Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Knowledge  Tarbiyah / Education 
MOTIVASI BELAJAR NISA’IYAH KELAS 3 INTENSIVE DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR
Pages: [1]

(Read 5938 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2615
  • Logged


MOTIVASI BELAJAR NISA’IYAH KELAS 3 INTENSIVE DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 1 SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI
TAHUN AJARAN 1432/1433 H
(PROBLEMATIKA DAN PENYELESAIANNYA)


Motivasi merupakan suatu hal yang mendorong seseorang untuk berbuat. Hal tersebut membantu seseorang untuk menjadikan harapan dan tujuannya berhasil. Oleh karena itu motivasi merupakan dasar dalam belajar. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri adalah lembaga pendidikan Islam, dan untuk mencetak kader-kader umat dan mempersiapkan mereka untuk menjadi wanita sholehah, sebagai pejuang, dan yang mempunyai figur Sittil-kull di setiap kehidupannya, di dalam keluarga ataupun masyarakatnya. Dan peran wanita sebagai ibu rumah tangga, juga sebagai calon istri yang harus terbiasa dengan kegiatan keputrian, seperti memasak, menjahit, mengatur pembelajaran, mengatur rumah tangga dan lain-lain.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pendidikan nisa’iyah bagi siswi kelas 3 intensive Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 tahun ajaran 1432-1433 H (2) Mengetahui permasalahan motivasi belajar nisa’iyah siswi kelas 3 intensive (3) Mengetahui penyelesaian masalah motivasi belajar nisa’iyah siswi kelas 3 intensive.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan 3 metode, yaitu: Metode Observasi, Metode Wawancara dan Metode Dokumentasi. Analisis data yang di pakai mengacu pada Miles dan Hubermen yaitu: Reduksi data, Display dan Analisis data, dan kesimpulan dan Verifikasi.
Dari hasil analisis penelitian tersebut ialah: (1). Pendidikan nisa’iyah kelas 3 intensive adalah pendidikan yang diberikan pondok untuk persiapan masa depan santri yang berisi tentang akhlakul karimah, sifat-sifat yang terpuji dan berbagai kegiatan keputrian. Motivasi belajar dibedakan menjadi 2, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Adapun motivasi intrinsik meliputi adanya kemauan yang kuat dalam diri siswa untuk belajar. Sedangkan  motivasi ekstrinsik meliputi keinginan untuk menjadi wanita sholehah, untuk menambah ilmu, dan persiapan untuk menjadi istri yang bertanggung jawab. (2). Masalah-masalah dalam motivasi belajar nisa’iyah: a) kurang praktek dari pengajar b) jam pelajaran terakhir c) materi yang banyak menjadi sebab kemalasan d) pengajar kurang semangat karena jam terakhir.( 3). Penyelesaiannya : a) pengajar harus memberi contoh yang baik b) kepada staff kmi untuk tidak menaruh pelajaran ini pada jam terakhir c) membagi  waktu untuk membaca dan belajar d) pengajar harus semangat dalam mengajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan 1) kepada pengajar nisa’iyah untuk memberi taujihad tentang pentingnya pelajaran ini  2) kepada seluruh pengajar untuk memberi suri tauladan yang baik 3) kepada siswa kelas 3 intensive untuk tidak bermalas-malasan dan meremehkan pelajaran ini.

مخلص
دوافع تعلّم النسائية لطالبات الفصل الثالث التكثيفي بمعهد دار السلام كنتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي 1432-1433ه  (قضيّة وحلّها)

الدوافع هي أمر من الأمور التى تدعو وتحث النفس على القيام بالعمل، وهى الأمور التى تعين الأغراض من أعمال الإنسان. فالدواغع هى محرك أساسى على التعلم. معهد دار السلام كنتور للبنات للتربية الإسلامية هى مؤسسة التربية الإسلامية، وهذا المعهد في تتجه لتربية الدراسة الإسلامية لإعداد كوادر الأمة، لتكون المرأة الصالحة والمجاهدة والمستولية أى "ست الكل" sittil kull والمشتركة والمحركة في جميع جهات الحياة إما في الأسرة أو المجتمع. وكانت دورة المرأة الصالحة والمسلمة ومربية البيت وكمشرحة الزوجة، وجب عليها أن تتعود بمهارة السجية عن النسائية، مثل : الطبخ والخياطة وتنظيم التعلم وتنظيم البيت.
والهدف من هذا البحث لمعرفة عن : (1) التربية النسائية لطالبات الفصل الثالث التكثيفي بمهعد دار السلام كنتور للبنات الأول العام 1432-1433 ه (2) قضايا دوافع تعلم النسائية لطالبات الفصل الثالث التكيفي (3) حل قضايا دوافع تعلم النسائية لطالبات الفصل الثالث التكثيفي.
هذا البحث بحث وصفية كيفية وإستخدمت الباحثة لجمع البيانات بطريقة الملاحظة والمقابلة والوثائق المكتوبة. وأما تحليل البيانات فيسير على طريقة الوصفية تصور حالة معهد دار السلام كنتور للبنات الأول واستمرت بالطرق ميلس وهوبيرمان (Miles & huberman) تشمل ثلاث خطوات هى: تخفيض البيانات، عرض البيانات، والإستنباط.
فنتيجة المحصولة من هذا البحث هى: (1) التربية النسائية لطالبات الفصل الثالث التكثيفي يعني التربية التي أعطى المعهد لاستعدادهنّ في حياة المستقبلة يشمل على الأخلاق الكريمة، الصفة الحسنة وجميع الأعمال اللازمة للمرأة. تنقسم الدوافع إلى قسمين: الدوافع الداخلية والدوافع الخارجية. الدوافع الداخلية هي وجود الهمة والإرادة القوية في نفوسهن لتعلم. والدوافع الخارجية هي لتكون مرأة الصالحة، لزيادة المعلومة ولإستعداد لتكون زوجة المسؤولة نحو عملها (2) قضايا دوافع تعلم النسائية: أ) قلّة العملية من المدرسات ب) وضع هذا الدرس في الخصة الأخيرة ج) الموضوعات الكثيرة في درس النسائية تسبب إلى الكسل د) والمدرسة لم تكن نشيطة في التعليم (3) حل قضايا دوافع تعلم النسائية :أ) لمدرسات النسائية أن تعطي التوجيهات والقدوة الحسنة في يومهنّ ب) لقسم التعليم تكلية المعلمات الإسلامية أن لا تضع هذا الدرس في الخصة الأخيرة ج) تقسيم الوقت للقراءة والتعلم لهذه المادة د) للمدرسة أن تكون نشيطة في التعليم.
بناء على النتيجة السابقة أرادت الباحثة أن بلقي بعض التوصية ليكون فيها اهتمام خاص. وعلى:(1) مدرسات النسائية أن تعطي  التوجيهات والإرشادات عن أهمية هذه التربية لحياتهن في المستقبلة (2) المدرسات أن تعطي القدوة الحسنة نحو طالباتهنّ لكل يومهنّ (3) طالبات الفصل الثالث التكثيفي أن لا تتكسلنّ ولا تهملنّ بهذه المادة و لازم أن تسعين لتكون مرأة الصالحة في الأسرة والمجتمع.
 

intanmasita

  • Capel
  • *
  • intanmasita No Reputation.
  • Join: 2021
  • Posts: 1
  • Logged

MOTIVASI BELAJAR NISA’IYAH KELAS 3 INTENSIVE DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 1 SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI
TAHUN AJARAN 1432/1433 H
(PROBLEMATIKA DAN PENYELESAIANNYA)


Motivasi merupakan suatu hal yang mendorong seseorang untuk berbuat. Hal tersebut membantu seseorang untuk menjadikan harapan dan tujuannya berhasil. Oleh karena itu motivasi merupakan dasar dalam belajar. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri adalah lembaga pendidikan Islam, dan untuk mencetak kader-kader umat dan mempersiapkan mereka untuk menjadi wanita sholehah, sebagai pejuang, dan yang mempunyai figur Sittil-kull di setiap kehidupannya, di dalam keluarga ataupun masyarakatnya. Dan peran wanita sebagai ibu rumah tangga, juga sebagai calon istri yang harus terbiasa dengan kegiatan keputrian, seperti memasak, menjahit, mengatur pembelajaran, mengatur rumah tangga dan lain-lain.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pendidikan nisa’iyah bagi siswi kelas 3 intensive Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 tahun ajaran 1432-1433 H (2) Mengetahui permasalahan motivasi belajar nisa’iyah siswi kelas 3 intensive (3) Mengetahui penyelesaian masalah motivasi belajar nisa’iyah siswi kelas 3 intensive.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan 3 metode, yaitu: Metode Observasi, Metode Wawancara dan Metode Dokumentasi. Analisis data yang di pakai mengacu pada Miles dan Hubermen yaitu: Reduksi data, Display dan Analisis data, dan kesimpulan dan Verifikasi.
Dari hasil analisis penelitian tersebut ialah: (1). Pendidikan nisa’iyah kelas 3 intensive adalah pendidikan yang diberikan pondok untuk persiapan masa depan santri yang berisi tentang akhlakul karimah, sifat-sifat yang terpuji dan berbagai kegiatan keputrian. Motivasi belajar dibedakan menjadi 2, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Adapun motivasi intrinsik meliputi adanya kemauan yang kuat dalam diri siswa untuk belajar. Sedangkan  motivasi ekstrinsik meliputi keinginan untuk menjadi wanita sholehah, untuk menambah ilmu, dan persiapan untuk menjadi istri yang bertanggung jawab. (2). Masalah-masalah dalam motivasi belajar nisa’iyah: a) kurang praktek dari pengajar b) jam pelajaran terakhir c) materi yang banyak menjadi sebab kemalasan d) pengajar kurang semangat karena jam terakhir.( 3). Penyelesaiannya : a) pengajar harus memberi contoh yang baik b) kepada staff kmi untuk tidak menaruh pelajaran ini pada jam terakhir c) membagi  waktu untuk membaca dan belajar d) pengajar harus semangat dalam mengajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan 1) kepada pengajar nisa’iyah untuk memberi taujihad tentang pentingnya pelajaran ini  2) kepada seluruh pengajar untuk memberi suri tauladan yang baik 3) kepada siswa kelas 3 intensive untuk tidak bermalas-malasan dan meremehkan pelajaran ini.

مخلص
دوافع تعلّم النسائية لطالبات الفصل الثالث التكثيفي بمعهد دار السلام كنتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي 1432-1433ه  (قضيّة وحلّها)

الدوافع هي أمر من الأمور التى تدعو وتحث النفس على القيام بالعمل، وهى الأمور التى تعين الأغراض من أعمال الإنسان. فالدواغع هى محرك أساسى على التعلم. معهد دار السلام كنتور للبنات للتربية الإسلامية هى مؤسسة التربية الإسلامية، وهذا المعهد في تتجه لتربية الدراسة الإسلامية لإعداد كوادر الأمة، لتكون المرأة الصالحة والمجاهدة والمستولية أى "ست الكل" sittil kull والمشتركة والمحركة في جميع جهات الحياة إما في الأسرة أو المجتمع. وكانت دورة المرأة الصالحة والمسلمة ومربية البيت وكمشرحة الزوجة، وجب عليها أن تتعود بمهارة السجية عن النسائية، مثل : الطبخ والخياطة وتنظيم التعلم وتنظيم البيت.
والهدف من هذا البحث لمعرفة عن : (1) التربية النسائية لطالبات الفصل الثالث التكثيفي بمهعد دار السلام كنتور للبنات الأول العام 1432-1433 ه (2) قضايا دوافع تعلم النسائية لطالبات الفصل الثالث التكيفي (3) حل قضايا دوافع تعلم النسائية لطالبات الفصل الثالث التكثيفي.
هذا البحث بحث وصفية كيفية وإستخدمت الباحثة لجمع البيانات بطريقة الملاحظة والمقابلة والوثائق المكتوبة. وأما تحليل البيانات فيسير على طريقة الوصفية تصور حالة معهد دار السلام كنتور للبنات الأول واستمرت بالطرق ميلس وهوبيرمان (Miles & huberman) تشمل ثلاث خطوات هى: تخفيض البيانات، عرض البيانات، والإستنباط.
فنتيجة المحصولة من هذا البحث هى: (1) التربية النسائية لطالبات الفصل الثالث التكثيفي يعني التربية التي أعطى المعهد لاستعدادهنّ في حياة المستقبلة يشمل على الأخلاق الكريمة، الصفة الحسنة وجميع الأعمال اللازمة للمرأة. تنقسم الدوافع إلى قسمين: الدوافع الداخلية والدوافع الخارجية. الدوافع الداخلية هي وجود الهمة والإرادة القوية في نفوسهن لتعلم. والدوافع الخارجية هي لتكون مرأة الصالحة، لزيادة المعلومة ولإستعداد لتكون زوجة المسؤولة نحو عملها (2) قضايا دوافع تعلم النسائية: أ) قلّة العملية من المدرسات ب) وضع هذا الدرس في الخصة الأخيرة ج) الموضوعات الكثيرة في درس النسائية تسبب إلى الكسل د) والمدرسة لم تكن نشيطة في التعليم (3) حل قضايا دوافع تعلم النسائية :أ) لمدرسات النسائية أن تعطي التوجيهات والقدوة الحسنة في يومهنّ ب) لقسم التعليم تكلية المعلمات الإسلامية أن لا تضع هذا الدرس في الخصة الأخيرة ج) تقسيم الوقت للقراءة والتعلم لهذه المادة د) للمدرسة أن تكون نشيطة في التعليم.
بناء على النتيجة السابقة أرادت الباحثة أن بلقي بعض التوصية ليكون فيها اهتمام خاص. وعلى:(1) مدرسات النسائية أن تعطي  التوجيهات والإرشادات عن أهمية هذه التربية لحياتهن في المستقبلة (2) المدرسات أن تعطي القدوة الحسنة نحو طالباتهنّ لكل يومهنّ (3) طالبات الفصل الثالث التكثيفي أن لا تتكسلنّ ولا تهملنّ بهذه المادة و لازم أن تسعين لتكون مرأة الصالحة في الأسرة والمجتمع.