Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia Forum      Misi Hujroh
 

Main juga kesini sul:
The Ghurfah Kisah Sukses Alumni Alumni di Luar Negeri Bisnis Online Hikayah fi Ma'had Railfans Dunia Pesantren Ekonomi Islam
Forum  Alumni & Pesantren  Daftar Pesantren di Jawa Tengah 
Profil Pondok Pesantren Miftahul 'Ulum Wonosalam Demak
Pages: [1]

(Read 9 times)   

anon

  • Abadan fi Ma'had
  • ***
  • anon No Reputation.
  • Join: 2020
  • Posts: 767
  • Logged



Pondok Pesantren Miftahul‘ Ulum terdapat di Jalan. Diponegoro Nomor. 17 Dusun Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak Isyarat Pos 59571, yang dibentuk di atas tanah seluas 2 ha. Jarak pesantren dengan halte Demak serta pusat kota merupakan 2 kilometer serta alat transportasi yang mengaitkan pesantren dengan kota merupakan angkutan pedesaan( semacam andong serta ojek). Posisi pondok pesantren ini dikelilingi oleh kebun pertanian. Mata pencahariaan penting warga di sekitar pesantren bagaikan orang tani.

Saat sebelum pondok pesantren Miftahul Ulum berdiri, dusun Jogoloyo diketahui dengan kondisi yang amat rawan dikala itu, ialah terdapatnya bermacam berbagai kesalahan& minimnya pembelajaran agama. Mulai dari sana muncullah inisiatif dari Kyai Tamyiz buat mendirikan pesantren, mengusir kemaksiatan. Tahap dini yang dia ambil merupakan membimbing kanak- kanak kecil pada malam hari, dirumah dia. Tidak hanya itu melangsungkan berzanji dengan cara bergilir dari rumah ke rumah. Cara berlatih membimbing pada dikala itu sedang amat simpel, dengan modul pelajaran al- Qur’ an serta berzanji. Tahun 1946 Kyai Tamyiz sukses mendirikan pondok pesantren Miftahul‘ Ulum, berkah kegiatan keras serta antusias dan kemauan buat ber- amar ma’ ruf nahi munkar.

Kehadiran pesantren ini sedemikian itu kilat menabur ke bermacam wilayah, alhasil dalam durasi yang relatif pendek( dekat 2 tahun), pondok pesantren ini sudah menampung anak didik dekat 100 orang santri. Tahun 1957 sepupu Kyai Tamziz mendirikan pesantren putri. Buat sedangkan durasi sebab keterbatasan ruang pesantren, hingga santri putri menaiki beberapa dari asrama putra. Pesantren ini bertumbuh lebih cepat lagi sampai kesimpulannya pada tahun 1960 mendirikan Madrasah Aliyah Diniyah( Sekolah Buntut Tingkatan Atas Agama) serta tahun 1963 mendirikan Madrasah Ibtidaiyah( Sekolah Dasar). Di pesantren ada pengajaran kitab- kitab kuning klasik dengan cara sorogan. Perihal ini terus menjadi banyak kala bulan Ramadhan datang.

Antusias peperangan yang lalu berkobar oleh si perintis( Kyai Tamyiz), kesimpulannya menutup mata buat paling lama pada tahun 1976. Kepemimpinan yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum dipegang oleh Kyai. H. Humaidi Tamyiz, ialah salah satu putra Kyai Tamyiz. Kesimpulannya seluruh aktivitas yang awal dicoba kyai Tamyiz saat ini digantikan oleh kyai H. Humaidi serta dibantu oleh pengurus yayasan itu. Rentang waktu inilah, Pondok Pesantren Miftahul Ulum bertumbuh terus menjadi bagus, teruji dengan inovasi dia yang tidak henti, bagus pada pandangan pembangunan raga, alat pembelajaran ataupun dari partisipan ajar.

PENDIDIKAN
Pendidikan Formal
1.   SMP Miftahul Ulum Boarding School
2.   SMK Miftahul Ulum Boarding School
3.   Madrasah Aliyah (MA) Putra
4.   Madrasah Tsanawiyah (MTs) Putra-Putri

Pendidikan Non Formal
1.   Tahfidzul Qur'an
2.   Madrasah Diniah
3.   Kajian Kitab Kuning
4.   Pengajian Mingguan
5.   Majelis Taklim
6.   Madrasah Salafiyah Putra-Putri
7.   Madrasah Khususiyah Putra-Putri

FASILITAS
1. Asrama Santri
2. Gedung Sekolah
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. Pos Kesehatan
6. Tempat Ibadah
7. Aula
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Pesantren
12. Perpustakaan
13. Koperasi Pesantren
14. Gudang

EKSTRAKURIKULER
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Kaligrafi
13. Beladiri
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah

ALAMAT
Jl. Diponegoro No. 17 Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak Kode Pos 59571