Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Jawa Tengah 
Profil Pondok Pesantren As-Salafiyah Margoyoso Pati
Pages: [1]

(Read 533 times)   

anon

  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • anon No Reputation.
  • Join: 2020
  • Posts: 802
  • Logged
Profil Pondok Pesantren As-Salafiyah Margoyoso Pati
« on: 14 Jan, 2021, 20:18:14 »



Pada dekat tahun 1900 wujud pesantren di Kajen mulai berupa klasikal ataupun bisa dikata mulai teratur apik walaupun belum berbentuk madrasah/ sekolah. Merupakan KH. Nawawi putra KH. Abdullah yang memelopori berdirinya Pondok Kulon Banon yang dikemudian hari bernama Halaman Pembelajaran Islam Indonesia( TPII). Selang 2 tahun di menyusul oleh KH. Siroj, putra KH. Ishaq pula mendirikan Pondok Wetan Banon yang dikemudianhari bernama Salafiyah.

Pada masanya, sebab dia tadinya seseorang saudagar banyak raya, hingga tidak gampang buat mendirikan sebagian pondokan serta satu musholla. Musholla di depan rumahnya ialah tempat pada mana orang menimba ilmu dari dia. Tempatnya yang tepi jalur benar membuat orangmudah mengenalinya.

Diiringi dengan gedung besar dari kusen di melintas jalur, KH. Siroj mengawali pengajian- pengajian mengenai keimanan serta kemasyarakatan. Dengan keunggulannya yang memperoleh ilmu ladunni, para santrinya juga terus menjadi hari terus menjadi meningkat. Inilah dini yang bagus untuk Yayasan Salafiyah yang diiringi dengan kebaikan hati serta kebersahajaan pendirinya. Mudah- mudahan bibit yang sudah ditanam KH. Siroj ini betul- betul dirawat oleh keturunannya dengan cara betul serta tepercaya.

Perkembangan Pesantren Wetan Banon yang lumayan cepat tidak bisa dipisahkan dari karakter KH. Siroj yang ialah malim serta akademikus terkenal. Para anak didik tua yang pula keluarga dekatnya, menemukan peluang buat menolong mengatur pesantren serta memiliki kontribusi dalam perkembangan pesantren.

Para santri terpikat dengan sistem pengajaran yang diserahkan olehnya. Bisa diamati muridnya semacam KH. Bisri Syamsuri yang jadi malim besar di Denanyar Jombang, ataupun KH. Hambali yang jadi figur terkenal di Waturoyo. Pondok Wetan Banon ini dipegang oleh KH. Siroj sepanjang 26 tahun dalam situasi ketegangan politik oleh kolonial Belanda.

Sepeninggalan KH. Siroj pada tahun 1928, Pondok Wetan Banon ini diurus oleh putranya, KH. Baedlowie serta KH. Hambali. Persisnya pada bertepatan pada 1 Januari 1935 kemudian duet kepemimpinan ini membuka Madrasah yang dikenal Madrasah Salafiyah. Madrasah ini dibentuk 3 tahun sehabis Madrasah Matholiul Falah yang dirikan oleh KH. Thohir, KH Durri, KH. Mahfudz serta KH. Abdullah Damai dari Kajen Kulon Banon serta Angket garut.

Madrasah Salafiyah dibentuk di sisi rumah serta pondok Wetan Banon bagian timur yang bertepatan KH. Siroj membagikan tanah itu buat diatur oleh KH Baedlowie. Dikala Salafiyah dipegang oleh wujud kharismatik KH Hambali serta KH Baedlowi, Madrasah bagaikan aksesoris dari pengajaran agama di pesantren itu nampak pola- pola pengelolaannya yang sedang digarap dengan cara perseorangan.

Penjulukan Salafiyah ini kesimpulannya lebih jelas serta diketahui oleh khalayak marak buat pesantrennya pula. Sebab itu masyrakat setelah itu mengatakan Madrasah Salafiyah tidak bebas dari Pondoknya, ialah Pondok Wetan Banon yang setelah itu tidak tahu mulai bila bertukar dengan Pondok Salafiyah. Cuma dekat 6 tahun madrasah ini melaksanakan aktifitasnya, tetapi semenjak era pendudukan fasis tentara Jepang( 1942) madrasah ditutup sedangkan.

Kajen jadi tempat yang diawasi dengan cara kencang. Sebagian pengelola Madrasah Salafiyah turut turun ke kancah politik peperangan, semacam ke Hisbullah ataupun menanggulangi keimanan di Penguasa.

PENGASUH
1.   KH. Siroj
2.   KH. Hambali
3.   KH. Baedlowi
4.   KH. Asmui Hasan
5.   KH. Ubaidillah Wahab

PENDIDIKAN
Pendidikan Formal
1.   Madrasah Ibtidaiyah
2.   Madrasah Tsanawiyah
3.   Madrasah Aliyah
4.   SMK

Pendidikan Non Formal
1.   Madrasah Diniyah Awaliyah, Wustho dan Ula
2.   TPQ
3.   Tahfidzul Qur'an

EKSTRAKURIKULER
1.   Kitab Kuning
2.   Bahtsu Masa'il
3.   Pidato
4.   Seni Kaligrafi
5.   Seni Hadroh
6.   Seni Tilawah Qur'an
7.   Khitobiyah
8.   Pembacan Maulid & Sholawat Majelis Sholawat Kubro
9.   Jam'iyyah Santri
10.   Pramuka
11.   Sepakbola
12.   Basket
13.   Volly Ball
14.   Badminton.
15.   Paskibra
16.   PMR
17.   Ketrampilan Hidup atau Wirausaha

FASILITAS
1.   Masjid
2.   Asrama Pesantren
3.   Gedung Sekolah
4.   Gudang
5.   Perpustakaan
6.   MCK/WC
7.   Laboratorium Komputer
8.   Laboratorium Bahasa
9.   Ruang tamu
10.   Kopontren
11.   Dapur
12.   Aula
13.   Lapangan
14.   Kantor
15.   Kantin
16.   Ruang Praktekum Ketrampilan Hidup: Menjahit, Bengkel, Komputer, Pertanian dan Perikanan

ALAMAT
Jalan Salafiyah, Desa Kajen Margoyoso Pati