

ALAMAT
Jl. KH. M. Sadeli  No. 122 Jerang Ilir Cibeber, Cilegon, Banten, 42425
0254-380906