Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Jawa Barat 
Profil Pondok Pesantren Tarbiyah Al Kautsar Banjar
Pages: [1]

(Read 8 times)   

anon

  • Suyukhul Ma'had
  • *
  • anon No Reputation.
  • Join: 2020
  • Posts: 376
  • Logged
Profil Pondok Pesantren Tarbiyah Al Kautsar Banjar
« on: 17 Oct, 2020, 06:42:45 »


Pondok Pesantren Tarbiyah Al Kautsar Banjar berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Tarbiyah Al Kautsar dibuat oleh Ustad Yaya Suryana bagaikan Ayah mertua dari pengasuh Pondok Pesantren ialah Ustad H. Umung Anwar Sanusi, Lc yang pada durasi itu baru menuntaskan studinya di Universitas Madinah.

Didirikannya Pondok Pesantren Al Kautsar oleh Ustad Yaya Suryana dilandasi oleh keinginan dia buat melanjutkan keinginan ajakan Ayah serta Ibundanya yang bernama Ajengan Wiyarsa serta Amah Hj. Dzulaikha dan almarhum Eyang Dia yang bernama H. Amin bagaikan penggagas Pesantren Salafiyah Citamiang Al Amin. Nama Pondok Pesantren Citamiang Al Amin didapat dari Nama bambu yang terletak di dalam Danau yang didalamnya lalu mengalir air Citamiang serta Nama Pendirinya ialah H. Amin( Eyang Ustad Yaya Suryana), Pondok Pesanren Salafiyah Citamiang Al Amin berdiri kurang lebih pada tahun 1938 hingga dengan 1947.

Pada durasi itu Pondok Pesantren Citamiang Al Amin tercantum Pondok Pesantren yang lumayan besar di area Banjar sebab Santrinya sudah menggapai ratusan serta penjaga lumayan aktif dalam pergerakan melawan kolonialis Belanda. Gelap serta mundurnya Pondok Pesantren Citamiang Al Amin sehabis H. Amin serta Ajengan Wiyarsa gugur bagaikan Syuhada pada pertempuran melawan Belanda Pada Tahun 1947 di wilayah Cikawung. Fakta asal usul berdinya Pondok Pesantren Citamiang Al Amin yang sedang kita bisa amati hingga dikala ini ialah Langgar serta Bedug Al Amin.

Tahun 1983 hingga 2003, Ustad Yaya Suryana berprofesi Kepala Madrasah di MTs Cipantaran. Dia bersama dengan figur warga Cipantaran sukses mendirikan Madrasah serta Pondok Pesantren Cipantaran, berhasilnya Dia dalam pendirian Pondok Pesantren Cipantaran membangkitkan cita- citanya buat mendirikan Pondok Pesantren penerus Ayah serta Kakeknya hingga tahun 1995 Dia bersama Istrinya merintis kembali suatu Pondok Pesantren dengan mendirikan Pondok Pesantren Salafiyah Al Kautsar. Nama Al Kautsar berarti Kenikmatan Yang Banyak sebab durasi itu Dia baru menikahkan Putrinya ialah Yati Suryati dengan H. Umung Anwar Sanusi, Lc yang baru menuntaskan studinya.

Dengan dorongan Yayasan Keluarga A’ sim Bin Tsabit dari Negeri Quwait hingga berdirilah Langgar serta Madrasah Al Kautsar bagaikan gedung dini peperangan ajakan di bumi Banjar. Awal mulanya pendirian Pondok Pesantren ini banyak menemukan tantangan sebab pola pandangan serta sistem yang ditempuh berlawanan dengan warga tetapi bersamaan ekspedisi durasi, warga terbangun serta menyambut Syariah yang betul. Sepanjang satu dekade( 1995- 2004) kemajuan Pondok Pesantren Salafiyah Al Kautsar dirasa oleh Penggagas serta Penjaga kurang bertumbuh sebab Pondok Pesantren ini cuma menyelenggarakan pembelajaran informal.

Tahun 2004 pergantian pokok dicoba ialah dengan mengubah sistem salafiyah jadi sistem tarbiyah serta akumulasi penajaan rute pembelajaran resmi ialah Raudhatul Atfal( RA) serta Madrasah Aliyah( MA). Dengan pergantian ini Al Kautsar melesat kilat, serta jumlah santri membludak menggapai ratusan cuma dalam durasi kurang dari satu dekade, serta terima kasih kita pada Allah SWT dengan dorongan Qatar Charity tahun 2012, Alkautsar bisa sediakan ruang baru alhasil MTs juga bisa diselenggarakan, keinginan Al Kautsar belum pudar serta pula bukan cuma hingga disini, Al Kautsar mau mendirikan Universitas Al Kautsar serta menyelenggarakan alat kesehatan bagaikan bentuk peperangan dalam ajakan Islam.

Rancangan pembelajaran serta penataran yang ditempuh oleh para anak didik Madrasah Aliyah Al Kautsar Banjar dihidangkan dalam rancangan yang terstruktur antara bermacam patuh ilmu dengan dibantu oleh sistem penataran full day learning yang berplatform pembelajaran pesantren yang sudah terjamin. Dengan sistem ini, para partisipan ajar diharuskan buat bermukim di asrama serta seluruhnya terletak dalam pengawasan serta edukasi dan tanggungjawab lembaga, alhasil karakter anak ajar hendak senatiasa terawasi serta teramati.

Kurikulum Madrasah Aliyah Al Kautsar Banjar disusun dengan tujuan supaya bisa dijadikan bagaikan prinsip dalam penerapan aktivitas penataran. Sebaliknya khasiatnya merupakan buat membagikan uraian teknis dalam penerapan aktivitas penataran, memaksimalkan kemampuan partisipan ajar dalam membongkar dilema yang dialami, tingkatkan mutu pangkal energi orang serta pangkal energi area yang terdapat, dan berikan peluang pada madrasah buat jadi media aktivitas penataran yang bisa menggunakan pangkal energi di warga cocok dengan prinsip manajemen berplatform Madrasah.

VISI
"Madrasah yang Unggul dan Profesional dalam Membentuk Pribadi Muslim, Berprestasi dan Berjiwa Pemimpin"

MISI
1.   Menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang sesuai dengan standar pendidikan nasional yang terintegrasi dengan kurikulum pondok pesantren
2.   Memberikan kegiatan pelayanan pendidikan yang optimal dan tuntas
3.   Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dengan menerapkan nilai-nilai islami
4.   Menyiapkan peserta didik yang memiliki pengetahuan umum,  keagamaan dan sains
5.   Mengoptimalkan pengembangan minat dan bakat peserta didik melalui pembinaan     kegiatan intra dan ekstra kurikuler

FASILITAS
1.   Perpustakaan
2.   R. Lab. IPA
3.   R. Lab. Biologi
4.   R. Lab. Fisika
5.   R. Lab. Kimia
6.   R. Lab. Komputer
7.   R. Lab. Bahasa
8.   R. Kepala MA/Wakamad
9.   R. Guru
10.   R. Tata Usaha
11.   R. Konseling
12.   R. UKS
13.   Tempat Ibadah
14.   R. Gudang
15.   R. Sirkulasi
16.   R. Tempat Olahraga
17.   R. OSIS
18.   R. Kegiatan Siswa

ALAMAT
Jl. Pejuang N0. 100 Dusun Karangpucung Wetan, Jajawar, Kec. Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat 46317