Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Jawa Timur 
kamar pondok pesantren putri Kondisi dan Bentuknya, Penasaran?
Pages: [1]

(Read 1488 times)   

zannoism

  • Qudama
  • *
  • zannoism No Reputation.
  • Join: 2016
  • Posts: 106
  • Logged

halo para netzen yang budiman apakah kamu penasaran dan ingin tahu tentang gimana sih kondisi dari kamar pondok pesantren putri? simak ulasannya
 

Kamar Pondok Pesantren Gontor Putri

Pesantren ini populer dengan aplikasi patuh kemampuan bahasa asing Arab serta Inggris kaderisasi serta jaringan alumni yang amat kokoh. Sarana pesantren Gontor bagi kita simpel.

Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo PMDG ataupun lebih diketahui dengan Pondok Modern Gontor merupakan salah satu pondok pesantren yang terdapat di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.


Kamu penasaran dengan atmosfer Kamar Pondok Pesantren Gontor?

Bila iya, hingga Kamu amat pas mendatangi postingan kita ini. Di postingan ini kita hendak sedikit membahas hal profil pendek serta atmosfer kamar yang hendak santri rasakan sepanjang jadi santri di salah satu pondok yang berumur berumur ini.

Profil Pendek Gontor

Siapa yang tidak tahu dengan Pesantren Gontor? Dapat ditentukan nyaris seluruh orang di Indonesia, spesialnya kalangan berpendidikan mengenali pesantren yang satu ini. Pendidikannya yang modern, penataran bahasa asing yang mengakar, serta pembelajaran ketertiban yang jelas ialah image dari pesantren yang sesaat lagi hendak merambah umurnya yang ke 95 tahun.

Dalam asal usul pendidikannya, tidak terbatas telah berapa banyak pelayanan yang diserahkan Gontor untuk Nusantara. Belum lagi dengan banyaknya alumni yang jadi tokoh- tokoh berarti Nasional.

Diantara alumni gontor yang jadi figur Negeri merupakan( Alm) KH Hasyim Muzadi( mantan Pimpinan NU), Profesor Dokter Din Syamsuddin( mantan Pimpinan MUI serta Muhammadiyah), Dokter KH Hidayat Nur Satu( mantan Pimpinan MPR), serta sedang banyak lagi figur nasional alumin Gontor yang tidak dapat kita sebutkan disini.

Sebab reputasinya yang telah populer di seantero negara, tidak bingung banyak orang berumur yang terpikat buat memasukkan buah hatinya ke Pesantren Gontor. Apalagi saat ini jumlah totalitas santrinya sudah menggapai dekat nilai 30. 000. Yang mana para santri itu tinggal di pondok pusat serta bermacam pondok agen yang terhambur di bermacam wilayah.

Pasti Kamu hendak berpikir selaku pesantren yang sudah diakui selaku pesantren modern terbaik di Indonesia, tentu Gontor hendak memanjakan tiap santrinya dengan bermacam sarana. Kamu bisa jadi memikirkan suatu pesantren yang asramanya elegan, terdapat Toilet didalam, terpasang Ac, ranjang tingkatan, serta bermacam keglamoran yang lain. Apakah anggapan Kamu itu betul?

Nah buat menanggapi pertanyan itu, kita hendak sedikit membahas hal sarana serta atmosfer kamar Pondok Pesantren Gontor. Selanjutnya keterangannya!

Kamar Santri

Dalam penjatahan kamarnya, Pesantren Gontor mempraktikkan system penjatahan kamar bersumber pada angkatannya. Dalam sebutan Gontor penjatahan itu dengan Rayon. Buat santri terkini esoknya hendak merambah Rayon Sigor Terkini, kategori 2 serta kategori 3 menaiki Rayon Sigor. Setelah itu kategori 4 serta kategori 3 intensif hendak menaiki Rayon Melambaikan. Ada pula kategori 5 serta 6 hendak menaiki kamar cocok jabatannya dalam aspek kepengurusan santri.

Tiap rayon esoknya mempunyai sebagian kamar, yang mana tiap kamar ditempati dekat 20 santri. Hal dimensi kamarnya tidak sangat besar serta tidak sangat kecil. Setelah itu sarana yang terdapat di dalam kamar juga dapat dikatakan ala kadarnya, apalagi amat jauh berlainan dari kamar yang terdapat di pesantren modern pada biasanya.

Buat kasurnya, santri cuma memakai tipe kasur semacam Kasur Palembang yang dapat dibilang lumayan pipih. Tidak terdapat ranjang bersusun semacam pesantren modern mayoritas. Karenanya dikala dalam posisi tidur di malam hari, santri semacam terletak di dalam kamp pengungsian korban musibah alam. Tidak terdapat kipas angin, kamar mandi dalam ruangan, AC, ataupun sarana elegan yang lain. Sangat tidak tiap santri cuma memperoleh sarana lemari yang tidak sangat besar.

Hal kamar mandinya, bagian ini terdapat di bagian balik tiap rayonnya. Wujud kamar mandinya berbanjar semacam kamar mandi yang terdapat di langgar serta SPBU. Tidak terdapat sarana elegan semacam shower, kolam tidur, air hangat, dan lain- lain. Seluruhnya amat simpel. Apalagi sering- kali sebagian kamar mandinya didesain dengan memakai satu kolam buat seluruh kamar mandi.

Setelah itu di dekat kamar mandi, ada ruangan buat membersihkan serta tempat menjemur busana. Umumnya para santri hendak membersihkan bajunya dengan cara berjamaah pada hari Jumat. Perihal ini disebabkan hari Jum’ at ialah hari independensi untuk para santri. Ada pula untuk santri yang berat kaki membersihkan, hingga dapat memakai pelayanan laundry yang dikoordinir oleh pengasuh.

Atmosfer Kamar

Sebab agendanya yang amat padat berkerumun semacam kemacetan di Jakarta, hingga kamar santri umumnya lebih kerap kosong dari di isi penghuninya. Para santri lebih banyak menghabiskan waktunya di luar kamar. Bagus itu di dalam kategori, langgar, alun- alun, sanggar music, serta tempat penataran yang lain buat melaksanakan cara penataran.

Dapat dibilang amat sedikit sekali durasi senggang untuk para santri, sebab itu umumnya para santri hendak menggunakan benar durasi senggang yang terdapat selaku durasi buat beralih ke alam mimpi. Walaupun cuacanya amat panas serta tidak terdapat kipas angin ataupun AC di dalamnya, para santri hendak tertidur dengan nyenyak. Perihal ini pasti sebab lelahnya mereka dalam peperangan menelaah ilmu.

Makan serta Minum Santri

Buat Mengenai desakan santapan untuk para santri, Gontor mempunyai metode yang amat apik dalam penjatahannya. Tiap durasi makan para santri hendak terkumpul di ruang makan. Mereka diharuskan buat bawa perabotan makan tiap- tiap. Setelah itu mereka hendak mengantre semacam antrean bansos buat memperoleh santapan.

Santapan yang diserahkan hendak ditakar oleh aparat bagian dapur. Umumnya aparat dapur merupakan para santri tua yang telah diberi tepercaya itu tadinya. Bila belum kenyang, hingga santri tidak bisa menaikkan balik. Bila santri sedang lapar, hingga santri dapat membeli santapan yang ada di kedai pesantren.

Ada pula buat permasalahan air minumnya, pengasuh sediakan satu buah galon yang ditaruh di tiap- tiap kamar. Esoknya dari tiap kamar hendak ditunjuk agenda jaga setiap hari buat memuat balik galon yang habis. Pengisiannya dicoba di gardu galon yang telah diadakan pesantren.

Kamu terpikat memasukkan anak kamu ke kamar pesantren pondok putri?