Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Knowledge  Bahasa Arab 
PENGARUH EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TILAWATUL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUA
Pages: [1]

(Read 1085 times)   

Admin

  • Administrator
  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • Admin No Reputation.
  • Join: 2013
  • Posts: 2615
  • Logged


PENGARUH EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TILAWATUL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN KEFASIHAN BERBICARA DALAM PENGUCAPAN BAHASA ARAB UNTUK JAM’IATUL QURA’I 
PONDOK MODERN GONTOR PUTRI I DI SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1433 H / 2012 M


Efektivitas kegiatan ekstrakurikuler tilawatul Qur’an sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan santriwati khususnya dalam materi tilawatul Qur’an. Kekurangan jam pelajaran serta terbatasnya materi tilawatul Qur’an yang diberikan dianggap sebagai penyebab kurangnya dalam memahami, menghayati dan mengamalkan Al-Qur’an. Kekurangan dalam memahami Al-Qur’an telah memiliki pengaruh dalam pengguanaan bahasa arab. Bahasa Arab adalah salah satu bahasa resmi yang digunakan oleh santriwati Pondok Modern Gontor Putri I dalam percakapan sehari-hari, dan sebagian santriwatinya tidak berbicara bahasa arab dengan fasih.Maka dengan belajar  tilawatul Qur’an dapat meningkatkan kefasihan dalam pengucapan bahasa Arab dan juga sebagai dasar pokok di dalam pembelajaran agama. Atas dasar ini penulis bermaksud membahas tilawatul Qur’an dan kemampuan kefasihan dalam pengucapan bahasa Arab pada percakapan sehari-hari anggota jam’iatul qura’i.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan tilawatul Qur’an anggota jam’iatul qura’i KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I tahun ajaran 1433 H / 2012 M. ( 2) kemampuan kefasihan berbicara bahasa Arab anggota jam’iatul qura’i KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I tahun ajaran 1433 H / 2012 M. (3) Ada tidaknya pengaruh tilawatul Qur’an  terhadap kemampuan kefasihan berbicara bahasa Arab anggota jam’iatul qura’i  KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I tahun ajaran 1433 H / 2012 M.
      Penelitian ini merupakan penelitian lapangan deskriptif kuantitatif, untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode angket untuk mendapatkan data-data santriwati jam’iatul qura’i dan menggunakan test untuk mendapat nilai-nilai hasil test lisan dalam tilawatul Qur’an dan kefasihan dalam berbicara bahasa Arab. Sedangkan dalam menganalisis data penulis menggunakan metode statistik dengan rumus Korelasi Product Moment.
      Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Tilawatul Qur’an santriwati jam’iatul qura’i Jayyid dengan nilai 63,07. (2) Kemampuan kefasihan santriwati jam’iatul qura’i dalam berbicara bahasa Arab Jayyid dengan nilai 62,08. ( 3) Ada hubungan antara tilawatul Qur’an terhadap kemampuan kefasihan berbicara bahasa Arab santriwati jam’iatul qura’i KMI pondok Modern Darussalam Gontor Putri I tahun ajaran 1433 H / 2012 M. Hal tersebut berdasarkan pada hasil hitungan dengan rumus Korelasi Product Moment.
      Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru untuk meningkatkan aspek-aspek penunjang tilawatul Qur’an dan aspek-aspek penunjang kemampuan kefasihan berbicara bahasa Arab dan kepada para santriwati khususnya jami’atul qur’i untuk berbicara Bahasa Arab dengan fasih dan tilawatul Qur’an sesuai dengan Qo’idah yang baik dan benar.

ملخص
تأثير فعالية الدراسة اللامنهجية من تلاوة القرآن بكفاءة فصاحة الكلام فى نطق اللغة العربية لجمعية القراء بمعهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي 1433 ه/2012 م

إن فعالية الدراسة اللامنهجية من تلاوة القرآن لها دور هام لمعاونة وترقية معرفة الطالبات عن طريقة قراءة القرآن بالتلاوة خاصة. نقصان حصة التدريس وتحديد مادة قراءة القرآن بالتلاوة هو يسبب إلى نقصان الفهم لبعض الطالبات في تحقيق الخضوع والعمل عن قراءة القرآن. ونقصان في فهم القرآن له اثر في استخدام اللغة العربية. اللغة العربية إحدى اللغات التي استخدمتها طالبة معهد دار السلام كونتور للبنات الأول لتكون لغة رسمية وحديث يومها، وبعض طالبات لم يقدرن في فصاحة الكلام. فتعلم قراءة القرآن بالتلاوة هو طريقة لترقية كفاءة فصاحة الكلام فى نطق اللغة العربية وأساس فى الدراسة الدينية. لأن قراءة القرآن وتحقيق الخضوع بالتلاوة لها دور هام عند المسلم. فيحتجن الطالبات إلى استيعاب تلاوة القرآن. وهذا يعاون على كفاءتهنّ في التكلم العربي الجيد والفصيح. بناء على ذلك، كتبت الباحثة هذه الرسالة عن تلاوة القرآن و فصاحة الكلام العربي لجمعية القراء.
أهداف هذا البحث هى لمعرفة عن مستوى تلاوة القرآن لجمعية القراء، وكفاءة فصاحة الكلام في نطق اللغة العربية لجمعية القراء، وتأثير بين تلاوة القرآن وفصاحة الكلام العربي لجمعية القراء بمعهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي  1433 ه/2012 م.
استخدمت الباحثة نوع الدراسة الميدانية الكمية ،ولقلة عدد القارئة فأخذت الباحثة جميع أفراد طالبات قارئة القرآن من جمعية القراء. وللحصول إلى هذه الأهداف فتستخدم الباحثة الوثائق المكتوبة (Written Record) لنيل حقائق طالبة قارئة القرآن في جمعية القراء والاختبار الشفهي لنيل نتائج الطالبة في تلاوة القرآن وفصاحة الكلام. وفي جمع الحقائق بطريقة التحليل الإحصائي (Statistical Analysis Method) على نوع الإنتاج (Product Moment).
   ونتائج البحث هي:(1) أن تلاوة القرآن لجمعية القراء جيدة بالنتيجة 63،07 (2) أن فصاحة الكلام العربي لجمعية القراء جيدة. بالنتيجة 62،08. (3) يوجد التأثير بين تلاوة القرآن وفصاحة الكلام العربي لجمعية القراء بمعهد دار السلام  كونتور للبنات الأول العام الدراسي 1433/2012، وبهذا  فأصبحت الفرضية اللاغية (Null Hypothesis/ho) مرفوضة، والفرضية الإختيارية (Alternative Hypothesis/ha)مقبولة. مؤسسا على نتائج البحث السابقة، فترجو الباحثة على جميع مسؤول كلية المعلمات الإسلامية عن طريقة ترقية العوامل الدافعة لتلاوة القرآن والعوامل الدافعة لفصاحة الكلام خاصة لجمعية القراء، وعلى جميع الطالبات أن يتكلمن العربية الفصيحة ويقرأن القرآن بالتلاوة الصحيحة.