Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Jawa Barat 
Profil Pondok Pesantren Al-Ihya Pagaden Barat Subang
Pages: [1]

(Read 58 times)   

anon

  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • anon No Reputation.
  • Join: 2020
  • Posts: 767
  • Logged
Profil Pondok Pesantren Al-Ihya Pagaden Barat Subang
« on: 24 Dec, 2020, 09:19:40 »



Al- Ihya merupakan lembaga pembelajaran Islam yang terdapat di Desa Karangcegak, Dusun Cidahu, Kec. Pagaden Barat, Kab. Subang, Jawa Barat. Ekspedisi Al- Ihya berasal pada tahun 2004. TK Al- Ihya bagaikan cikal akan Pondok Pesantren Al- Ihya dibuat oleh Kyai Asep Sulaeman Sabanda. Anak- anakpun berduyun- duyun menuntut ilmu di TK ini.

Dengan bekal dini 20 anak didik, TK Al- Ihya yang dibuat oleh Kyai Asep Sulaeman Sabanda ini lalu bertumbuh dengan cepat. Sehabis 4 tahun berjalan, persisnya pada tahun 2008, Al- Ihya mendirikan Raudhatul Athfal( RA) di Kiarapedes, Purwakarta, dekat 50 Kilometer dari Karangcegak. Begitu juga TK di Dusun Cidahu, RA Kiarapedes juga bertumbuh cocok dengan kemajuan era.

10 tahun selanjutnya, persisnya pada bertepatan pada 22 September 2018, Kyai Asep mendirikan Pondok Pesantren Tahfid Qur`an, berasal 14 santriwati spesial putri yang lalu bermujahadah menghafalkan al- Qur`an, dilanjutkan dengan terdapatnya santri putra di tahun selanjutnya, pondok ini maju dengan cepat, sampai tahun 2020 santri serta santriwati Pondok ini berjumlah 94 santri serta santriwati.

PENGASUH
1.   H. Asep Sulaeman Sabanda
2.   H. Yayan Suryana, S.Ag.
3.   H. Zulfikar M. Ali Indra, Lc.

VISI
“Menjadi lembaga pendidikan Islam yang mencetak kader pemimpin umat yang shalih, hafidz, alim dan mahir (terampil) berjiwa pesantren dan menjadi sumber ilmu dan akhlak, untuk mengawal peradaban Islam sehingga mampu berkontribusi dalam masyarakat Indonesia dan dunia”.

MISI
1.   Mencetak kader pemimpin beriman dan bertakwa kepada Allah SWT yang terampil, unggul, berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, dan berpikiran bebas dengan dasar Islam, Iman, dan Ihsan serta berprestasi menuju terbentuknya khaira ummah.
2.   Mendidik dan mencetak para penghafal Al-Qur`an yang berkhidmat kepada masyarakat.
3.   Mengajarkan ilmu pengetahuan agama dan umum menuju terbentuknya ulama yang intelek.

PROGRAM
1.   Mendirikan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud)
2.   Mendirikan Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit)
3.   Mendirikan Kulliyyatul Mu`Allimin Al Islamiyah (Kmi) Tahfidz + Igcse (Setingkat Smp-Sma)
4.   Mendirikan Perguruan Tinggi
5.   Memperkuat Basis Wakaf Milik Yayasan Pondok

PENDIDIKAN
Bersamaan berjalannya durasi, Pondok Pesantren Tahfidz Qur`an Al- Ihya memperbaharui sistem pendidikannya. Pada bulan September 2019 Trimurti Penggagas Pondok sekalian Arahan Pondok memutuskan Kulliyyatul Mu`allimin Al- Islamiyyah( KMI) Tahfidz+ Kurikulum Cambridge bagaikan sistem Pembelajaran Pondok.

Sistem pembelajaran itu menghasilkan al- Qur`an bagaikan pondasi penting dalam pembelajaran dini untuk anak ajar bagaikan kandidat atasan pemeluk saat sebelum memperdalam ilmu agama dengan sistem Muallimin serta ilmu biasa dengan kurikulum Cambridge dengan era pembelajaran 6 tahun.

Dengan terdapatnya sistem serta program pembelajaran KMI, diharapkan bisa menciptakan guru- guru Islam, yang Shaleh, Alim, Hafidz, serta Ahli. Guru- guru itu hendak berjuang di lembaga- lembaga pembelajaran yang telah terdapat ataupun yang hendak diselenggarakan di lembaga Pembelajaran Al- Ihya.


ALAMAT
Jalan Raya Cidahu No. 15 KM. 2.5, Cidahu, Kec. Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat 41252