Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Sumatera Selatan 
Profil Pondok Pesantren Modern Al- Furqon Prabumulih
Pages: [1]

(Read 13 times)   

anon

  • Proletar
  • *
  • anon No Reputation.
  • Join: 2020
  • Posts: 195
  • Logged
Profil Pondok Pesantren Modern Al- Furqon Prabumulih
« on: 16 Sep, 2020, 07:35:02 »


Pondok Pesantren Modern Al- furqon merupakan salah satu dari 2 Pesantren yang terdapat di kota Prabumulih, Pondok Pesantren Modern Al- furqon berdiri diatas tanah 14 ha. pondok ini dibuat pada bertepatan pada, 04 januari 1996, dengan no Tubuh Hukum: Nomor. 10 bertepatan pada 04 Desember 1996 setelah itu pengesahan di jalani oleh Notaris Hamidayanti Hamid. SH. Yang diketuai oleh Dokter. H. Abdul

Belas kasih Muhammad. Sp. OG. MM. Mulai beroprasi semenjak bertepatan pada 15 juli 2002, di dasar kepemimpinan KH. Mahmudi Basri. Setelah itu ponpes Al- furqon ditetapkan oleh Mentri Sosial RI pada bertepatan pada 08 Februari 2003. Santri Alumni awal berjumlah 65 orang serta 15 orang daya guru, pada tahun awal pondok pesantren cuma mendirikan MTS saja, setelah itu pada tahun kedua kemudian membuat MA ataupun aliyahnya, bersamaan ekspedisi durasi buat dikala ini pesantren telah melulusakan 9 rentang waktu ataupun 9 kali alumni. Pondok Pesantren Modern Al- furqon merupakan lembaga pembelajaran yang mencampurkan kurikulum Pesantren dengan sisitem Klasik, kemenag serta kemendikdasmen, yang sebanding dengan SMP/ MTS( Madrasah Tsanawiyah) serta SMA/ MA( Madrasah Aliyah) yang umum diucap Kuliatul Mu’ allimin Wal- Mu’ allimat Al- Islamiyah( KMI) dengan mempraktikkan penataran 3 bahasa, ialah Bahasa Arab, Bahasa Inggris serta Bahasa Indonesia.

Dini mula pesantren ini di didikan ialah berasal dari pemberian hadiah tanah oleh bunda Zainab binti Nangiman pada Dokter. H. Abdul Belas kasih Muhammad. Sp. OG. MM. setelah itu di wakafkan sehabis tahun selanjutnya oleh bunda Nur Laila binti Haji Marsuki. pemberian tanah itu diserahkan pada tahun 1997 serta penyumbang terbanyak merupakan Dokter. H. Abdul Belas kasih Muhammad. Sp. OG. MM, setelah itu ekspansi area ialah dengan membeli tanah di dekat Pondok Pesantren sampai berjumlah 14 ha. Dini pembangunan Pondok Pesantren Modern Al- furqon dibidang infrastruktur PPM Al- furqon membuat sebagian bangunan pada tahun awal yakini berbentuk satu kategori, satu buah perubamahan ustad serta satu buah dapur pesantren pula asrama. Bersamaan berjalanya durasi pembangunan pondok pesantren terus menjadi meningkat, teruji pada tahun 2011 PPM Al- furqon sudah mempunyai 6 kategori gedung permanen serta 5 kategori semi permanen. 2 bangunan asrama putri permanen, 2 kedai/ koprasi, perumahan guru serta 1 tempat ibadah/ Langgar 1 buah. Awal mulanya disekitar pondok belum terdapat bangunan- bangunan ataupun asli sedang hutan, setelah itu sehabis terdapatnya pesantren perkonomian wargapun pula dipengaruhi, mulai terdapatnya pedagang- pedagang yang berdagang di sejauh jalur, Pesantren Modern Al- furqon mempunyai sasaran tiap tahun senantiasa terdapat pembangunan, kondisi pesantren terus menjadi bertambah walaupun lama- lama tetapi tentu.

Setelah itu dalam aspek pembangunan psikologis kebatinan PPM Al- furqon tidak hanya aktif melaksanakan pembinaan pada semua santri, pula mencermati warga dekat serta melaksanakan pembinaan- pembinaan serta amatan keislaman pula berkaitan bagus dengan warga alhasil warga menjawab serta menyambut dengan bagus PPM Al- furqon. ada pula Badan penggagas ppm al- furqon bagaikan selanjutnya:

1. Dr.H.Abdul  Rahman Muhammad. Sp.OG.MM
2. KH. Abdul Malik Musir. Lc
3. KH.Drs. Mahmudi Basri
4. Mahfud Afandi S.Pd.I
5. Muhaimin Syahron
6. Malikuswari Dahlan

VISI
Unggul dalam Keimanan, Ketaqwaan, dan Keilmuan (UK 3)

MISI
1.   Melakukan pendidikan dan pembinaan akidah dan akhlak
2.   Melakukan pembinaan ibadah yang benar
3.   Melakukan pembinaan secara seimbang, jasmani, rohani dan fikri
4.   Melaksanakan pembelajaran secara terpadu
5.   Sembentuk SDM yang menguasai Al-quran dan bahasa
6.   Membentuk SDM yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat

KEKHUSUSAN PONDOK PESANTREN AL-FURQON
1.   Konsentrasi Pada Pembinaan Santri Terhadap Pemahaman Al-Quran (Qur’ani) Dan Aqidah As-Shohihah
2.   Dikelola Oleh Kalangan Akademisi Yang Konsen Dengan Pembangunan Dan Pengembangan Mental Spiritual Generasi Muda
3.   Perspektifnya Pembangunan Karakter Moral Di Kalangan Remaja, Pemuda Dan Masyarakat

KURIKULUM
      Menyinggu tentang perencanaan kurukulum pembelajaran pada Pondok Pesantren Modern Al-furqon. PPM Al-furqon menggabungkan antara Kurikulum Pesantren dengan metode Klasik, kemenag, dan kemendikdasmen. Diharapkan anak dapat menguasai keilmuan Agama maupun Umum.

TARGET LULUSAN
1.   Target lulusan PPM Al-furqon
2.   Menguasai bahasa asing (Arab dan Inggris) secara Aktif dan Pasif
3.   Membaca Al-quran dengan baik
4.   Menghafal Al-quran minimal 6 juz
5.   Mampu berpidato dalam 3 bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia)
6.   Menguasai ilmu agama dan umum
7.   Mandiri

FASILITAS YANG ADA DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-FURQON
1.Gedung / Ruang belajar yang kondusif15 buah
2.Asrama santri (Putra dan Putri terpisah) 7 buah
3.Perumahan guru dan Pengelolah Pesantren11 buah
4.Dapur umum1 buah
5.Kamar mandi7 buah
6.Perpustakaan 1 buah
7.Warung internet (warnet1
8.Sarana olahraga
9.Penerangan PLN / genset
10.Fasilitas keterampilan (Mesin Jahit, komputer dll)
11.Toko dan Kantin (Putra dan Putri Terpisah)2 buah

ALAMAT
Jalan Raya Baturaja, Kel. Tanjung Rambang Kec. Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih Sumatra Selatan.