Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Bali 
PROFIL Pondok Pesantren Raudlatul Huffadz Tabanan - Bali
Pages: [1]

(Read 1825 times)   

hujrohmin

  • Judud
  • *
  • hujrohmin No Reputation.
  • Join: 2021
  • Posts: 57
  • Logged




Simak yuk penjelasan profil singkat ponpes yang ada di tabanan bali berikut. yaitu raudlatul huffadz bali. yang awalnya yaitu Di wilayah yang terdapat di Jalan. A. Yani ini lah esoknya ia mengawali peperangan mendirikan Pondok Madrasah. Perihal yang awal kali ia jalani sesampainya di Bali merupakan mencari sahabat seperjuangan yang terdapat di Bali. Berasal dari penerapan pengajian di satu kecamatan yang belum terdapat mushalanya itu, Noor Hadi dkk yang carter tempat di suatu ruko pasar memperoleh perlawanan dari banyak orang setempat

Pada tahun 1979, dia dengan cuma berbekal mahfuz al- Qur’ an pergi merambah Pulau Dewata. Ayah yang pula masyarakat Nahdlatul Malim’( NU) ini terdampar di suatu mushala di Tabanan kala awal kali menginjakkan kaki di Bali. Selaku seseorang orang dagang yang terkini awal kali tiba ke Bali, perihal yang awal kali dicoba merupakan mencari tempat bermukim. Dengan keahlian ingat al- Qur’ an yang dipunyanya, ia sukses memastikan masyarakat setempat serta diperbolehkan bermukim di mushala itu.

Raudlatul Huffadz ialah salah satu dari sebagian Pondok Madrasah( PonPes) yang terdapat di Pulau Bali. Pondok ini dibuat oleh KH. Noor Hadi, seseorang mukmin asal Demak, Jawa Tengah serta terdapat di Jalan. A. Yani, Gg. Kamboja 1 atau 04, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali. Madrasah yang berdiri di tengah- tengah masyarakat yang notabene kebanyakan non- muslim ini mementingkan pada penghafalan al- Qur’ an disamping ilmu- ilmu agama yang lain. Selaku pondok yang berdiri di tengah kebanyakan masyarakat berkeyakinan hindu ini, pasti banyak bagian menarik yang pantas buat dibeberkan. Bagus dari bagian asal usul berdirinya hingga kedudukan serta langkah- langkah sampai sanggup populer di tengah kepungan keyakinan agama lain. Asal usul serta kerangka balik berdirinya pondok madrasah ini berasal dari kemauan dia Noor Hadi buat berceramah serta mendirikan madrasah di Bali.

Buat mewujudkan ambisinya itu, tahap dini yang dicoba oleh Hadi merupakan mengembalikan perekonomian pemeluk islam. Perihal ini bermaksud supaya jika pemeluk islam telah mapan, hingga aktivitas syi’ ar islam hendak lebih gampang buat direalisasikan. Ini tidak terbebas dari situasi pemeluk islam Bali yang memanglah“ kecil” tingkatan ekonominya apabila dibanding dengan pemeluk Hindu. Upaya yang direncanakannya itu memanen hasil sehabis memperoleh sokongan dari Gubernur setempat pada durasi itu yang memanglah dengan cara bertepatan pula berkeyakinan islam.

Tahap yang dia ambil ini tidak terbebas dari antusias serta dorongan dia buat menyi’ arkan islam serta mendirikan PonPes di Bali yang notabene jauh berlainan dari kebudayaan islam, bagus dari bidang adat, agama, serta etnic. Tetapi, Noor Hadi yang diliputi antusias al- Qur’ an beriktikad kalau cuma al- Qur’ an lah yang sanggup mendobrak seluruh perbandingan yang terdapat, sebab di dalam al- Qur’ an tidak ada sesuatu perbandingan. Cuma al- Qur’ an lah yang sanggup menuntaskan seluruh perbandingan yang terdapat. Perihal ini begitu juga bagian al- Qur’ an( QS. An- Nisa’: 59). Dengan antusias al- Qur’ an itu, kemauan dia buat mendirikan pondok madrasah di Bali terus menjadi menggebu.

penduduknya populer ramah serta bagus batin tanpa memandang agama orang lain. Perihal ini dibuktikan dari pengalaman Noor Hadi kala silih bertegur sapaan dengan masyarakat dekat. Tiap kali berjumpa ia senantiasa disapa dengan teguran yang amat ramah, semacam( ingin kemana?, red) kemudian disambung dengan( singgah, makan- makan dahulu, red).

Ditambah lagi dengan terdapatnya desakan dari guru dia, ialah Kyai Arwani, Bersih, supaya ia mendirikan suatu pondok serta diberi julukan Raudlatul Huffadz. Gedung awal kali pondok ini dibuat di atas sebidang tanah dengan dimensi 3x4 meter2 yang dia beli sendiri. Pada masa- masa dini, dia membimbing sendiri dengan anak didik ala kadarnya dan tidur bersama di lantai gedung yang kecil itu. Sehabis pondok berdiri, kemauan dia berikutnya merupakan membuat suatu langgar.

Hingga buat mensiasati perihal itu, hingga dicetuskan konsep buat silih lelang serta iuran di antara masyarakat untuk pembangunan langgar. Tidak hanya itu dalam bagan mempermudah dakwanya, ia bersama 6 orang temannya mulanya yang bertepatan bersama masyarakat NU, membuat sesuatu tubuh kepengurusan dengan tanpa Pesan Ketetapan( SK) dari PBNU. Dia mengangkut diri selaku Rais Suriah durasi itu. Tetapi dalam kemajuannya esok dia diresmikan Rais Suriah terlama mulai dari 1980- sekarang.

Dalam usahanya satu ini pula tidak terbebas dari bermacam hambatan. Antara lain merupakan kala memperoleh ajakan buat mendatangi 2 muktamar, Situbondo serta Yogya, mereka dilarang masuk sebab tidak mempunyai SK. Puncaknya merupakan kala menjelang muktamar di Pasuruan. Durasi itu pengasuh PBNU bawa pesan yang isinya mengenai pemejalan NU Bali. Tetapi, dengan seluruh usaha kesimpulannya saat ini NU Bali telah diakui serta Noor Hadi diresmikan selaku Rais Suriah terlama. Tidak hanya berprofesi selaku Rais Suriah, dia pula mengurus serta meningkatkan keberadaan PonPes Raudlatul Huffazh kepunyaannya.

Tetapi dalam langkahnya menemui bermacam hambatan. Mulai dari terdapatnya Peraturan Wilayah yang mewajibkan tiap pendirian tempat ibadah wajib terdapat komunitas sangat sedikit 60 KK sampai 100 KK serta disyaratkan wajib selaku owner tanah yang diakui selaku masyarakat dibuktikan dengan membuktikan KTP. Ditambah lagi dengan mengenang situasi pemeluk islam Bali tidak sering terdapat yang mempunyai tanah sendiri. Apalagi buat hadiah langgar, buat keinginan sendiri saja telah sulit.

TENTANG Alamat

Madrasah Raudlatul Huffadz Jalur A. Yani Gang Kamboja I atau 04 Kediri Tabanan, Bali

TENTANG Pendidikan

MTs, MA Raudlotul Huffadz, TPA, serta Madin

TENTANG Fasilitas

Sarana Pondok Madrasah: Langgar, mes santri, kantor, mes penjaga, dapur, bangunan sekolah, alun- alun, koperasi santri, bibliotek, makmal pc, makmal bahasa, bangunan, kamarmandi atau toilet, klinik kesehatan.

Kegiatan diluar formal

Seni baca Al- Quran, marawis, baca buku kuning, ceramah, pramuka, pc, bahasa asing, kaligrafi, pencak, basket, voli, sepakbola.

nah bagaimana sobat pembaca? beri komentar dibawah ya